Breaking News
Pemerintah Kelurahan Mandomai Laksanakan Pembagian Sembako Murah | Warga Binaan Rutan Karimun Diberi Penyuluhan Hukum | Sekda Thamrin, Membuka Sosialisasi Layanan Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahap II | Bupati Lamsel Apresiasi Kinerja Kejari Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum | Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Sungai Rumbai Melalui Restorative Justice | Bukittinggi Raih Swasti Saba Wiwerda 2023 Pada Penilaian Kota Sehat Se Indonesia Kamis, 30 November 2023

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Nasional
ST Burhanuddin: Membangun Penegakan Hukum Humanis Melalui Spirit Pancasila
Nasional | Senin, 05 Juni 2023 15:07:46 WIB

Teks foto: Jaksa Agung ST Burhanuddin

Siagaonline.com, Jakarta - Dasar ontologis Pancasila pada hakikatnya adalah manusia sebagai pendukung pokok sila-sila Pancasila yang memiliki nilai-nilai universal bangsa-bangsa di dunia. Seperti Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Demokrasi serta Nilai Keadilan Sosial.


Pendiri bangsa Indonesia Soekarno menyebut kelima nilai tersebut sebagai way of life (pedoman hidup) bangsa Indonesia.

Lebih jauh memaparkan, Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pedoman hidup (way of life),.dentitas bangsa Indonesia (The Indonesian identity), filosofi dasar Negara (the philosophy of state), ideologi bangsa dan negara Indonesia (an ideology of nation and Indonesian state).


Selanjutnya menurut Teguh Prasetyo dan Arie Purnomosidi, Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara (philosophische grondslag), ideologi Negara (staatidee), dan cita hukum (rechtsidee).

Cita hukum Pancasila merupakan hakikat aturan tingkah laku masyarakat yang berakar pada gagasan, rasa, karsa, cipta, dan pikiran dari masyarakat Indonesia.

Pancasila merupakan suatu asas kerohanian yang meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum. Oleh karena itu, Pancasila sebagai sumber nilai, norma, kaidah, moral, dan hukum Negara, yang meliputi baik hukum tertulis (positive law) maupun hukum tidak tertulis (living law).

Penegakan hukum humanis yang dilaksanakan oleh Aparat Penegak Hukum dalam hal ini Kejaksaan, bukanlah sekedar ide atau gagasan, tetapi sebagai aktualisasi nilai-nilai Pancasila.


Sebagai sistem nilai yang hidup dalam masyarakat, penegakan hukum yang dilaksanakan oleh setiap insan Adhyaksa harus mengandung Nilai Ketuhanan. Artinya, keputusan apapun yang dilaksanakan harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan yang Maha Esa, apalagi keputusan-keputusan hukum itu berdampak luas kepada masyarakat dan negara. Selain itu, keputusan-keputusan yang diambil harus dilandasi nilai-nilai kemanusiaan, menjunjung tinggi dan menghormati nilai-nilai kemanusiaan sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia. Implementasi penegakan hukum humanis harus mengandung nilai persatuan, kebersamaan, gotong royong dan teposiloro. Jadi, keputusan hukum harus diperuntukkan untuk kepentingan bersama.


Lebih lanjut, Jaksa Agung ST Burhanuddin memaparkan nilai demokrasi dalam hukum tidak bersumber dari penguasa, tetapi lebih dari, oleh, dan untuk masyarakat sebagai ujung tombak dari implementasi nilai-nilai demokrasi, serta yang paling penting sebagai landasan perwujudan penegakan hukum harus mampu memberikan rasa keadilan bagi seluruh rakyat, bangsa dan Negara. Oleh karena kedudukan Jaksa sebagai Penuntut Umum adalah mewakili, jadi bukan saja mewakili korban, tetapi juga mewakili  masyarakat, pemerintah dan Negara.

 

Spirit Pancasila dalam penegakan hukum humanis telah mampu mengelaborasi antara hukum modern yang kekinian dan harus dituangkan dalam hukum tertulis (positive law). Sementara hukum yang hidup dalam masyarakat (living law), bukan saja diakui sebagai bagian dari hukum nasional, tetapi diakui sebagai hukum yang dapat diterapkan dalam kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari.

 

Keberadaan Pancasila bukan saja sebagai spirit penegakan hukum humanis, tetapi mampu mempersatukan anak bangsa di tengah perkembangan transformasi digital yang kian mengglobal. Di berbagai perbedaan yang kita miliki, Pancasila menjadi akar pemersatu. Maka dari itu, patut kita syukuri dan maknai hari lahir Pancasila ini untuk terus meningkatkan jiwa Pancasila sebagai akar budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Sumber: Humas Kejagung RI


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Pemerintah Kelurahan Mandomai Laksanakan Pembagian Sembako Murah
Daerah | Kamis 30 November 2023, 13:22 WIB
Warga Binaan Rutan Karimun Diberi Penyuluhan Hukum
Siaga Kepri | Kamis 30 November 2023, 13:19 WIB
Sekda Thamrin, Membuka Sosialisasi Layanan Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahap II
Siaga Lampung | Kamis 30 November 2023, 12:20 WIB
Bupati Lamsel Apresiasi Kinerja Kejari Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum
Siaga Lampung | Kamis 30 November 2023, 12:19 WIB
Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Sungai Rumbai Melalui Restorative Justice
Daerah | Kamis 30 November 2023, 12:17 WIB
Bukittinggi Raih Swasti Saba Wiwerda 2023 Pada Penilaian Kota Sehat Se Indonesia
Kota | Kamis 30 November 2023, 09:06 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Pemerintah Kelurahan Mandomai Laksanakan Pembagian Sembako Murah
#2 Warga Binaan Rutan Karimun Diberi Penyuluhan Hukum
#3 Sekda Thamrin, Membuka Sosialisasi Layanan Pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahap II
#4 Bupati Lamsel Apresiasi Kinerja Kejari Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum
#5 Penyelesaian Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Sungai Rumbai Melalui Restorative Justice
#6 Bukittinggi Raih Swasti Saba Wiwerda 2023 Pada Penilaian Kota Sehat Se Indonesia
#7 Desa Serombou Indah Juara Satu Lomba Festival Itak Kelamai
#8 Hadiri Penyerahan Bantuan Ekonomi Produktif dan Beras 5 Kilo, Hasan Sebut Pemko Akan Bagikan BLT
#9 Tiga Petugas Rutan Karimun Terima Piagam Penghargaan
#10 Sepanjang Tahun 2023 DPRD Rohil Terbitkan Sejumlah Perda
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved