Breaking News
Kajari Sidimpuan Dilaporkan Pengacara ke Jaksa Agung dan Jamwas | Bea Cukai Tanjung Balai Karimun Adakan Giat School Goes to Customs Pertama Kali | Diskominfo-SP Muara Enim Raih TVRI Sumsel Awards 2024 | Siaga Karhutla, Kapolsek Kemuning Lakukan Pengecekan Alat Pemadam | Kapolsek Kemuning Polda Riau Berhasil Ringkus Pemilik Shabu | Sulap Sawah Jadi Wisata, Shila Tirta Diduga Tak Kantongi Izin Alih Fungsi Kamis, 25 Juli 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Siak
Wahup Husni Sebut Festival Lestari 5 Komitmen Untuk Tumbuh Lebih Baik
Siak | Senin, 26 Juni 2023 11:24:29 WIB

Teks foto: Wabup Siak Husni Merza (tengah) saat foto bersama Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Siak

SiagaOnline.com, Siak - Festival Lestari merupakan wadah promosi dan perayaan gotong royong untuk pembangunan lestari bagi kabupaten anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), kembali hadir. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sigi dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah Festival Lestari 2023 dengan mengusung tema “Tumbuh Lebih Baik".


Festival Lestari kali ini, memasuki yang kelima kali penyelenggaraannya, menjadi wadah kolaborasi dan gotong royong pemerintah, pelaku usaha, petani, generasi muda dan pemangku kepentingan lainnya untuk terlibat langsung dalam mengembangkan ekonomi lestari yang berkelanjutan.

Wakil Bupati Siak Husni Merza yang hadir pada acara tersebut mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat selain ajang promosi bersama bagi kabupaten anggota LTKL serta mitra pembangunan atas perkembangan penerapan visi kabupaten lestari. Juga menjadi wadah bagi kabupaten tuan rumah untuk mewujudkan program dan komoditas serta potensi lestari lainnya.

“Alhamdulillah, saya bisa hadir di Sigi, Sulawesi Tengah mengikuti rangkain Festival Lestari 5 tahun 2023. Festival ini merupakan acara rutin yang di taja oleh anggota LTKL, dan ini merupakan ajang promosi dan gotong royong multipihak untuk pembangunan lestari bagi seluruh anggota LTKL,” ujar Wabup Husni, di kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (24/6/2023).

Husni juga menjelaskan sebelumnya kabupaten Siak tahun 2019 juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival ini, kemudian lanjut di kabupaten sintang, Kalimantan Barat, dan pada 2021 diadakan di dua kabupaten sekaligus, yaitu kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango.

“Melalui acara ini nantinya, membuka ruang diskusi bersama segenap pemangku kepentingan terkait investasi hijau di daerah, Promosi Produk UMKM, inovasi dan peluang-peluang lain yang bisa nantinya kita kerjasamakan. Karena di sini hadir para kepala daerah, Pemerintah Pusat, pelaku usaha dan NGO nasional dan Internasional. Juga di sini ada banyak rangkaian kegiatan yang bisa kita ikuti sampai hari minggu,”ucap Husni.

Kabupaten Siak sendiri tambah Wabup Husni melalui forum LTKL telah melahirkan inovasi di tingkat kebijakan yaitu Siak Hijau, yang di dalamnya mendorong prinsip-prinsip pelestarian lingkungan alam demi kesejahteraan masyarakat.

"Siak Hijau ini, sudah ada perdananya, dan ini menjadi acuan kita dalam penerapan Road Map (peta jalan) pembanguan lestari program Siak Hijau di kabupaten Siak. Saat ini juga kita tengah menjalin kerjasama dengan SPLC terkait komiditas kelapa sawit berkelanjutan. Disini, kab Sigi juga sudah memiliki progam Sigi Hijau, ini sangat positif," kata Husni.

Untuk di ketahui kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah merupakan kabupaten yang memiliki cakupan hutan hampir 72 persen dari luas wilayahnya, hal ini membuat Kabupaten Sigi masuk dalam Forum Komunikasi Cagar Biosfer Lore Lindu. Setidaknya ada lima komoditas yang menjadi unggulan (yaitu kakao, kopi, durian, kemiri, dan vanili) di mana sebagian komoditas ditanam dengan memanfaatkan tutupan hutan.

Dengan areal hutan yang luas, Kabupaten Sigi juga gencar mempromosikan ekowisata. Mulai dari Danau Lindu yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu hingga olahraga paralayang terus dikembangkan.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Kajari Sidimpuan Dilaporkan Pengacara ke Jaksa Agung dan Jamwas
Siaga Sumut | Kamis 25 Juli 2024, 14:40 WIB
Bea Cukai Tanjung Balai Karimun Adakan Giat School Goes to Customs Pertama Kali
Daerah | Kamis 25 Juli 2024, 14:31 WIB
Diskominfo-SP Muara Enim Raih TVRI Sumsel Awards 2024
Daerah | Kamis 25 Juli 2024, 14:28 WIB
Siaga Karhutla, Kapolsek Kemuning Lakukan Pengecekan Alat Pemadam
Indragiri Hilir | Kamis 25 Juli 2024, 14:27 WIB
Kapolsek Kemuning Polda Riau Berhasil Ringkus Pemilik Shabu
Daerah | Kamis 25 Juli 2024, 14:26 WIB
Sulap Sawah Jadi Wisata, Shila Tirta Diduga Tak Kantongi Izin Alih Fungsi
Daerah | Kamis 25 Juli 2024, 14:25 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Kajari Sidimpuan Dilaporkan Pengacara ke Jaksa Agung dan Jamwas
#2 Bea Cukai Tanjung Balai Karimun Adakan Giat School Goes to Customs Pertama Kali
#3 Diskominfo-SP Muara Enim Raih TVRI Sumsel Awards 2024
#4 Siaga Karhutla, Kapolsek Kemuning Lakukan Pengecekan Alat Pemadam
#5 Kapolsek Kemuning Polda Riau Berhasil Ringkus Pemilik Shabu
#6 Sulap Sawah Jadi Wisata, Shila Tirta Diduga Tak Kantongi Izin Alih Fungsi
#7 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara Didatangi Dari Provinsi
#8 Kapolsek Lawang Kidul IPTU KMS. Erwin Pengecekan Persiapan Karhutlah Wilayah Tanjung Enim
#9 Walikota Pekalongan Buka Pameran Pustaka Dwipantara
#10 500 Karyawan Pabrik Rokok PT MPS Urip Sugiharto Kota Pekalongan Terima BLT DBHCHT
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved