Breaking News
Dosen Pembimbing KKN Unsan Muara Enim H. Yandra Iskandar S.T, M.Si Sosialisai Usaha Bersama UMKM Dau | Mahasiswa KKN Universitas Serasan Sambut Suci Ramadhan | ISDC Riau Pionir Program Keselamatan Berkendara | Bupati Lampung Selatan Bantu Pembangunan Rumah Roboh di Kecamatan Ketapang | Mahasiswa KKN Universitas Serasan Muara Enim Sosialiasi Perlindungan Hukum Di SDN 03 Ujan Mas | Ketum YPLBHCCI Buka Peluangnya Cagub, Cabub dan Calkot Untuk Urus Rekom Partai Minggu, 12 Mei 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Siaga Jawa
Walikota Dorong Linmas Jadi Garda Terdepan Wujudkan Kondusivitas Pemilu 2024
Siaga Jawa | Rabu, 31 Januari 2024 11:02:06 WIB

SiagaOnline.com, Pekalongan - Peran anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) bukan hanya saat ronda malam. Lebih jauh dari itu, Satinmas merupakan ujung tombak menjaga situasi kondusif sebuah wilayah, termasuk menjadi garda terdepan dalam mengawal dan menyukseskan Pemilu Serentak 2024 yang berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024 agar berlangsung aman, luber jurdil, bermartabat, berintegritas dan berkualitas. Hal ini ditekankan oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid saat memberikan pengarahan kepada para Satlinmas yang akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayah Kecamatan Utara, berlangsung di Aula Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Selasa siang (30/1/2024).


Menurut Mas Aaf, sapaan akrab Walikota Pekalongan tersebut, Satlinmas merupakan unsur pendukung kewilayahan yang mampu menunjang ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) bagi masyarakat, terutama jelang pemilu 2024. Dimana, Satlinmas memiliki peran strategis untuk trantibum, khususnya turut serta membantu menjaga kondusivitas wilayah apalagi di tahun politik seperti ini.

"Satlinmas ini fungsinya membantu pemerintah terutama dalam menjaga kondusivitas di tengah masyarakat, termasuk dalam pelaksanaan pemilu 2024," tuturnya.

Mas Aaf menilai, selama ini pada pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya, Kota Pekalongan masih dalam kondisi kondusif. Masyarakat Kota Pekalongan sudah  semakin dewasa dalam menyikapi perbedaan pilihan yang ada.

"Ramainya hanya di medsos dan gesekan antar warga di lingkungan praktis tidak ada. Kendati demikian, yang harus juga diantisipasi adalah banjir, karena diprediksi pada saat pelaksanaan pemilu 2024 ini terjadi curah hujan yang cukup tinggi, sehingga dari KPU dan instansi terkait telah mengakomodir wilayah mana saja yang perlu menggunakan TPS panggung agar masyarakat tetap bisa menyalurkan hak pilihnya, termasuk di beberapa kelurahan di Kecamatan Pekalongan Utara rawan banjir," ungkapnya.

Mas Aaf berpesan kepada semua petugas TPS, terutama Satlinmas agar bisa mengatur ritme bekerja dan istirahat dan tetap menjaga kondisi kesehatan.

"Kalau memang capek, istirahat sejenak dan jangan dipaksakan. Kami berharap, pelaksanaan pesta demokrasi 2024 di Kota Pekalongan semuanya berjalan lancar," harapnya.

Sementara itu, Camat Pekalongan Utara, Wismo Aditiyo menjelaskan, pihaknya sengaja mengumpulkan beberapa perwakilan Satlinmas di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara untuk mengkoordinasikan dan menyukseskan pengamanan pemilu 2024 di Kota Pekalongan bersama jajaran TNI, dan kepolisian. Mengingat, di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara sendiri cukup banyak mencapai 232 TPS. Dimana, setiap TPS ada 2 orang Satlinmas yang berjaga. Sehingga, total ada sekitar 464 perosenl Satlinmas di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara.

"Kami ambil beberapa koordinator linmas di masing-masing TPS yang ada di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara untuk bisa mendapatkan penjelasan langsung baik dari Satpol P3KP, kepolisian dan TNI, KPU melalui PPK terkait sinergitas dan kerjasama dalam menciptakan kondusivitas pemilu 2024 agar proses demokrasi ini berjalan lancar, aman, baik, dan tidak ada masalah apapun. Dengan melibatkan semua unsur ini bisa terkoordinasikan kondusivitas dan kelancaran pemilu dan harapannya menghasilkan pemilu yang bermartabat," tandasnya.
(Iman/Dian)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Dosen Pembimbing KKN Unsan Muara Enim H. Yandra Iskandar S.T, M.Si Sosialisai Usaha Bersama UMKM Dau
Daerah | Minggu 12 Mei 2024, 11:19 WIB
Mahasiswa KKN Universitas Serasan Sambut Suci Ramadhan
Daerah | Minggu 12 Mei 2024, 08:25 WIB
ISDC Riau Pionir Program Keselamatan Berkendara
Pekanbaru | Sabtu 11 Mei 2024, 19:07 WIB
Bupati Lampung Selatan Bantu Pembangunan Rumah Roboh di Kecamatan Ketapang
Siaga Lampung | Sabtu 11 Mei 2024, 18:39 WIB
Mahasiswa KKN Universitas Serasan Muara Enim Sosialiasi Perlindungan Hukum Di SDN 03 Ujan Mas
Daerah | Sabtu 11 Mei 2024, 18:38 WIB
Ketum YPLBHCCI Buka Peluangnya Cagub, Cabub dan Calkot Untuk Urus Rekom Partai
Daerah | Sabtu 11 Mei 2024, 15:19 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Dosen Pembimbing KKN Unsan Muara Enim H. Yandra Iskandar S.T, M.Si Sosialisai Usaha Bersama UMKM Dau
#2 Mahasiswa KKN Universitas Serasan Sambut Suci Ramadhan
#3 ISDC Riau Pionir Program Keselamatan Berkendara
#4 Bupati Lampung Selatan Bantu Pembangunan Rumah Roboh di Kecamatan Ketapang
#5 Mahasiswa KKN Universitas Serasan Muara Enim Sosialiasi Perlindungan Hukum Di SDN 03 Ujan Mas
#6 Ketum YPLBHCCI Buka Peluangnya Cagub, Cabub dan Calkot Untuk Urus Rekom Partai
#7 Pj Walikota Pekanbaru Apresiasi Kegiatan Raimuna Pramuka Kota Pekanbaru
#8 Operasi Antik Singgalang 2024, Polres Dharmasraya Ringkus Wanita Pengedar Narkoba
#9 Kota Tanjungpinang Diduga Sentral Peredaran Barang Ilegal
#10 KKN Universitas Serasan Muara Enim Pembuatan Puding Susu Daun Kelor Desa Ulak Bandung
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved