Rabu, 10 08 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Bintan Terhadap 2 Ranperda Kabupaten Bintan
Kamis, 10-03-2022 - 11:06:24 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Bintan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan  menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Hari jadi Kabupaten Bintan dan  penyelenggaraan penanggulangan bencana, rapat digelar di Balai ruang sidang gedung DPRD Bintan, Bintan Bunyu, Rabu (9/3/22).

Hadir dalam acara, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wakil ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti, para fraksi anggota DPRD Bintan serta OPD yang ada di pemerintah Kabupaten Bintan.

Rapat dipimpin, Wakil ketua I DPRD Bintan Fiven Sumati, dalam penyampaiannya mengatakan, dalam rangka Penyampaian rancangan peraturan daerah tentang Hari jadi  kabupaten Bintan dan Penyelenggaraan penanggulangan bencana dikabupaten Bintan.


"Dengan inj, berdasarkan peraturan DPRD kabupten Bintan" tentang tata tertib DPRD Kabupaten Bintan nomor 1 tahun 2019, atas peraturan DPRD nomor 26 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD Bintan, pasal 99, yang dikatakan  rapat paripurna merupakan  rapat forum tertinggi anggota DPRD, yang dipimpin oleh ketua atau wakil ketua DPRD. Sesuai data yang hadir 20 orang dan yang nihil 5 orang. Maka rapat inj sudah memenuhi forum dan dibuka untuk umum," kata Fiven , saat Membuka sidang.

Dikatakan Fiven, Kabupaten Bintan adalah Kabupaten Kepulauan Riau penetapan hari jadi kabupaten Bintan pada tanggal 1 Desember 1948, bertujuan memberikan semangat bagi pemerintah serta masyarakat dan memberikan motivasi bagi pemerintah daerah guna memantapkan jati diri kedaerahan dalam mengemban aspek sosial, ekonomi, budaya, kelautan dan pariwisata.

Kemudian  Fiven menjelaskan, tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana alam adalah tanggungjawab pemerintah daerah, hal ini berdasarkan pasal 5 yang menyatakan,"pemerintah dan pemerintah daerah menjadi penanggungjawab terhadap penyelenggaraan bencana alam. yang mana letak wilayah kabupaten Bintan terletak pada Geografis dan rawan bencana karena kedekatanya di samudra Hindia".

Dalam penyampainya, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, membacakan 2 rancangan peraturan daerah tentang hari jadi kabupaten Bintan dan tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana alam.

Roby, menjelaskan terhadap penetapan Hari jadi kabupaten bintan dilatarbelakangi beberapa hal diantaranya, kabupaten Bintan dulu Kabupaten Kepulauan Riau dan diubah berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 5 Tahun 2006, menjadikan nama Kabupaten Kepulauan Riau menjadi Kabupaten Provinsi kepulauan Riau.

Kemudian terhadap Ranperda, penyelenggaraan penanggulangan Bencana, Roby menjelaskan, agar hal inj mendapat kepastian hukum terhadap penyelenggaraan penanggulangan bencana alam, kerana  kabupaten Bintan rawan akan bencana alam seperti banjir, angin.

Menurut Roby, kedua Ranperda inj bertujuan memberikan kepastian hukum serta menjadikan semangat bagi masyarakat .

Pandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap 2(dua) Ranperda  kabupaten Bintan:

Pandangan Dari fraksi Demokrat, menyetujui terhadap kedua ranperda kabupaten Bintan dan berharap inj menjadi suatu pedoman pemerintah kabupaten Bintan  dan dapat digendakan pada sidang tahunan.
 
Pandangan Fraksi Golongan karya, menyetujui terhadap kedua Ranperda kabupaten Bintan.

Pandangan dari fraksi partai Nasdem, menyambut baik dan menyetujui ke-dua Ranperda pemerintah kabupaten Bintan, agar segera ditindaklanjuti dan dibahas dalam rapat selanjutnya.

Pandangan Fraksi partai keadilan sejahtera menyetujui terhadap Ranperda, agar kedua Ranperda kabupaten Bintanbisa menjadi Perda . Dalam hal ini perlu adanya analisis terhadap peraturan dan perundangan baik vertikal maupun Horizontal agar tidak bertumpang tindih dengan peraturan yang lebih tinggi.

Pandangan dari Fraksi partai perjuangan hati nurani rakyat. Terhadap bencana alam agar melibatkan masyarakat, dan media, dan melakukan penganggaran  buat mendukung hal tersebut.

Menanggapi berdasarkan pandangan umum dari fraksi fraksi DPRD Bintan yang telah disampaikan didepan Forum sidang paripurna tadi, plt Bupati Bintan Roby Kurnaiwan, mengatakan, terkait Ranperda hari jadi kabupaten Bintan Roby berharap bisa ditetapkan menjadi hari jadi kabupaten Bintan, dengan ditetapkan nya hari jadi kabupaten inj, masyarakat kabupaten Bintan, akan memiliki rasa cinta dan menumbuhkan rasa setia pada daerahnya.

"Karena hari jadi suatu momentum pemersatu semangat,dan hal ini telah dilakukan pertemuan bersama adat melayu Bintan," kata Roby.
 
Kemudian hari jadi, dapat meningkatkan karya serta motivasi generasi pemuda daerah,seperti halnya  melakukan festival karya seni dan budaya pada daerah lain, ucapnya.

Kemudian terhadap Ranperda Penyelenggaraan penanggulangan bencana alam, Roby, menjelaskan,"pemerintah bertanggungjawab sebagai penyelenggara penanggulangan bencana alam dan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan sesuai dengan peraturan SOP, yang berpedoman  dari pengelolaan  yang telah diatur dalam penanganganan bencana dan terus melakukan koordinasi serta lakukan sosialisasi kepada semua pihak, baik pemerintah , masyarakat dan dunia usaha," ucap Roby.(ADV/muhammad zen)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Bintan Terhadap 2 Ranperda Kabupaten Bintan
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Pemdes Mandalasari Sukses Gelar Musdes Pembentukan Panitia Tim RKPdes TA 2023
     
    ADVERTORIAL
    Roby Lantik 28 Guru Dalam Penugasan Kepala Sekolah se Kabupaten Bintan
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved