Sabtu, 25 09 2021
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Pemdes Ruguk Gelar Musdes Penyusunan RKPDes Tahun 2022
Rabu, 15-09-2021 - 15:32:02 WIB
Pemerintah Desa (Pemdes) Ruguk bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, menggelar Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2022

SiagaOnline.com, Lamsel - Pemerintah Desa (Pemdes) Ruguk bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, menggelar Musyawarah Desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2022, Rabu (15/09/2021).

Kegiatan yang digelar di Aula Balai Desa Ruguk tersebut dihadiri Ketua BPD, Kr. Mukhsin,  Kepala Desa Ruguk, Saiful, SE, beserta jajarannya, LPM, Perawat Desa Ruguk, dan perwakilan masyarakat. Selain itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut, pendamping Desa, dan undangan lainnya. Musyawarah dipimpin Kepala Desa (Jaro) Ruguk, Saiful, SE.

Dalam sambutannya ia mengungkapkan dasar hukum pelaksanaan Musyawarah Desa. Kepala Desa (Jaro) Saiful, saat memimpin dan membuka Musyawarah Desa Penyusunan RKP Desa Tahun 2022 di Aula Balai Desa Ruguk, mengajak seluruh Kepala Dusun 01 sampai Kepala Dusun 13 untuk menyampaikan usulan yang menjadi prioritas diwilayahnya masing-masing. Demi membangun Desa Ruguk dan segala usulan nantinya akan disampaikan saat Musrebangdes.

"Saya berharap kita bersependapat dalam musyawarah desa ini, memang prioritas tahun kemaren kita rabat beton. Berhubung disituasi pandemi, kita harus memaksimalkan serta seefesien mungkin menggunakan Dana Desa (DD) ini. Sehingga efektif dan lebih banyak tersentuh pembangunannya. Wacana saya,  yang sudah berembuk dengan Ketua BPD, sekiranya ada jalan yang awalnya dirabat beton, nanti kita kaji ulang untuk di paving block aja. Tentu tidak mengurangi kwalitas kekuatannya. "Artinya kalau jalannya dilewati mobil kita memakai paving K225 atau jalan setapak dan  dilewati motor bisa memakai K175. Hal tersebut meminimalisir dana yang kita kucurkan, sehingga hasilnya lebih banyak yang tersentuh," katanya.

Lebih lanjut Saiful memaparkan, kalau dulu kita hajar rabat beton aja, tetapi saat ini kita disituasi pandemi harus cermat untuk membagi dananya.  Memang betul rabat beton itu masanya panjang, tetapi situasi pandemi begini kita dituntut se-efesien mungkin. Sedikit tetapi berbagi dengan pos yang lain, itu harapan saya," tuturnya. Nanti kita musyawarahkan, contoh di Dusun Ruguk Dalam, prioritasnya rabat beton, cuma biaya rabat beton itu anggarannya besar. Tetapi kalau kita paving anggarannya tentu berkurang tetapi tidak mengurangi kwalitas kalau nanti kita sepakat, memakai kwalitas kekuatan berapa? Atau kita memberdayakan warga sekitar untuk membuat paving block dengan kwalitas bagus sebagai upaya pemberdayaan untuk membuka lapangan pekerjaan.

"Kalau kita buat sendiri, tentu dari kwalitas pasti kita utamakan. Tetapi kalau kita beli dari toko, tentu yang diutamakan penjualnya adalah keuntungan. Kalau kita sepakat nanti kita cari jalan untuk pemberdayaan dengan warga kita dengan kwalitas kita pantau dan berkoordinasi dengan TPK, Pendamping desa dan Tenaga Ahli. Sehingga kwalitas terjamin," imbuhnya.

Lanjut Kepala Desa Ruguk (Jaro) Saiful, SE, menyampaikan prioritas di tahun 2022 mendatang adalah prioritas di Tahun 2020 yang tertunda. Maka hari ini kita bermusyawarah untuk kita tentukan dan hasilkan keputusan bersama. Hasil keputusan bersama nanti kita bawa ke Musrembangdes yang jadwalnya ditentukan oleh pihak kecamatan," ujar Jaro Saiful.

Senada yang disampaikan Jaro Saiful, Ketua BPD Desa Ruguk, Kr. Mukhsin sangat sependapat dan setuju. Karena dimasa pandemi saat ini, kita harus meluruskan pandangan masyarakat. Mudah-mudahan apa yang diusulkan semua Kadus melalui musyawarah desa, bisa terealisasi tahun depan. Kita wajib antisipasi takut Dana Desa ini tidak turun lagi. Maka pembangunan pasti terhenti. Maka apa yang disampaikan oleh Pak Jaro tadi sangat bagus, sebagai meminimalisir anggaran serta pembangunan lebih banyak lagi," terang Kr. Mukhsin.

Pada kesempatan tersebut Pendamping Lokal Desa, Dona mengatakan Musyawara RKPDes ini sebagai pedoman desa untuk menyusun RAPBDes. Tim Verifikasi RKPDes ada 11 orang, Pembinanya adalah Kepala Desa, Ketua adalah Sekretaris Desa, Wakilnya dari LPM dan anggotanya dari aparatur desa. Serta tidak lupa 30% perwakilan perempuan. Dan prioritas Tahun 2022 masih BLT-DD tetap berlanjut, lalu penanganan Stunting, Bumdes yang wajib juga dianggarkan," terang Dona selaku Pendamping.

Kemudian dilanjutkan  dengan pembentukan Tim Penyusun RKP Desa dan Tim Verifikasi dan diikuti penandatanganan berita acara. Kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dipenghujung acara, membacakan keputusan hasil musyawarah, prioritas pembangunan yang diusulkan oleh 13 Kadus yang layak digodok oleh tim verifikasi dan semua usulan Kadus tidak semua dianggarkan karena melihat pagu anggaran Tahun 2022 mendatang. (Alfian)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Pemdes Ruguk Gelar Musdes Penyusunan RKPDes Tahun 2022
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Dansatgas, Komsos Dengan Tokoh Agama Agar Tercipta Suasana Yang Kondusif
     
    ADVERTORIAL
    Wabup Husni Merza Salurkan Bantuan Kebakaran
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    9 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved