Breaking News
LPAI Rohul Dan Yayasan Rhoudhotil Madinah Bantu Korban Kebakaran Di desa Langkitin | Kepala BNNK Muara Enim AKBP Erlangga Podcast Sosialisasi Perangi Narkoba Di Radio Suara Muara Enim | 775 KPM Warga Desa Bakti Rasa Kembali Terima Bantuan Pangan CBP Alokasi Bulan Juni 2024 | BNNK Muara Enim Hadiri Pemusnahan Narkotika Di Polres Pali | Dlam Rangka Hari Bhayangkara ke 78 Polres Karimun Menyalurkan Air Bersih ke Warga Sungai Lakam Barat | Pemdes Margasari Kembali Salurkan Bantuan Beras Terakhir CBP Alokasi Bulan Juni Jumat, 14 Juni 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Hukrim
Kasus Timah Babel, Barita Simanjuntak Nilai Jampidsus Bekerja Profesional
Hukrim | Selasa, 30 April 2024 16:57:07 WIB

SiagaOnline.com, Jakarta - Tim Penyidik Kejaksaan Agung terus mengusut kasus aktivitas tambang timah ilegal di Bangka Belitung yang disebut-sebut merugikan negara sampai 271 triliun.


Untuk membongkar kasus ini menjadi terang benderang, tim penyidik bekerja penuh kehati-hatian dan tetap mengedepankan profesionalitas.

Terlebih menyangkut aliran dana yang dianggap hasil dari tindak pidana Korupsi, tim penyidik dituntut untuk cermat agar mampu memisahkan mana yang dari hasil tindak pidana Korupsi mana yang dari penghasilan lain yang tidak ada hubungannya dari kasus itu sendiri.

“Kan itu bagian dari penyidikan ya, mangkanya kecermatan, kehati-hatian dan sikap profesional jaksa itu sangat diperlukan, sebab ini berkaitan dengan hak-hak personal ya, dari satu tindak pidana korupsi telah ditetapkan aset tersangka eh setelah ditelusuri ternyata secara bersamaan dirinya juga memiliki keluarga katakan itu adalah istri dan memiliki penghasilan. Kan jadinya zalim dong kalau uang hasil jerih payah seseorang dirampas,” jelas Tenaga Ahli Jaksa Agung, Barita Simanjuntak, dalam keterangannya kepada insan Pers, pada Selasa (30/04/24).

Untuk memilah mana yang dari hasil kejahatan maka diperlukan klarifikasi terhadap pihak terkait.

“Maka ada tekniknya, ada metodenya untuk menentukan mana itu hasil metode kejahatan untuk menjadi dasar proses penyitaan dan perampasan, bukan karena dari penghasilan. Makanya kecermatan dan profesionalitas itu dilakukan, diklarifikasi, diminta, ditanya ini kapan hartanya diperoleh. Dari mana dananya, dari penghasilan-penghasilan apa,” jelas Barita yang juga mantan Ketua Komisi Kejaksaan ini.

Dalam pemeriksaan pun kata Barita, Penyidik juga dituntut untuk tetap Humanis dengan menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Seperti halnya menggali keterangan dari istri salah satu tersangka, Sandra Dewi.

“Makanya diminta keterangan untuk mengklasifikasikan, karena suaminya diduga. Apakah ada keterkaitan disitu, tentu kalau itu clear, langkah-langkah pendekatan hukum tak perlu dilakukan tapi kalau itu meragukan jaksa cukup punya kompetensi keahlian yang cukup untuk mengklasifikasikan dan menentukan hal itu,” kata Barita.
 
Mengenai uang yang dikorupsi apakah akan dikembalikan kepada negara, Barita manegaskan, apabila yang tersebut terbukti berasal dari hasil kejahatan maka akan dikembalikan ke negara.

“Serahkan kepada negara yang menjadi haknya, ada yang mencoba macam-macam atau merampas, tangkap dan penjarakan. Uang hasil kejahatan itu dikembalikan kepada negara untuk digunakan kembali untuk kemakmuran masyarakat. tak peduli siapapun dia. Mau publik figur mau pejabat tinggi, penengah mau masyarakat biasa semua sama di mata pejabat hukum. Kita himbau terbukalah terus terang dan kooperatif." tukas Barita.

Barita menghimbau, bagi pihak-pihak yang diminta keterangan oleh penyidik tidak perlu takut, justru menjadi kesempatan baik untuk memberikan penjelasan, klarifikasi mengenai peranan seseorang dalam konstruksi kasusnya.

“Karena itu diharapkan para tersangka kooperatif, bekerja sama, jujur sehingga kasus ini akan lebih mudah dan cepat diselesaikan menurut hukum,” jelas Barita.

“Perlu dipahami bahwa dalam sistem peradilan pidana, Jaksa tidak mengejar pengakuan tersangka, seketika jaksa sudah memegang alat bukti cukup dan jaksa punya keyakinan telah terjadi Tindak Pidana maka menjadi kewajiban jaksa untuk menuntut siapapun untuk keadilan dan kebenaran berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa,” tutup Barita.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

LPAI Rohul Dan Yayasan Rhoudhotil Madinah Bantu Korban Kebakaran Di desa Langkitin
Rokan Hulu | Kamis 13 Juni 2024, 22:30 WIB
Kepala BNNK Muara Enim AKBP Erlangga Podcast Sosialisasi Perangi Narkoba Di Radio Suara Muara Enim
Daerah | Kamis 13 Juni 2024, 22:27 WIB
775 KPM Warga Desa Bakti Rasa Kembali Terima Bantuan Pangan CBP Alokasi Bulan Juni 2024
Siaga Lampung | Kamis 13 Juni 2024, 22:20 WIB
BNNK Muara Enim Hadiri Pemusnahan Narkotika Di Polres Pali
Daerah | Kamis 13 Juni 2024, 19:13 WIB
Dlam Rangka Hari Bhayangkara ke 78 Polres Karimun Menyalurkan Air Bersih ke Warga Sungai Lakam Barat
Siaga Kepri | Kamis 13 Juni 2024, 19:12 WIB
Pemdes Margasari Kembali Salurkan Bantuan Beras Terakhir CBP Alokasi Bulan Juni
Siaga Lampung | Kamis 13 Juni 2024, 19:09 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 LPAI Rohul Dan Yayasan Rhoudhotil Madinah Bantu Korban Kebakaran Di desa Langkitin
#2 Kepala BNNK Muara Enim AKBP Erlangga Podcast Sosialisasi Perangi Narkoba Di Radio Suara Muara Enim
#3 775 KPM Warga Desa Bakti Rasa Kembali Terima Bantuan Pangan CBP Alokasi Bulan Juni 2024
#4 BNNK Muara Enim Hadiri Pemusnahan Narkotika Di Polres Pali
#5 Dlam Rangka Hari Bhayangkara ke 78 Polres Karimun Menyalurkan Air Bersih ke Warga Sungai Lakam Barat
#6 Pemdes Margasari Kembali Salurkan Bantuan Beras Terakhir CBP Alokasi Bulan Juni
#7 Bupati Sukiman Hadiri Pelantikan Pengurus MUI dan Serukan Kolaborasi Islamiyah
#8 Sosialisasi DLH Rohul: Peran Aktif Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah
#9 Personel Yonif 141/AYJP Gelar Doa Bersama Tugas Pam Perbatasan RI-PNG
#10 Sekda Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Bedah Rumah di Kecamatan Bakauheni
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved