Breaking News
Irjen Pol Ahmad Lutfhi sosok Bermasyarakat, dengan Program Polisi hadir Ciptakan Kamtibmas Kondusif | Bupati Sukiman Sambut Menhub RI di Bandara Tuanku Tambusai Rohul | Pemkab Muara Enim Peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2024 | Bapenda Rohil Imbau Pengusaha Walet Bayar Pajak | Ciptakan Hidup Sehat Warga Binaan Lapas Muara Enim Gelar Senam Pagi | LBBHS Berikan Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Warga Binaan Lapas Muara Enim Minggu, 5 Mei 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Ekonomi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Minta Anggaran Kemenkeu Rp48,3 T pada 2024
Ekonomi | Senin, 12 Juni 2023 19:05:19 WIB

Teks foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta anggaran Rp48,35 triliun untuk Kementerian Keuangan di 2024 nanti. Jumlah ini naik dari pagu 2023 yang Rp45,28 triliun.

SiagaOnline.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta anggaran sebesar Rp48,35 triliun untuk Kementerian Keuangan di 2024 nanti ke DPR. Jumlah ini naik dari pagu 2023 yang sebesar Rp45,28 triliun.


Menurutnya, anggaran tersebut diperlukan untuk menjalankan kegiatan dan tugas Kemenkeu tahun depan. Kegiatan itu di antaranya program strategis baru yakni pembangunan dan renovasi rumah dinas atau gedung kantor, serta investasi TIK.

"Untuk 2024, kami fokus pada menyelesaikan berbagai investasi di bidang TIK, seperti core tax. Kami juga ingin terus memperbaiki berbagai fasilitas, gedung kantor dan rumah-rumah dinas di daerah," ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI, Senin (12/6).

Selain itu, tahun depan Kemenkeu juga membutuhkan dukungan untuk persiapan pemindahan PNS Kemenkeu ke IKN serta penambahan jabatan fungsional baru di lingkungan instansinya. Itu adalah program strategis baru yang perlu anggaran.

"Kita juga untuk 2024 akan siapkan perpindahan pegawai Kemenkeu ke IKN serta jabatan fungsional baru di Kemenkeu," jelasnya.

Secara rinci, anggaran sebesar Rp48,35 triliun tersebut akan digunakan untuk beberapa kegiatan.

Pertama, program kebijakan fiskal sebesar Rp40,23 miliar. Di mana ada 41 kegiatan yang disusun oleh enam unit eselon I di Kemenkeu terkait layanan perumusan kebijakan fiskal dan sektor keuangan serta diplomasi internasional yang dapat mendorong stabilitas dan transformasi ekonomi pasca-pandemi dan di tengah ancaman krisis geopolitik.

Kedua, untuk program pengelolaan penerimaan negara sebesar Rp2,48 triliun. Program ini diampu oleh empat unit eselon I dan merencanakan 133 kegiatan pelayanan perpajakan dan PNBP kepada masyarakat, serta perbaikan dan reformasi berbagai sistem administrasi perpajakan dalam rangka terpenuhinya kebutuhan pendanaan pembangunan.

Ketiga, untuk program pengelolaan belanja negara sebesar Rp28,74 miliar. Program ini diampu oleh dua unit eselon I dan merencanakan 59 kegiatan terkait perumusan kebijakan belanja yang menjamin terlaksananya layanan negara bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, penyediaan infrastruktur, terlaksananya agenda prioritas seperti Pemilu dan IKN, serta peningkatan kualitas dan sinergi belanja pemerintah pusat dan daerah.

Keempat, anggaran digunakan untuk program PKNR sebesar Rp310,82 miliar. Program ini diampu oleh empat unit eselon I dan merencanakan 171 kegiatan terutama berupa layanan penyaluran dan pertanggungjawaban dana pembangunan baik pusat maupun daerah, tersedianya dana pembangunan secara tepat waktu, serta pemeliharaan dan pemanfaatan kekayaan negara.

Kelima, anggaran untuk program dukungan manajemen sebesar Rp45,49 triliun (termasuk untuk BLU). Program ini dijalankan oleh 12 unit eselon I dan merencanakan 553 kegiatan terkait layanan manajemen untuk mendukung kelancaran dan reformasi layanan pada empat program teknis Kemenkeu, maupun pelayanan langsung kepada publik melalui BLU Kemenkeu.

"Demikian pimpinan mohon untuk mendapatkan persetujuan terhadap program 2024 tersebut," jelasnya.

Di sisi lain, Sri Mulyani menekankan meski meminta anggaran cukup besar, bukan berarti Kemenkeu boros. Sebab, efisiensi terus dilakukan sejak 2020 lalu.

Menurutnya, sejak 2020-2023, Kemenkeu berhasil menghemat belanja hingga 2,12 triliun melalui pola kerja baru, hingga pengurangan jumlah pegawai. Pada 2019 jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkeu mencapai 82.468 orang dan sekarang menjadi 78.882 orang (berkurang 3.586).

"Kita setiap tahun melakukan negative growth, artinya jumlah yang retired dibandingkan yang direkrut baru, lebih kecil yang direkrut sehingga total headcount menurun," jelasnya.

Berdasarkan data Kemenkeu, penghematan dari jumlah pegawai yang berkurang ini mencapai Rp902 miliar. Sedangkan penghematan dari pengendalian belanja seperti perjalanan dinas mencapai Rp534,42 miliar.

Kemudian, penghematan dari sisi pembayaran belanja pegawai dengan optimalisasi SDM sebesar Rp9,46 miliar, hingga pengadaan collaborative tools secara terpusat berhasil menghemat anggaran sebesar Rp290 miliar.

"Kita juga terus melakukan kolaborasi antar unit dan kebijakan negatif growth pegawai, penggunaan sarana dan prasarana yang makin optimal dan bisa di-share. Jadi nggak ada lagi ruang rapat yang di kavling untuk satu direktur atau satu dirjen, namun bisa di-share," pungkasnya.

Sumber: CNN Indonesia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Irjen Pol Ahmad Lutfhi sosok Bermasyarakat, dengan Program Polisi hadir Ciptakan Kamtibmas Kondusif
Siaga Jawa | Minggu 05 Mei 2024, 13:14 WIB
Bupati Sukiman Sambut Menhub RI di Bandara Tuanku Tambusai Rohul
Rokan Hulu | Minggu 05 Mei 2024, 11:21 WIB
Pemkab Muara Enim Peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2024
Daerah | Sabtu 04 Mei 2024, 22:59 WIB
Bapenda Rohil Imbau Pengusaha Walet Bayar Pajak
Rokan Hilir | Sabtu 04 Mei 2024, 20:01 WIB
Ciptakan Hidup Sehat Warga Binaan Lapas Muara Enim Gelar Senam Pagi
Daerah | Sabtu 04 Mei 2024, 19:59 WIB
LBBHS Berikan Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Warga Binaan Lapas Muara Enim
Daerah | Sabtu 04 Mei 2024, 19:58 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Irjen Pol Ahmad Lutfhi sosok Bermasyarakat, dengan Program Polisi hadir Ciptakan Kamtibmas Kondusif
#2 Bupati Sukiman Sambut Menhub RI di Bandara Tuanku Tambusai Rohul
#3 Pemkab Muara Enim Peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2024
#4 Bapenda Rohil Imbau Pengusaha Walet Bayar Pajak
#5 Ciptakan Hidup Sehat Warga Binaan Lapas Muara Enim Gelar Senam Pagi
#6 LBBHS Berikan Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Warga Binaan Lapas Muara Enim
#7 Lapas Muara Enim Hadiri Acara Peringatan Hari Kartini di balai Serasan Sekundang
#8 Segudang Program Devi Maulidi Bakal Calon Wakil Bupati Muara Enim
#9 Jalan di Panipahan Rohil Runtuh, Masyarakat Minta Perhatian Pemkab Rohil
#10 Pengadilan Negeri Gedong Tataan Menggelar Sidang
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved