Sabtu, 02 Juli 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Diskominfo Asahan Gelar Bimbingan Teknis Pendokumentasian Kegiatan Melalui Fotografi dan Videografi
Jumat, 18-03-2022 - 01:58:08 WIB
Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, SIP, MSi membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis pendokumentasian kegiatan Pemerintah Daerah melalui fotografi dan videografi tahun 2022.
TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Asahan - Bupati Asahan diwakili Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, SIP, MSi membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis pendokumentasian kegiatan Pemerintah Daerah melalui fotografi dan videografi tahun 2022, bertempat di Aula SKB Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Kamis (17/03/2022).

Hadir dalam acara pembukaan bimtek tersebut, narasumber dari Ketua harian Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Pusat, Fajar Saputra Ginting, S.E., Pengurus Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Sumatera, Falti Siregar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Syamsuddin, S.H., M.M., dan Kabid komunikasi media cetak dan elektronik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Arbin Ariadi Tanjung, S.E.

Sementara itu, Bupati Asahan yang diwakili Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, SIP, MSi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa saat ini memperoleh informasi merupakan hak asasi setiap manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Pemberlakuan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi di Indonesia, begitu juga di Kabupaten Asahan.

Saat ini salah satu cara untuk menyebarluaskan informasi yang dianggap cukup menarik adalah melalui media foto dan video. Maraknya media sosial menjadi salah satu bentuk kebangkitan kembali dunia fotografi dan videografi.

"Dengan adanya media sosial yang bervariasi bisa mengakomodasi foto dan video sebagai media informasi, promosi, dokumentasi bahkan bisnis. Karenanya kemampuan di bidang fotografi dan karena dibutuhkan semakin menjadi videografi merupakan alat yang dapat digunakan sebagai media berekspresi,” tegas Buwono.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Syamsuddin, S.H., M.M., menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis pendokumentasian kegiatan pemerintah daerah melalui fotografi dan videografi tahun 2022 ini.

Karena dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap SDM yang memiliki kompetensi di bidang fotografi dan videografi yang mumpuni untuk mendukung penyebarluasan informasi, dokumentasi dan promosi daerah.

Hal tersebut juga didukung dengan program rencana aksi Pemerintah Kabupaten Asahan yang dicetuskan oleh Bupati Asahan untuk meningkatkan kualitas Sumber daya aparatur Pemerintah.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, dan peserta kegiatan ini berjumlah 60 (enam puluh) orang yang terdiri dari perwakilan dari setiap OPD dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan,” tegas Syamsuddin.

Terlebih penyajian informasi secara visual besar dalam pembentukan opini publik Berperan sehingga fotografi dan videografi dapat berperan dan bertanggung jawab dalam pembentukan masyarakat yang ideal.

Sementara Fotografi dan videografi juga memiliki peran yang cukup besar dalam menunjang fungsi publik relations atau kehumasan.

Untuk itu, setiap OPD membutuhkan Aparatur yang memiliki skill dan pemahaman yang lebih di bidang fotografi dan videografi yang berperan dalam menyampaikan informasi tentang OPD terkait kepada masyarakat secara akurat dan menarik.

"Akan tetapi dari beberapa kelebihan fotografi tersebut, dapat menjadi bumerang bagi pengunggah foto atau video, bila foto atau video yang dihasilkan tidak baik, maka pesan yang disampaikan akan memiliki penafsiran yang berbeda bagi masyarakat yang melihat,” lanjut Buwono.

Pemerintah Kabupaten Asahan juga berharap melalui kegiatan Bimtek ini, dapat menjadi salah satu upaya pengembangan kualitas fotografi dan videografi peserta dari setiap OPD yang mengikuti.

Ia juga berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan penyebarluasan informasi, dokumentasi dan promosi di OPD tempat saudara bertugas.

"Saya juga ingin menyampaikan selamat dan sukses kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan yang telah melaksanakan kegiatan bimtek hari ini. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan dengan inovasi dan kreasi yang terus mengikuti perkembangan zaman demi mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter,” harap Buwono. (ril)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Diskominfo Asahan Gelar Bimbingan Teknis Pendokumentasian Kegiatan Melalui Fotografi dan Videografi
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Turnamen Badminton Kundur Cup Resmi Ditutup Kapolsek Kundur
     
    ADVERTORIAL
    Bencana Alam Tanah Longsor Menutupi Jalan Umum Malalak
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved