Breaking News
Sat Lantas Polres Muara Enim Tegaskan Pelajar SMA Negeri 3 Utamakan Keselamatan Berkendaraan | Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Berikan Layanan Inovasi 3 in 1 SMART Di OKU | Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Terima Penghargaan Terbaik III Kategori Glorifika | Kedua Kalinya Desa Way Kalam Ikuti Lomba Desa, Jaro Abdul Rasyid: Upaya Sudah Maksimal | Bupati Kasmarni Sambut Baik, Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD | Sosialisasi Paspor Elektronik Pada Masyarakat Kabupaten Karimun Jumat, 23 Februari 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Bengkalis
6 Kelompok Restorasi Mangrove Desa Teluk Pambang, Berhasil Bibitkan Mangrove Dengan Metode
Bengkalis | Jumat, 08 Desember 2023 13:17:43 WIB

Teks foto: Tim YKAN lakukan monitoring dan evaluasi di patok rumpun di pesisir Desa Teluk Pambang.

SiagaOnline.com, Bengkalis - Enam kelompok restorasi mangrove di Desa Teluk Pambang bimbingan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) melalui Program Mangrove Ecosystem Restoration Alliance (MERA) telah berhasil melakukan penanaman mangrove dengan metode rumpun berjarak. Salah satu strategi restorasi mangrove dalam Program MERA ini telah dipersiapkan dan dimulai sejak Februari – Desember 2023.


Setidaknya ada 78 rumpun berjarak yang berhasil dibuat oleh Tim YKAN bersama kelompok restorasi mangrove Desa Teluk Pambang. Seluruh rumpun berjarak tersebut telah ditanami bibit mangrove umur 3 bulan yang tumbuh dengan baik.

Rumpun berjarak ini tersebar pada area seluas 11,76 ha di bibir pantai Desa Teluk Pambang. Rumpun berjarak ini berbentuk persegi panjang dengan bambu-bambu yang dipasang berjejer dan dilapisi jaring. Satu rumpun berjarak berukuran 6 x 25,5 meter dan dapat menampung hingga 550 bibit mangrove.

Dengan bentuk formasi zig-zag, penggunaan metode rumpun berjarak ini terlihat sangat efektif meredam hempasan ombak sehingga bibit mangrove tidak mudah hanyut digurus air pasang dan terjangan ombak.

Dengan menggunakan metode patok rumpun ini, terlihat sangat efektif, karena bibit mangrove yang ditanam tersebut tidak kontak langsung dengan ombak. Sehingga bibit mangrove tidak mudah hanyut digurus air pasang dan ombak.

Sistem penamaan bibit mangrove ini dirancang dengan baik, dimana pagar patok rumpun dibuat berbentuk formasi zik zak.

Di hari kedua ini, Tim YKAN melanjutkan monitoring dan evaluasi di pesisir Pantai Desa Teluk Pambang dengan mengunakan pompong kecil. Perjalanan menuju ke lokasi patok rumpun ini harus melewati sungai Kembung Luar.

Tim YKAN bersama kelompok masyarakat restorasi mangrove terlihat bersemangat dan bercibaku. Meskipun perjalanan menuju ke lokasi patok rumpun begitu menantang namun tidak mengurangi semangat para Tim Monitoring dan Evaluasi. Demi Indonesia Lestari.

Tidak mau kalah kelompok restorasi mangrove Desa Teluk Pambang bersama UPT KPH Bengkalis Pulau dan Tim Diskominfotik Bengkalis juga  ikut bersemangat menjajaki pantai.

"Alhamdulillah hari ini saya bersama Tim YKAN bisa melihat langsung hasil penanaman mangrove dengan mengunakan metode patok rumpun. Saya lihat metode ini cukup efektif dalam membudidayakan bibit mangrove yang berhadapan langsung dengan lautan lepas. Dengan menggunakan berbentuk pagar atau patok rumpun ini, bisa menjaga pertumbuhan bibit dengan baik. Meskipun ada yang mati atau tergurus air namun hanya sedikit," ujar Coastal Resilience Senior Manager YKAN Mariski Nirwan saat melakukan monev restorasi mangrove, Kamis 7 Desember 2023, di pesisir pantai Desa Teluk Pambang.

Mariski juga berharap kelompok restorasi mangrove Desa Teluk Pambang ini terus semangat dan aktif memantau perkembangan bibit mangrove yang di patok rumpun tersebut.

"Kita sangat berharap metode patok rumpun benar-benar berhasil seratus persen, kita juga berharap kedepannya penanaman metode dengan patok rumpun ini bisa dikembangkan lebih luas lagi di desa-desa yang lain di Kabupaten Bengkalis. Karena ini juga merupakan salah satu aksi yang efektif untuk mencegah lajunya abrasi," tutur Mariski.

Sementara itu salah satu dari Kelompok restorasi mangrove Desa Teluk Pambang Samsul menyampaikan apresiasi dan serta merasa bangga kepada Tim YKAN dari Jakarta ini turun langsung ke lokasi patok rumpun ini.

"Alhamdulillah dengan turunnya langsung Tim YKAN, dalam rangka monitoring dan evaluasi hari ini, menambah semangat kami dan yakin bahwa penanaman bibit mangrove dengan metode patok rumpun akan terwujud dengan baik. Kita juga meminta dan berharap Tim YKAN ini terus memantau kami disini, supaya program Mera ini terlaksana sesuai dengan harapan kita bersama," ujar kelompok restorasi mangrove Desa Teluk Pambang.

Ikut mendampingi monitoring dan evaluasi dari Tim YKAN, UPT KPH Bengkalis Pulau Misbah, Fadil Nandila, YKAN Riau Partnership Coordinator dan para kelompok restorasi mangrove Desa Teluk Pambang.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Sat Lantas Polres Muara Enim Tegaskan Pelajar SMA Negeri 3 Utamakan Keselamatan Berkendaraan
Daerah | Jumat 23 Februari 2024, 11:09 WIB
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Berikan Layanan Inovasi 3 in 1 SMART Di OKU
Daerah | Jumat 23 Februari 2024, 11:07 WIB
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Terima Penghargaan Terbaik III Kategori Glorifika
Daerah | Jumat 23 Februari 2024, 08:38 WIB
Kedua Kalinya Desa Way Kalam Ikuti Lomba Desa, Jaro Abdul Rasyid: Upaya Sudah Maksimal
Siaga Lampung | Jumat 23 Februari 2024, 08:35 WIB
Bupati Kasmarni Sambut Baik, Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD
Bengkalis | Jumat 23 Februari 2024, 08:33 WIB
Sosialisasi Paspor Elektronik Pada Masyarakat Kabupaten Karimun
Siaga Kepri | Jumat 23 Februari 2024, 08:31 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Sat Lantas Polres Muara Enim Tegaskan Pelajar SMA Negeri 3 Utamakan Keselamatan Berkendaraan
#2 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Berikan Layanan Inovasi 3 in 1 SMART Di OKU
#3 Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Terima Penghargaan Terbaik III Kategori Glorifika
#4 Kedua Kalinya Desa Way Kalam Ikuti Lomba Desa, Jaro Abdul Rasyid: Upaya Sudah Maksimal
#5 Bupati Kasmarni Sambut Baik, Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD
#6 Sosialisasi Paspor Elektronik Pada Masyarakat Kabupaten Karimun
#7 Rutan Karimun Dikunjungi Baznas Karimun
#8 Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lamsel Tahun 2024 di Desa Taman Sari
#9 Olahraga Bersama Kodim 0703/Cilacap dan Polresta Cilacap
#10 Perbaikan Jalan Utama Siak-Sungai Mandau Jadi Prioritas
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved