Breaking News
Pemko Padang Sidempuan Melalui Dinas PUTR Gelar Presentasi Pendahuluan Penyusunan RDTR | Dukungan Terus Mengalir Untuk Sukiman Sebagai Calon Gubernur Riau | Bupati Sukiman Tinjau PSU 31 TPS di Tambusai Utara | Aksi ASN 'Bermain' di Pilkada Tapsel Diusut, Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Dipertanyakan | Tim Voli Polres Siak Melaksanakan Refreshing Latihan Nembak di Lapangan Tembak Presisi Polres Siak | Lama Mengabdi 4 Guru Sujud Syukur Dihadiahi Umroh oleh Pj Gubernur SF Hariyanto Minggu, 14 Juli 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Daerah
LP-KPK Pertanyakan Bangunan Restoran Yang Berdiri Permanen Diatas TKD Kepuharjo
Daerah | Jumat, 09 Juni 2023 19:58:13 WIB

Teks foto: Gambar restoran Warung warek di atas TKD Kepuharho

Siagaonline.com, Malang - Tanah kas desa yang berada di lokasi Jalan raya karang Ploso desa kepuharjo kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, kali ini disoroti oleh lembaga pengawasan kebijakan pemerintah dan keadilan Komisi daerah Jawa timur  atau yang biasa di singkat dengan kata (LP-KPK) Komda jatim, Jumat (9/6/23).

Persoalannya adalah, restoran yang berdiri megah dan cukup terkenal tadi dibangun tepat diatas tanah kas desa (TKD) yang seluas kurang lebih 3000 meter persegi, dan hal itu dibenarkan oleh  kepala desa kepuharjo (Khamim) jika tanah itu telah disewakan oleh pemerintah desa kepuharjo ke salah satu warga dari Kota Batu Malang.

Dan yang menjadi Pertanyakan dari Anggota Lp-kpk serta awak media siagaonline.com adalah terkait dengan segi bangunan yang Di nilai permanen.

Diterangkan oleh kepala desa kepuharjo di ruang kerjanya, bahwa bangunan tadi dari awal sudah memiliki izin, namun untuk izinya adalah semi permanen, bukan permanen.

Namun faktanya, restoran yang didirikan diatas TKD Tersebut bisa di nilai sangat permanen seperti adanya bangunan Fasilitas umum (Fasum) dan juga termasuk bangunan lainya.

"Untuk izin bangunan dulu adalah semi permanen, dan kita juga sudah buatkan pengantar untuk urus  perizinan, dan kami  juga sudah sering kordinasi dengan pihak inspektorat, juga untuk masalah sewanya yang berahir sampai tahun 2024, tentu bangunan tersebut akan kami bongkar dan kita tarik kembali ke pemerintah desa kepuharjo," terang kepala desa diruang kerjanya.

Sementara dari penilaian D Suryanto selaku angota lp-kpk (lembaga pengawasan kebijakan pemerintah dan keadilan) Komisi  daerah Jawa timur menegaskan, jika restoran tadi bukanlah semi permanen, namun bisa di katagorikan cukup permanen.

Bangunan semi permanen yang sering kita jumpai, baik milik perorangan maupun pemerintah contohnya sudah banyak, termasuk bangunan yang dindingya setengah Bambu, Tembok, dan bata setengah plester, atau kayu, lantai bangunan umunya dari ubin, sedangkan atap terbuat dari seng, maupun sirap, tandasnya Anggota LP-KPK tersebut keawak media.

"Namun kusus restoran warung warek ini bangunanya sangat beda jauh dengan kata gori semi permanen, Dan yang menjadi persoalan utama, apakah bangunan restoran tersebut sudah memiliki izin mendirikan  bangunan atau IMB dari pemerintah,  Kan restoran itu dibangun diatas TKD, dan yang jelas, pemerintah tidak mungkin menerbitkan izin untuk membangun secara permanen.  makanya kita akan secepatnya menanyakan izin mendirikan bangunan  ke pihak  terkait. Kita juga  menduga, saat ini ada pelanggaran dengan izin, seperti izin dalam pemakaian tanah kas desa berdasarkan Pasal 76 ayat (1) UU No.6 tahun  Peraturan 2014 yang menyatakan bahwa salah satu aset desa dapat berupa tanah kas desa, Pengundangan Peraturan Menteri Dalam  Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa sebagai payung hukum pengelolaan aset desa dalam rangka menjamin ketertipan serta pengelolaan tanah kas desa, apalagi adanya Dugaan atau sumber yang mengatakan, bahwa awalnya sewa tadi terjadi selama 20 tahun terhitung mulai tahun 2017 silam, namun ahirnya kwitansi disusul atau dibuat menjadi per 2 Tahun oleh kades kepuharjo," Lanjut D Suryanto.

"Kita dari lembaga Lp-kpk Komda jatim,  selaku mitra Pemerintah, Namun harus tetap kritis Pemerintah jangan sampai  pemerintah desa termasuk kepala desa sengaja melakukan pembiaran terhadap pelaku usaha yang dinilai tidak mentaati Peraturan pemerintah, karena peraturan serta pemanfaatan tanah kas desa sudah sama - sama kita ketahui secara jelas baik itu mengenai Pergub atau Permendagri  termasuk dengan Perbup nya. dan kami dari LP-KPK Komda jatim juga berharap agar pemdes atau kepala desa  kepuharjo bisa mengundang pemilik restoran warung warek guna diadakan pertemuan dengan pihak kami agar permasalahan tersebut bisa diterangkan secara lebih detail dan jelas. (Sol)

 

Bersambung.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Pemko Padang Sidempuan Melalui Dinas PUTR Gelar Presentasi Pendahuluan Penyusunan RDTR
Siaga Sumut | Minggu 14 Juli 2024, 00:18 WIB
Dukungan Terus Mengalir Untuk Sukiman Sebagai Calon Gubernur Riau
Rokan Hulu | Minggu 14 Juli 2024, 00:14 WIB
Bupati Sukiman Tinjau PSU 31 TPS di Tambusai Utara
Rokan Hulu | Minggu 14 Juli 2024, 00:13 WIB
Aksi ASN 'Bermain' di Pilkada Tapsel Diusut, Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Dipertanyakan
Siaga Sumut | Sabtu 13 Juli 2024, 21:41 WIB
Tim Voli Polres Siak Melaksanakan Refreshing Latihan Nembak di Lapangan Tembak Presisi Polres Siak
Siak | Sabtu 13 Juli 2024, 16:27 WIB
Lama Mengabdi 4 Guru Sujud Syukur Dihadiahi Umroh oleh Pj Gubernur SF Hariyanto
Pekanbaru | Sabtu 13 Juli 2024, 15:03 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Pemko Padang Sidempuan Melalui Dinas PUTR Gelar Presentasi Pendahuluan Penyusunan RDTR
#2 Dukungan Terus Mengalir Untuk Sukiman Sebagai Calon Gubernur Riau
#3 Bupati Sukiman Tinjau PSU 31 TPS di Tambusai Utara
#4 Aksi ASN 'Bermain' di Pilkada Tapsel Diusut, Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Dipertanyakan
#5 Tim Voli Polres Siak Melaksanakan Refreshing Latihan Nembak di Lapangan Tembak Presisi Polres Siak
#6 Lama Mengabdi 4 Guru Sujud Syukur Dihadiahi Umroh oleh Pj Gubernur SF Hariyanto
#7 Bupati Bengkalis Resmi Buka MTQ ke VII di Kecamatan Bandar Laksamana
#8 Pemkab Rohil Hadirkan Tower Seluler Di Kepenghuluan Sei Tapah Dan Sekeladi Hilir
#9 Tablig Akbar Peringati 1 Muharam 1446 H, Pemkab Rohil Hadirkan Ustaz Encep
#10 Rampung Dibangun, Bupati Kasmarni Tinjau RSUD Pulau Rupat
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved