Minggu, 05 Februari 2023
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Berantas Dugaan Korupsi Ketua LP-KPK Jatim Resmi Laporkan Kades Kedungrejo
Rabu, 25-01-2023 - 16:34:26 WIB

TERKAIT:
   
 

Siagaonline com, Malang - Berawal dari Surat permohonan klarifikasi yang di kirimkan oleh anggota LP-KPK Komisi Daerah  Jawa Timur (D.suryanto)  yang ditujukan ke Pemdes atau Kepala desa (H.lukman), kades  kedungrejo kecamatan pakis kab.Malang, yang mana isi surat  permohonan tersebut bertujuan untuk klarifikasi dari hasil kontrol sosial kemasyarakat kedungrejo terkait dengan tatakelola desa kedungrejo yang diduga kurang transparan.
Rabu 25 Januari 2023.

sesuai dengan TUPOKSI lembaga LP-KPK dan AD  ART yang tertuang di dalamnya. Salah satunya adalah, LP-KPK Merupakan lembaga kontrol Sosial yang Pro dengan pemerintah, Namun harus tetap kritis pemerintah.

surat permohonan klarifikasi  dari LP-KPK sendiri beberapa Minggu lalu yang dikirimkan kepada pemerintah desa atau Kades Kedung Rejo malah sama sekali tidak dihiraukan dan terkesan disepelekan oleh kades setempat.

Dalam menanggapi hal tersebut, kali ini (Heri Susanto, SE.MM) Selaku ketua LP-KPK komisi daerah jawa timur angkat bicara,

"Kami dari LP-KPK KOMDA JATIM, yang bertujuan mewujudkan sebuah LEMBAGA mitra komunikasi kebangsaan Di tingkat nasional, dalam mendorong integrasi komunikasi kerakyatan dalam mengkritisi pembangunan di berbagai aspek guna mencapai tata kelola yang bersih Dan transparan," terang ketua LP-KPK  keawak media siagaonline.com.

"Sesuai TUPOKSI Lembaga LP-KPK, antara lain adalah, ikut dalam  mengawasi jalanya perintahan sesuai AD Dan ARTnya yaitu mengenai korupsi, KKN, Nepotisme
yang  dilakukan oleh pejabat publik maupun swasta nakal," lanjut H.Susanto.

"Dalam tugasnya, LP-KPK bermitra dengan TNI POLRI, KEJAKSAAN, Dan KPK, Termasuk kali ini,  dengan adanya temuan yang didapati oleh salah satu anggota kami dari LP-KPK Komda jatim, terkait dengan adanya Dugaan korupsi dari  Penghasilan tanah kas desa, dan juga hasil iuran Atau  retribusi pasar sayur yang dilakukan oleh kades Kedungrejo, kini kita telah mengirim Pengaduan atau laporan secara resmi ke kejaksaan negeri kabupaten Malang untuk segera menindak lanjuti dan mengusut tuntas soal Dugaan korupsi Diatas,  dan jika terbukti  ditemukan suatu penyimpangan hukum, Kami selaku mitra pemerintah, namun harus tetap kritis pemerintah, meminta dengan tegas supaya pihak kejaksaan negeri kabupaten Malang untuk segera memproses lebih lanjut sesuai dengan Undang-Undang pidana yang berlaku," tegasnya.

" pengaduan atau laporan kami antara lain adalah soal tidak adanya keterbukaan informasi publik Di desa Kedungrejo  Terkait dengan PAD Atau pendapatan asli desa yang bersumber dari hasil tanah kas desa dan juga iuran atau retribusi pasar sayur yang selama ini diduga masuk kekantong pribadi kepala desa , Dan kini pengaduan atau laporan yang kami kirimkan sudah diterima oleh pihak kejaksaan negeri kabupaten Malang," Tandas Ketua LP-KPK diahir wawancaranya.

Ditambahkan pula oleh D. Suryanto jika selama ini  Pemerintahan desa atau kades kedungrejo sendiri terkesan kurang terbuka dalam memberikan pelayanan informasi Baik kepublik maupun masyarakat setempat berkaitan dengan pemanfaatan hasil Tanah kas desa Dan juga penghasilan retribusi Pasar sayur, dan kini  persoalan tersebut sudah sepenuhnya  di pelajari oleh pihak kejaksaan negeri kabupaten Malang ," tambah D. Suryanto sembari menunjukan bukti  tanda terima pengaduan atau laporan dari kejaksaan negeri Malang.

"Memang hasil dari TKD atau Tanah kas desa yang semestinya menjadi Sumber PAD, Diduga selama ini  tidak jelas Pemanfatanya. Termasuk Salah satu Tanah kas desa yang sebelumya telah di jadikan sebagai  FASUM lapangan  bola dan Di pergunakan oleh masyarakat setempat guna melakukan aktifitas olah raga, Numun setelah kurang lebih hampir satu tahun menjabat sebagai kepala desa, Lapangan bola tersebut Diduga telah  diambil alih oleh kades Lukman dan di jadikan sebagai lahan garap untuk di kelola secara pribadi, termasuk dengan pendapatan dari hasil retribusi pasar sayur sebesar kurang lebih Rp 100 000, 00 per hari yang Diduga telah masuk kekantong pribadi kepala desa Kedung Rejo, yang mana hasil retribusi tersebut seharusnya juga merupakan Sumber penghasilan yang menjadi salah satu PAD Kedungrejo," Pungkasnya.

Terpisah, H.lukman selaku  kepala desa kedung rejo sendiri terkesan masih enggan untuk di wawancarai oleh awak media siagaonline.com, hanya sedikit memberi keterangan jika dirinya saat ini masih sibuk,
" saya di kantor desa dan masih sibuk" jawab kades singkat  via seluler meskipun saat itu awak media Siagaonline.com juga berada di kantor desa Kedungrejo, namun kades sendiri terkesan enggan untuk menemui.

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Berantas Dugaan Korupsi Ketua LP-KPK Jatim Resmi Laporkan Kades Kedungrejo
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Masrul Gusti Terpilih Jadi Ketua PWI Rohil
     
    ADVERTORIAL
    Guna Mendengar Keluhan Masyarakat, Kapolres Dharmaraya Kembali Gelar Curhat Kamtibmas
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved