Sabtu, 01 Oktober 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Pengajian Akbar Dan Wayang Kulit Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah
Minggu, 14-08-2022 - 20:15:21 WIB
Kades Giyanto bersama Sekcam Sragi, Sumari dan tokoh agama serta tokoh masyarakat saat mendengarkan tausyiah di Pengajian Akbar Desa Sukapura Kec. Sragi.
TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Lamsel - Pemerintah Desa Sukapura Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan menggelar pengajian akbar dan pertunjukan wayang kulit dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam atau bulan Muharram 1444 Hijriah dan sekaligus memperingati bulan Suro. Dengan tema " Bersama Menjalin Harmoni Dalam Keberagaman Dengan Ukhuwah Islamiyah Dan Bhineka Tunggal Ika " dengan mengundang penceramah Ustadz Supendi Sahid, S.Pd.I.

Acar rutin yang sempat fakum dua tahun karena pandemi Covid-19 kembali dihelat di area lapangan bekas gudang Bulog di Dusun Suka Mukti RT. 01 RW.03 Desa Sukapura, Minggu (14/08/2022) sore yang dihadiri oleh Kepala Desa Sukapura Giyanto beserta jajaran, Ketua Panitia Jatmiko beserta anggota, Sekcam Sragi Sumari, Ketua BPD Desa Sukapura Resmiyati, SE, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan seluruh masyarakat Desa Sukapura.

Panitia acara Jatmiko dalam laporannya menyampaikan pengajian akbar ini adalah rangkaian kegiatan peringatan bulan muharram 1444 Hijriyah atau dalam bahasa Jawanya bulan suro sekaligus peringatan HUT RI ke-77 dan diakhiri  pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang merupakan acara puncak dari aneka rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada momentum tahunan saat ini.
 
“Sebelumnya, rangkaian acara yang pertama dilaksanakan pada Minggu pagi (14/08/2022) dengan menggelar ruwatan atau doa tolak bala dan sore ini dilanjutkan dengan pengajian akbar. Dan nanti malam pertunjukan wayang kulit dari sanggar Mustika Buana dengan Dalangnya Ki Supardi Romo Putro yang berasal dari Ambarawa Pringsewu ,” jelas Jatmiko dalam laporannya.
 
Selanjutnya, kata dia, selaku panitia  mengundang semua masyarakat, baik secara tertulis maupun tidak tertulis, agar agar bisa menghadiri rangkaian puncak kegiatan ini, pukul 20.00 WIB, yakni pagelaran wayang kulit semalam suntuk," harapnya.
 
Sementara dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa (Kades) Sukapura, Giyanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas partisipasinya dalam mendukung, mendorong sehingga terlaksananya kegiatan. Tampa adanya kerjasama dengan seluruh elemen yang ada di Desa Sukapura, mungkin tak akan terselenggara dengan semegah ini.
 
“Mudah-mudahan dengan adanya acara ini, bisa menjadi acuan kedepan. Agar acara kedepannya lebih baik lagi, lebih kompak lagi. Karena tampa adanya kerjasama, maka kita tidak bisa membangun dalam segala bidang. Sebab di desa kita banyak perbedaan, tetapi perbedaan tersebut jangan dibuat untuk perpecahan. Karena perbedaan itu warna kehidupan sehingga hidup lebih berwarna dalam menjalin kerukunan dan persatuan," kata Kades Giyanto.

Masih dikatakan Kades Giyanto, bahwa dirinya menjabat Kepala desa baru seumur jagung (8 bulan). Artinya butuh bimbingan dan arahan dari tokoh-tokoh masyarakat, agar bisa menjalankan roda pemerintahan dalam membangun Desa Sukapura lebih baik dan maju serta masyarakatnya sejahtera.
 
"Alhamdulillah, rangkaian demi rangkaian acara memperingati tahun baru islam / Muharram 1444 Hijriyah atau dalam bahasa Jawa Suroan telah terlaksana, yakni tadi pagi menggelar ruwatan. Mudah-mudahan Desa Sukapura dijauhkan dari bala, bencana dan selalu dirahmati oleh Allah SWT. Serta diharapkan seluruh warga nanti malam, bisa hadir," sambungnya. 
 
Menurut Kades Giyanto menonton pertunjukan wayang adalah sebagai tauladan dalam perilaku sehari-hari. Supaya masyarakat bisa menerapkan sifat yang baik dan meninggalkan sifat yang buruk, agar hidupnya tentram dan selamat. Dan sebagai upaya pelestarian tradisi dan kearifan lokal," tutupnya.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan tausyiah dari Ustadz Supendi Sahid, S.Pd.I dengan menerangkan amalan-amalan di bulan Muharram. Dari pantauan di lokasi, kegiatan sangat meriah dan megah. Di dukung dengan tenda yang panjang dan lebar, lalu ditambah lokasi yang luas dan parkiran yang luas juga. Sehingga masyarakat leluasa ketika menonton pertunjukan nanti malam. (Alfian)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Pengajian Akbar Dan Wayang Kulit Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bupati karimun Dr H Aunur Rafiq Menghadiri Acara Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial E
     
    ADVERTORIAL
    Jalin Silaturahmi Dengan Akademisi, Bupati Nanang ke Kampus STAI YASBA Ajak Mahasiswa Diskusi Terbuk
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved