Breaking News
Polres Dharmasraya Gelar Bakti Kesehatan bagi Penyandang Disabilitas | Batik Lemang Lapas Muara Enim Memiliki Hak Cipta | Lapas Muara Enim gelar Penutupan Pelatihan Kemandirian Membatik | Kuliah Gratis di AKIPBA, Lulus Siap Kerja di Pertambangan | Kesadaran Bersama Jadi Kekuatan Cegah Bahaya Narkoba | Polres Batang Gelar Anjangsana Peringati Hari Bhayangkara ke-78 Jumat, 21 Juni 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Daerah
Pj Bupati Bersama Tim Penggerak PKK Launching Gerakan Serentak Intervensi Pencegahan Stunting
Daerah | Senin, 10 Juni 2024 13:06:50 WIB

SiagaOnline.com, Muara Enim - Dalam upaya mempercepat penurunan angka stunting, Pemkab Muara Enim menggelar pertemuan Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Muara Enim, serta Launching Gerakan Serentak Intervensi Pencegahan Stunting 2024.


Acara ini mencakup berbagai agenda penting, seperti penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara TP PKK dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), evaluasi capaian kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Semester I, dan penyuluhan tumbuh kembang anak oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri). Acara berlangsung di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim, pada Sabtu (08/06/2024).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muara Enim, H. Ahmad Rizali, menekankan pentingnya dukungan seluruh OPD untuk merealisasikan visi Kabupaten Muara Enim, khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting.

"Kegiatan ini menunjukkan komitmen nyata pemerintah daerah dalam mempercepat penurunan stunting. Intervensi serentak di posyandu bertujuan mendeteksi dini masalah gizi dan meningkatkan kunjungan sasaran ke posyandu," ujar Rizali.

Pemkab Muara Enim telah menginstruksikan para camat dan kepala desa/lurah untuk mengambil langkah-langkah koordinatif dalam melaksanakan 10 Pasti Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di wilayah masing-masing. Ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Penyuluh Agama, TP PKK, Kader Posyandu, Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kader Pembangunan Manusia (KPM), serta TPPS Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

Instruksi ini meliputi, pendataan calon pengantin, ibu hamil, dan balita sebagai sasaran utama, pendampingan dan edukasi kepada calon pengantin dan ibu hamil, pengukuran menggunakan alat antropometri standar, Intervensi pada ibu hamil dan balita yang mengalami masalah gizi, edukasi di posyandu serta pencatatan hasil penimbangan dan pengukuran ke dalam sistem informasi e-PPGBM, Monitoring dan evaluasi pelaksanaan intervensi serentak, penyediaan dana untuk pelaksanaan intervensi, termasuk rujukan ke fasilitas kesehatan.

"Target dari kegiatan ini adalah mencapai 100% pengukuran dan penimbangan balita yang terinput dalam e-PPGBM dari total sasaran balita yang ada. Intervensi serentak ini dijadwalkan berlangsung pada Juni 2024 di posyandu masing-masing, dengan peluncuran resmi dimulai hari ini," ucapnya

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Muara Enim, Hj. Rose Mafiana, menekankan peran penting PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan wanita.

"PKK memiliki peran vital dalam menggerakkan ekonomi keluarga dan menciptakan kesejahteraan. Melalui sinergi program antara pemerintah dan PKK, kita dapat mencapai tujuan menurunkan prevalensi stunting dan meningkatkan kualitas hidup keluarga," ungkapnya.

Melalui kolaborasi lintas program antara pemerintah dan PKK, diharapkan tercapai tujuan menurunkan prevalensi stunting, meningkatkan kualitas hidup keluarga, dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak yang sehat dan sejahtera.

"Kami mengajak semua stakeholder untuk aktif dalam upaya ini, demi masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kita," tutup Hj Rose Mafiana. (Agus v)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Polres Dharmasraya Gelar Bakti Kesehatan bagi Penyandang Disabilitas
Daerah | Jumat 21 Juni 2024, 14:45 WIB
Batik Lemang Lapas Muara Enim Memiliki Hak Cipta
Daerah | Jumat 21 Juni 2024, 14:42 WIB
Lapas Muara Enim gelar Penutupan Pelatihan Kemandirian Membatik
Daerah | Jumat 21 Juni 2024, 14:38 WIB
Kuliah Gratis di AKIPBA, Lulus Siap Kerja di Pertambangan
Daerah | Jumat 21 Juni 2024, 14:37 WIB
Kesadaran Bersama Jadi Kekuatan Cegah Bahaya Narkoba
Siaga Jawa | Jumat 21 Juni 2024, 13:43 WIB
Polres Batang Gelar Anjangsana Peringati Hari Bhayangkara ke-78
Siaga Jawa | Jumat 21 Juni 2024, 13:40 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Polres Dharmasraya Gelar Bakti Kesehatan bagi Penyandang Disabilitas
#2 Batik Lemang Lapas Muara Enim Memiliki Hak Cipta
#3 Lapas Muara Enim gelar Penutupan Pelatihan Kemandirian Membatik
#4 Kuliah Gratis di AKIPBA, Lulus Siap Kerja di Pertambangan
#5 Kesadaran Bersama Jadi Kekuatan Cegah Bahaya Narkoba
#6 Polres Batang Gelar Anjangsana Peringati Hari Bhayangkara ke-78
#7 Posyandu Intan Sari Nagari Sungai Rumbai Dinilai Tim Provinsi
#8 Kafilah dari Berbagai Kabupaten/Kota Se-Sumut Ikut Meriahkan Pawai Taaruf MTQ Ke-39 Tingkat Provsu
#9 Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Untuk 121 Rumah Terdampak Puting Beliung
#10 Warga Desa Lebung Sari Terharu Dapat Bantuan Bedah Rumah Dari Pemkab Lamsel
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved