Jum'at, 17 Juli 2020
Follow:  
 
Bupati Kabupaten Kuantan Singingi H Mursini Hadiri Rapat Paripurna DPRD Agenda LKPJ
Selasa, 30-06-2020 - 15:35:23 WIB

SiagaOnline.com, Taluk Kuantan - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Drs H. Mursini MSi langsung menghadiri rapat paripurna DPRD di ruang rapat paripurna, Senin (29/6/2020).

Adapun agenda rapat pandangan Umum Faksi-Faksi DPRD Kuantan Singingi terhadap keterangan Laporan pertanggung jawaban Bupati tahun 2019 juga tetap memakai protokol kesehatan  dengan mengecek suhu tubuh, memakai masker, dan jaga jarak sebelum memasuki ruang rapat agar terhindar dari wabah virus covid-19 yang saat ini Kuansing sudah ada pasien positif sebanyak 6 orang .

"Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil l Zulhendri melaporkan dari 35 anggota yang hadir sebanyak 27 orang tidak hadir 8 orang dalam arahannya mengatakan seperti kita ketahui bersama pada tanggal 2 Juni yang lalu telah menyampaikan LKPJ dari pemerintah ke DPRD, keterlambatan dari pembahasan dari komisi diakibatkan dengan ada situasi yang saat ini dan keterbatasan dan juga kurangnya dari dinas yang kurang koorperatif dalam pembahasan LKPJ dan banyaknya temuan yang tidak sesuai ketika Komisi turun kelapangan," sebut Zulhendri.

Para penyampai Faksi dari golkar mengatakan Hendri Yubet berdasarkan hering beberapa hari yang lalu dan dari fraksi golkar menyimpulkan beberapa hal diantaranya pemerintah harus meningkatkan pengawasan secara efektif dan efesien terbukti banyaknya pekerjaan yang tidak sesuai dan disinyalir pengerjaanya asal-asalan tahun 2019 sehingga masyarakat tidak bisa menikmati pembangunan seperti pembangunan embung di Desa Giri Sako yang sudah diangarkan dan sudah ditetapkan pembangunannya, namun sampai saat ini tidak selesai dan diminta kepada dinas terkait agar mengevaluasi iegiatan pekerjaan tersebut  kepada Dinas PUPRb dan Inspetorat agar turun kelapangan dan mengukur ruas Jalan Teluk Pauh yang dikerjakan tahun lalu dan tidak sesuai dengan situasi pengerjaanya.

Kemudian Fraksi Golkar juga menyayangkan ketidak terurusanya Balai Benih Ikan Teso yang semakin hari semakin memprihatinkan, bangunannya yang rusak atapnya pada bolong serta lantainya yang sudah pecah, padahal ini kerupakan pendapatan Asli Daerah dari sektit pertanian, untuk menjaga yang sudah ada saja pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi tidak mampu apalagi pembangunan yang baru, oleh sebab itu diminta kepada pemerintah agar mengangarkan kembali sarana dan prasarana pada BBI tahun 2021 mendatang.

Kemudian meminta kepada Dinas Perikanan agar memperbaiki alat berat Ekscapator   yang mengalami kerusakan dari tahun 2018, jika dibiarkan semakin parah. Untuk Dinas BPKAD agar mendata kembali aset daerah seperti kebun karet milik pemerintah daerah Kabupaten Kuantan Singingi yang semakin hari semakin berkurang jumlah ukurannya yang sebelumnya keseluruhan 100 hektar dan pada tahun 2016 tinggal 92.7 hektar saja," tutup Hendri Yubet.

Fraksi Nasdem Jhonson Sihombing sangat menyayangkan adanya status di media sosial tentang pertarungan yang terjadi antara mantan bupati Dua priode H. Sukarmis dan Wakil Bupati Kuantan Singingi H. Halim yang seharusnya tidak ditampikan di media sosial seperti yang terjadi saat ini.

Fraksi PDI yang disampaikan oleh Surya Mandala Putra pandangan umum fraksi menyebutkan masukan dan saran dari fraksi PDIP sebagai berikut,

1. Sebagai peratur menteri dalam negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak  (KIA) harus memiliki Identitas Anak namun sosialisasi tudak dilaksanakan dengan baik sehingga timbul BERITA hoak bahwa keberadaan KIA untuk anak kasuk sekolah

2. Memaksimalkan kembali peranan kantor camat dan kantor desa dalam pengurusan identitas masyarakat seperti KTP, KK, Akte Kelahiran, Kia dan lain-lainya.

3. Melibatkan masyarakat dalam perencanaan pembangunan serta sosialisasi untuk proses pembangunan.

Fraksi PKB Agung Rahmat Hidayat dalam pandangan umumnya mengatakan menurut Undang-undang no 9tqhun 2015 serta laporan Kepala Daerah tentang penyelenggaraan penerintah daerah peraturan daerah Nomor 13 Tahun 2019 dalam pembahasan terhadap kinerja daerah merupakan hal penting terkait efesiensi serta melihat keberhasilan dan kegagalan Kepala Daerah dalam menjalankan tugasnya tahun lalu, masukan dan saran dari fraksi PKB sebagai berikut,

1. Terkair dengan PAD tahun 2019 sebanyak Rp 90 milyar lebih dan terealisasi 88% dwn menimbulkan berbagai pertanyaan sial permasalahanya sehibgga tidak tercapai target ataupun perencanaan dari awal yang salah.

2. Menghimbau kepada seluruh SKPD agar meningkatkan ekonomi serta tarap hidup masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi dengan regulasi yang tepat dengan anggaran dimanfaatkan semaksimal dan menyentuh ke masyarakat langsung.

3.Dalam peningkatan PAD fraksi PKB menghimbau kepada Pemerintah Daerah tidak saja mengandalakan APBD dan harus mampu menjemput bola yang bersumber dari APBN, selain itu pemerintah harus mengoptimalkan dan mengubah objek -objek wisata yang terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi untuk meningkatkan PAD.

4. Untuk kegiatan pelatihan pra jabatan yang dilaksanakan untuk eselon agar pemerintah daerah menyediakan  tempat di kabupaten kuantan Singingi tidak harus dari luar agar dapat menganggarkan.

5. Penerimaan tenaga honorer agar lebih transparan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan daerah.

6. Kegiatan yang tidak dilaksanakan di bagian umum sekda, dan OPD lainnya ini menunjukan belum sepenuhnya menerapkan pemerintahan yang efektif dan efesien.

Fraksi PKS Syahfril dalam pandangan umum fraksi mengatakan PAD tahun 2019 target Rp 89 milyar terealisasi 78 milyar atau 88% pencapai cukup bagus dan perlu peningkatan tahun-tahun berikutnya. Pencapaian  tersebut selain sumber dari PAD yang ada masih ada potensi sumber lain yang harus digali oleh Pemerintah Daerah.

Kemudian target pembangunan tahun 2019, 1 Triliyun lebih terealisasi 1,8 lebih atau 92%.dalam perimbangan dari bagi hasil pajak dan bukan pajak,dana alokasi umum, dana alokasi khusus sebesar 68%. Perlu langkah kongkrit untuk mendapatkan hasil maksimal pendapatan pajak daerah sehingga tahun 2020 dapat ditingkatkan lagi, mengakhiri pidato penyampaian pandangan di fraksi.

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Bupati Kabupaten Kuantan Singingi H Mursini Hadiri Rapat Paripurna DPRD Agenda LKPJ
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Pembangunan Jalan TMMD Reguler Banyumas Berat Namun Akan Selesai Karena Masyarakat
     
    ADVERTORIAL
    Di Purwakarta Covid-19 Bertambah Satu, Warga Terkonfirmasi Positif Menjadi Tujuh Orang
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    4 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    5 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    6 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    7 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 Heboh..., Oknum Kadis Terduga Mesum, Saudara Bupati Nias Barat
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved