Senin, 16 Mei 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Melirik Aturan Menabung Tahunan Masyarakat Balakka Sipunggur Ala Mak Rimbang
Selasa, 12-04-2022 - 10:35:11 WIB

SiagaOnline.Com, Padang Sidempuan - Untuk  ikut menabung tahunan Lebaran kepada Mak Rimbang ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi para nasabahnya.

Diceritakan Sariani Harahap, salah satu dari sekian orang satu kampung yang menjadi " mangsa" Tabungan Lebaran Ala Mak Rimbang, Dusun II Balakka Sipunggur Desa Batang Bahal Kecamatan Padang Sidimpuan Batunadua, Kota Padang Sidempuan mengungkapkan adapun aturan bunga tabungan lebaran dan lainnya sebagian nasabah ada tertulis di halaman depan buku tabungan.

Sejumlah aturan yang diperlihatkan kepada siagaonline.com menyebutkan bunga tabungan sebesar 5 % ( persen), sekali seminggu wajib menabung walaupun Rp.5000, adapun pengambilan awal bulan 6 dan bagi yang mengambil sebelum bulan 6, potong 10 % (persen).

Sepertinya masyarakat Dusun II Balakka Sipunggur yang terdampak " mulut manis" Mak Rimbang ini seakan menyepakati aturan yang diberlakukannya, terlihat dari kegiatan Tabungan Lebaran sudah berlangsung sekitar 4 tahunan.

Sariani Harahap mengatakan tidak pernah memiliki rasa curiga kepada Emak Rimbang sebab ia sudah menjadi warga selama 10 tahun dan selama ini pergaulannya baik - baik saja dengan masyarakat.

" Selama 3 ( empat) belakangan ini dia buat tabungan simpan - pinjam lebaran tidak ada masalah dan baru kali ini ditipu dan kabur." Ujar Sariani.

Korban lainnya dari modus Tabungan Lebaran ala Mak Rimbang yakni  Kakek Nasib (80 Tahun). Kakek Nasib kesehariannya bekerja menderes getah akhirnya merasa shock yang luar biasa setelah mendengar kabar kaburnya Mak Rimbang bersama barang - barang perabotan rumahnya.

Kakek Nasib sendiri ternyata telah menabung  kepada Mak Rimbang dengan angka simpanan sebesar Rp 10.300.000,-

Kini pupus sudah impian Kakek Nasib untuk menerima hasil tabungannya di jelang Lebaran Idul Fitri 1443 H ini. Padahal uang hasil tabungan itu akan dipergunakan untuk biaya kebutuhan lebaran dan lainnya.

" Bantu kami pak, tabungan saya sudah ada 10 juta sama Emak Rimbang dia kabur kami satu kampung dilarikan dia uangnya," ungkap Kakek Nasib.

Hingga hari ini duka mendalam masih menyelimuti para nasabah yang ditinggal pergi oleh Mak Rimbang

Tidak begitu banyak Pemangku kepentingan yang berempati melihat kondisi masyarakat Dusun II Balakka Sipunggur ini. Padahal kejadian yang begitu tragis ini terjadi di bulan Suci Ramadhan 1443 H bulan penuh berkah, penuh ampunan dan dilipatgandakan segala amal ibadah.

Salah satu yang memperlihatkan kepeduliannya atas nasib yang dirasakan masyarakat Batang Bahal Padang Sidempuan ini adalah Iswandi Arisandy salah satu Anggota DPRD Kota Padang Sidempuan dari Fraksi PAN yang menyambangi warga, menghibur dan menawarkan kesiapannya bersama tim Pengacara untuk mengadvokasi kasus tersebut ke pihak kepolisian jika dibutuhkan.

" Bila para korban sepakat menempuh jalan hukum, saya akan mencoba menemui Kapolres Padang Sidempuan untuk menerangkan maksud dan tujuannya" ujar Anggota DPRD yang biasa dipanggil Andi.

Pengacara Adnan Buyung Lubis dan Tri Setyo Muhammad Fuadi,SH dan Sukri Hamonangan Dalimunthe.SH yang ikut bersama Andi pada kesempatannya mencoba menemukan celah pidana yang berpotensi kuat melanggar pasal KUHP.

Dari sesi wawancara yang dilakukan, Adnan bersama rekannya menduga kuat kasus yang terjadi menimpa korban adalah Penggelapan Tabungan Lebaran milik masyarakat atau nasabah Mak Rimbang.

Hingga berita ini ditayangkan, siagaonline.com belum berhasil meminta wawancara dari Mak Rimbang atau Sudiyah (47 tahun)  bersuamikan Leonard Sitinjak dikarenakan seperti yang diutarakan warga Balakka Sipungur mereka, kabur dan belum berada di kediamannya.(Amils)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Melirik Aturan Menabung Tahunan Masyarakat Balakka Sipunggur Ala Mak Rimbang
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Kades Belung: Kita Manfaatkan DD ADD Sebaik Mungkin drmi Pembangunandan Kemakmuran Rakyat
     
    ADVERTORIAL
    Kapolres Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved