Kamis, 17 Juni 2021
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Dinas Pertanian Natuna Galakkan Program DMB, Wujudkan Petani Mampu Mandiri
Kamis, 10-06-2021 - 14:23:03 WIB
Di Kabupaten Natuna program DMB yang akan digalakkan yaitu pembenihan padi. 

SiagaOnline.com, Natuna - Desa Mandiri Benih (DMB) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam akses kebutuhan benih bermutu di suatu wilayah. Sehingga, harapannya dengan adanya program kegiatan ini menjadikan petani mampu mandiri

Di Kabupaten Natuna sendiri program DMB yang akan digalakkan yaitu pembenihan padi. Dengan adanya program tersebut bisa berhasil dan kedepannya Kabupaten Natuna tidak lagi datangkan bibit padi dari luar. 

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, Marwan Sjah Putra, kepada media ini dikantornya, jln Batu Sisir Bukit Arai, Rabu (9/6/2021).

Marwan juga membeberkan rencana lokasi program DMB tersebut yaitu di Kecamatan Bunguran Batubi, dikarenakan lokasinya yang tepat. Untuk sementara luas lokasi yang akan digalakkan yaitu sekitar 12 hektar, dengan estimasi satu hektar lahan bisa menghasilkan 2,5 ton. 
"Tahun sebelumnya juga telah dibentuk Desa Mandiri benih, cuman mengalami kegagalan yang disebabkan belum mempunyai mesin Seed Cleaner untuk menghasilkan kualitas yang bagus sehingga kotoran gabah padi masih banyak dan hasilnya belum maksimal. Mudah-mudahan tahun ini kita akan merencanakan mengadakan mesin Seed Cleaner tersebut sebanyak 2 unit melalui program dari Provinsi," ungkap Marwan. 

Selain itu, Marwan juga mengungkapkan bahwa, selama ini mengalami kendala tidak maksimalnya hasil tanaman padi di kabupaten Natuna disebabkan kekurangan pupuk terutama pupuk subsidi bagi masyarakat, dan tahun ini mendapatkan pupuk subsidi sekitar 41 ton dan akan bagikan ke masyarakat petani dan juga berharap tahun ini dari APBD juga nanti ada pengadaan pupuk. 

"Untuk bantuan pupuk tersebut sementara tidak bisa diberikan keseluruhan kecamatan yang ada di Natuna hanya untuk Kecamatan yang berada di Bunguran Besar saja yang ada areal pertaniannya. Pupuk subsidi tersebut akan dibagikan melalui kelompok tani dengan persyaratan harus memiliki kartu Tani" terang Marwan. 

Marwan juga mengatakan, untuk mengantisipasi datangnya musim kemarau di Kabupaten Natuna, Dinas Pertanian juga berencana akan membangun sumber air sumur bor di areal pertanian, karena sementara ini tidak bisa mengharapkan dengan Embung yang sudah ada. 
   
Di lain tempat, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma menanggapi hal tersebut mengatakan bahwa, kegiatan ini diharapkan dapat mendukung pencapaian sasaran produksi dan sebagai salah satu upaya pemecahan masalah dari aspek perbenihan di Kabupaten Natuna. 
Diterangkannya bahwa, Program kegiatan DMB bertujuan untuk memberikan fasilitasi kepada kelompok tani, kelompok penangkar atau gabungan kelompok tani  dalam rangka meningkatkan kapasitas (Capacity Building) yang mampu memproduksi benih untuk memenuhi kebutuhan benih di Kabupaten Natuna. 

Hendra Kusuma menegaskan, dalam setiap program yang menyentuh masyarakat, akan selalu menjadi prioritas pemerintah daerah. Pemda selalu mendukung setiap program dari semua dinas, termasuk dinas Pertanian.

“Kita siap mendukung setiap program dari semua dinas terkait, karena pada prinsipnya setiap program dari dinas-dinas itu untuk kesejahteraan masyarakat, karena apapun program yang telah dibuat oleh dinas ialah mendukung visi – misi Bupati Natuna,” tegas Hendra.

Hendra Kusuma juga mengatakan melalui kegiatan DMB diharapkan akan tumbuh kembang petani penangkar yang mampu menyediakan benih untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Natuna. Disamping itu mereka dapat melakukan kemitraan produsen benih dengan pihak lain. 

"Satu hal yang paling penting ke depan adalah kemampuan pelaksanaan DMB untuk menjual produksi melalui pasar bebas (free market), sehingga tidak bergantung dengan program Pemerintah," pungkas Hendra. (Adv-Halim)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Dinas Pertanian Natuna Galakkan Program DMB, Wujudkan Petani Mampu Mandiri
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Media Menjadi Sarana Teror Oleh Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata
     
    ADVERTORIAL
    Naik Dari Tahun Lalu, Harga Lembu Kurban Tahun 2021 Ini Capai Rp 17 Juta
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    4 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved