Breaking News
LPAI Rohul Dan Yayasan Rhoudhotil Madinah Bantu Korban Kebakaran Di desa Langkitin | Kepala BNNK Muara Enim AKBP Erlangga Podcast Sosialisasi Perangi Narkoba Di Radio Suara Muara Enim | 775 KPM Warga Desa Bakti Rasa Kembali Terima Bantuan Pangan CBP Alokasi Bulan Juni 2024 | BNNK Muara Enim Hadiri Pemusnahan Narkotika Di Polres Pali | Dlam Rangka Hari Bhayangkara ke 78 Polres Karimun Menyalurkan Air Bersih ke Warga Sungai Lakam Barat | Pemdes Margasari Kembali Salurkan Bantuan Beras Terakhir CBP Alokasi Bulan Juni Jumat, 14 Juni 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Pekanbaru
SPMN Desak Disnaker Provinsi Riau, Hak Normatif Pekerja KSJ Segera Ditetapkan
Pekanbaru | Senin, 27 Mei 2024 14:12:30 WIB

Siagaonline.com, Pekanbaru – Serikat Pekerja Mandiri Nasional (SPMN) mendesak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau di bawah kepemimpinan Boby Rachmat untuk segera menindaklanjuti laporan yang telah dilayangkan tiga bulan lalu.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum SPMN, Oferius Hulu, didampingi Sekretaris Jenderal, Martinus Zebua, SH, saat konferensi pers di depan kantor Disnakertrans Provinsi Riau, Jalan Pepaya, Kota Pekanbaru, Senin (27/5/25).

Oferius Hulu mengungkapkan bahwa SPMN telah membuat laporan pengaduan di Disnakertrans Riau pada tanggal 13 Februari 2024 terkait pelanggaran hak normatif terhadap kurang lebih sebanyak 170 orang anggota yang tergabung  di SPMN dan keseluruhan karyawan kurang lebih 200 orang yang di pekerjakan di Koperasi Segati Jaya (KSJ) yang berlokasi di Desa Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Namun hingga kini, laporan tersebut tidak kunjung ditindaklanjuti oleh pihak Disnakertrans Provinsi Riau. “Ada apa dengan Disnaker Riau ini ?” tanya Oferius Hulu.

“Sebanyak kurang lebih 170 orang karyawan yang juga anggota SPMN dan jumlah keseluruhan karyawan kurang lebih 200 orang yang telah bekerja belasan tahun di Koperasi Segati Jaya, hak mereka diduga tidak dipenuhi atau dirampas oleh perusahaan KSJ,” ungkap Oferius.

“Beberapa masalah yang dilaporkan antara lain status pekerja sebagai borongan/BHL padahal pekerjaan mereka bersifat tetap, tidak didaftarkan dalam BPJS Ketenagakerjaan, sistem jam kerja yang tidak sesuai dengan UU No. 13 tahun 2003 dan UU Cipta Kerja No. 6 tahun 2023, serta pelanggaran hak lainnya, “bebernya.

“Dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Koperasi Segati Jaya sudah resmi kami laporkan ke Disnakertrans Riau, tapi kami tidak paham mengapa tidak ada tindak lanjut. Apakah ada permainan dan kongkalikong antara pihak dinas dan perusahaan? Kami meminta Disnaker Riau segera menindaklanjuti laporan kami dan jangan diabaikan,” tegas Oferius Hulu.

Sekjen SPMN, Martinus Zebua, SH., menambahkan bahwa setelah laporan pengaduan dibuat, pihak pengawasan Disnakertrans Riau telah melakukan pemanggilan terhadap pimpinan Koperasi Segati Jaya, namun pihak perusahaan tidak menggubris panggilan tersebut.

“Sangat miris, ya. Dengan pemanggilan dua kali dari Disnakertrans Riau tidak diindahkan oleh pihak perusahaan, maka kami nilai jabatan Koperasi Segati Jaya ini lebih tinggi dari Disnakertrans Riau. Ada apa antara perusahaan dan Disnakertrans Riau?” ujar Martinus penuh keheranan.

SPMN mengharapkan tindakan tegas dari Disnakertrans Riau agar segera melakukan proses hukum sesuai undang-undang dan tidak segan-segan mengambil tindakan yang benar demi kepentingan pekerja.

“Jika tidak ada tindakan dari pihak Disnaker Riau, maka dalam waktu dekat ini kami SPMN akan melakukan unjuk rasa di Disnaker Riau,” tegas Martinus Zebua.

Pada Akhir Wawancara, Ketua SPMN ini berharap agar Disnakertrans Provinsi Riau bertindak lebih proaktif dan responsif terhadap laporan-laporan pengaduan yang masuk.

Tindakan yang tegas dan transparan sangat diperlukan untuk memastikan bahwa hak-hak pekerja terlindungi dan tidak ada penyalahgunaan kekuasaan oleh perusahaan terhadap karyawannya.

Karena baginya, sangat pentingnya pengawasan yang efektif oleh pemerintah terhadap perusahaan-perusahaan yang mungkin melakukan pelanggaran hak-hak buruh.

“Pemanggilan yang tidak diindahkan oleh pihak Koperasi Segati Jaya merupakan sinyal kuat bahwa perusahaan tersebut tidak menghormati otoritas Disnakertrans, yang seharusnya memiliki kekuatan untuk menegakkan hukum ketenagakerjaan,” tutupnya.

Ketika tim media ini konfirmasi langusung ke Pihak Disnaker Riau, namun hingga berita ini dimuat belum bisa terkonfirmasi karena Kadisnaker Riau sedang rapat Aula.

“Kadis dan kabid sedang rapat bang, “ujar salah satu staf Disnaker Riau pada media ini (27/05/2024).(**)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

LPAI Rohul Dan Yayasan Rhoudhotil Madinah Bantu Korban Kebakaran Di desa Langkitin
Rokan Hulu | Kamis 13 Juni 2024, 22:30 WIB
Kepala BNNK Muara Enim AKBP Erlangga Podcast Sosialisasi Perangi Narkoba Di Radio Suara Muara Enim
Daerah | Kamis 13 Juni 2024, 22:27 WIB
775 KPM Warga Desa Bakti Rasa Kembali Terima Bantuan Pangan CBP Alokasi Bulan Juni 2024
Siaga Lampung | Kamis 13 Juni 2024, 22:20 WIB
BNNK Muara Enim Hadiri Pemusnahan Narkotika Di Polres Pali
Daerah | Kamis 13 Juni 2024, 19:13 WIB
Dlam Rangka Hari Bhayangkara ke 78 Polres Karimun Menyalurkan Air Bersih ke Warga Sungai Lakam Barat
Siaga Kepri | Kamis 13 Juni 2024, 19:12 WIB
Pemdes Margasari Kembali Salurkan Bantuan Beras Terakhir CBP Alokasi Bulan Juni
Siaga Lampung | Kamis 13 Juni 2024, 19:09 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 LPAI Rohul Dan Yayasan Rhoudhotil Madinah Bantu Korban Kebakaran Di desa Langkitin
#2 Kepala BNNK Muara Enim AKBP Erlangga Podcast Sosialisasi Perangi Narkoba Di Radio Suara Muara Enim
#3 775 KPM Warga Desa Bakti Rasa Kembali Terima Bantuan Pangan CBP Alokasi Bulan Juni 2024
#4 BNNK Muara Enim Hadiri Pemusnahan Narkotika Di Polres Pali
#5 Dlam Rangka Hari Bhayangkara ke 78 Polres Karimun Menyalurkan Air Bersih ke Warga Sungai Lakam Barat
#6 Pemdes Margasari Kembali Salurkan Bantuan Beras Terakhir CBP Alokasi Bulan Juni
#7 Bupati Sukiman Hadiri Pelantikan Pengurus MUI dan Serukan Kolaborasi Islamiyah
#8 Sosialisasi DLH Rohul: Peran Aktif Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah
#9 Personel Yonif 141/AYJP Gelar Doa Bersama Tugas Pam Perbatasan RI-PNG
#10 Sekda Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Bedah Rumah di Kecamatan Bakauheni
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved