Breaking News
Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon Tapsel | Sekda Rohul Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2024 | Wabup Rohul Indra Gunawan Hadiri Farewell Party SDN 002 Ujungbatu | Negara Dirugikan Rp 300 Triliun Perkara Persekongkolan PT Timah TBK | H Sukiman Calon Potensial Pilgub Riau 2024 | Pemdes Bandan Hurip Salurkan BLT-DD Bulan Juni Dan Juli TA 2024 Kepada 22 KPM Kamis, 30 Mei 2024

 
🢭 Siagaonline.com ⮞ Daerah
Terus Wujudkan Kabupaten Way Kanan Unggul dan Sejahtera, Bupati Adipati Tandatangani MoU Dengan UNY
Daerah | Jumat, 26 Mei 2023 17:37:31 WIB

Teks foto: Terus Wujudkan Kabupaten Way Kanan Unggul dan Sejah Tera, Bupati Adipati Tandatangani MoU Dengan UNY

SiagaOnline.com, Waykanan - Bupati H Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi melakukan Kunjungan Kerja ke Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (25/05/2023), bersama Dinas Pendidikan dan Kebusayaan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah serta Bagian Kerjasama Setdakab.


Disampaikan bahwa keberadaan peningkatan ekonomi masyarakat tidak terlepas dari kemampuan pengelolaan SDM dan peningkatan peran Industri Kecil Menengah (IKM) maupun UMKM pada struktur masyarakat pedesaan seperti di Kabupaten Way Kanan. pada Bidang Pendidikan, peningkatan SDM sangat terkait dengan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sebagai pencetak generasi unggul dalam menghadapi tantangan peradaban dan ekonomi di masa mendatang.terlebih pada masa mendatang peningkatan ekonomi diprediksi berasal dari produksi dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat yang telah terbukti tahan terhadap dinamika ekonomi Nasional maupun Internasional.

“Keberadaan IKM/UMKM sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat. Selain itu, IKM/UMKM juga mampu menciptakan kreatifitas yang sejalan dengan usaha untuk mempertahankan dan mengembangkan unsur-unsur tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat. UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam skala yang besar, menginngat jumlah penduduk Indonesia yang besa sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran," ujar Bupati Adipati.

Program pengembangan IKM/UMKM sebagai salah satu instrument untuk menaikkan daya beli masyarakat, pada akhirnya akan menjadi katup pengaman dari situasi ekonomi yang tidak menentu pasca pandemi. Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional, mengingat kegiatan usahanya mencakup hamper semua lapangan usaha sehingga kontribusi IKM/UMKM menjadi sangat besar bagi peniingkatan pendapatan bagi kelompok masyarakat berpendapatan rendah.

Disampaikan oleh Bupati Adipati bahwa di Kabupaten Way Kanan banyak berkembang IKM dengan jenis olahan dan skala usaha yang beragam. Dimana saat ini terdapat 3.916 unit usaha IKM, dimana 57%nya bergerak pada bidang Industri Makanan dan Minuman seperti Industri Olahan Kopi Bubuk, Gula Merah, Keripik Pisang, Tahu/Tempe, dan lainnya. terkait dengan kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha IKM di Way Kanan dalam pengembangan usahanya, yang menjadi permasalahan paling mendasar dihadapi yaitu SDM yang kurang memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan usahanya, Permasalahan dalam permodalan, Kurangnya sarpras serta Kurangnya akses pemasaran produk. Beberapa permasalahan tersebut yang memerlukan perhatian yang lebih dari Pemda Way Kanan khususnya Dinas Indag agar IKM/UMKM dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

“Sementara pada sektor Pendidikan, Kabupaten Way Kanan tergolong lambat, ditandai dengan capaian Harapan Lama Sekolah dan rata-rata lama sekolah yang hanya meningkat rata-rata 0,01 setiap tahunnya. Salah satu yang menjadi permasalahan adalah kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, seperti masih banyak guru-guru yang mengajar terutama pada Satuan PAUD yang tidak linier dengan disiplin ilmunya dan belum berkualifikasi S1/D4, serta masih banyak guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Untuk itu kami sangat membutuhkan peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan/Perguruan Tinggi yang dapat melakukan bimbingan ataupun pendampingan," lanjut Bupati Adipati.

Menyadari bahwa upaya untuk mewujudkan keinginan tersebut terutama dalam mengembangkan IKM/UMKM serta kemajuan pendidikan tidak bisa dijalankan sendiri oleh Pemkab Way Kanan, untuk itu dilakukan Kunjungan Kerja dalam Rangka Penandatanganan MoU DAN Diskusi Peluang Implementasi Kerjasama Antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan Universitas Negeri Yogyakarta Tentang Program Pendampingan IKM/UMKM Kabupaten Way Kanan di Yogyakarta, Pungkasnya.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)

Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon Tapsel
Daerah | Kamis 30 Mei 2024, 04:29 WIB
Sekda Rohul Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2024
Rokan Hulu | Kamis 30 Mei 2024, 04:26 WIB
Wabup Rohul Indra Gunawan Hadiri Farewell Party SDN 002 Ujungbatu
Rokan Hulu | Kamis 30 Mei 2024, 04:22 WIB
Negara Dirugikan Rp 300 Triliun Perkara Persekongkolan PT Timah TBK
Daerah | Kamis 30 Mei 2024, 04:20 WIB
H Sukiman Calon Potensial Pilgub Riau 2024
Rokan Hulu | Kamis 30 Mei 2024, 04:16 WIB
Pemdes Bandan Hurip Salurkan BLT-DD Bulan Juni Dan Juli TA 2024 Kepada 22 KPM
Siaga Lampung | Kamis 30 Mei 2024, 03:36 WIB



Komentar Anda :

 
Berita Terkini Indeks
#1 Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Kunjungi Desa Sorimanaon Tapsel
#2 Sekda Rohul Hadiri Penilaian Kinerja Penurunan Stunting 2024
#3 Wabup Rohul Indra Gunawan Hadiri Farewell Party SDN 002 Ujungbatu
#4 Negara Dirugikan Rp 300 Triliun Perkara Persekongkolan PT Timah TBK
#5 H Sukiman Calon Potensial Pilgub Riau 2024
#6 Pemdes Bandan Hurip Salurkan BLT-DD Bulan Juni Dan Juli TA 2024 Kepada 22 KPM
#7 Upacara Penyambutan dan Penerimaan Bintara Remaja di Polres Padangsidimpuan
#8 Bupati Lamsel Menerima Audiensi EGM Angkasa Pura II Bandara Radin Inten II
#9 Jadi Tujuan Utama Wisata, Lampung Selatan Target 1 Juta Wisatawan di 2024
#10 Jembatan Jl Poros Kecamatan Sragi Ambrol, Truck Dilarang Melintas Dan Lalin Dialihkan
 


 
 

Siagaonline.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya


 
Quick Links
 
+ Home
+ Redaksi
+ Disclaimer
+ Pedoman Berita Siber
+ Tentang Kami
+ Info Iklan
 
Kanal
 
+ Nasional
+ Daerah
+ Kota
+ Internasional
+ Politik
+ Ekonomi
+ Hukrim
+ Olahraga
+ Indeks
 

Alamat Redaksi/TU

 
Jalan Sekuntum No.26 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru-Riau 28285
Telpon: 0852-6599-8456

Email:
red_siagaonlinepku@yahoo.com
Website:
www.siagaonline.com
 
Copyright © 2023 Siagaonline.com, all rights reserved