Senin, 16 Mei 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Menaker Nyatakan Apresiasi Tim Tripartit Usai Bahas RUU Cipta Kerja Klaster
Senin, 03-08-2020 - 11:43:48 WIB

SiagaOnline.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan apresiasi terhadap Tim Tripartit yang telah bersama-sama menyelesaikan pembahasan RUU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan. Tim Tripartit yang terdiri dari unsur pengusaha, pekerja atau buruh, dan pemerintah disebut terus berdialog secara intens selama hampir sebulan belakangan.

"Seluruh masukan dari tim Tripartit ini akan dipergunakan sebagai rumusan penyempunaan dari Draft RUU Cipta Kerja yang telah disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hasil rumusan penyempurnaan ini akan segera disampaikan ke DPR," kata Ida dalam keterangan Biro Humas Kemnaker pada Minggu (2/8).

Ida menyebut Tim Tripartit dibentuk sebagai tindak lanjut pertemuan yang dihadiri seluruh pimpinan Kadin/Apindo dan pimpinan serikat pekerja/buruh pada 3 Juli silam. Selanjutnya, Tim Tripartit setidaknya mengadakan 9 pertemuan dalam kurun waktu 8-23 Juli 2020.

Menurut Ida, pembahasan dan dialog dalam pertemuan-pertemuan Tim Tripartit dilakukan dalam suasana penuh keakraban. Semua pihak sepakat untuk bersama-sama mendalami dan membahas substansi ketenagakerjaan yang diatur dalam RUU Cipta Kerja. Meski demikian, ia tak menyangkal kadang terjadi beda pendapat antaranggota.

"Dinamika yang terjadi selama pertemuan tersebut, tentunya menjadi warna tersendiri bagi seluruh anggota Tim. Dialog yang dinamis namun tetap kondusif, patut dibanggakan,"

"Perbedaan pendapat adalah soal biasa dalam pembahasan. Ini mencerminkan tidak ada kekangan dari pihak manapun karena semua anggota diberikan kesempatan yang sama untuk berpendapat meskipun berbeda pandangan. Suasana yang kondusif juga mencerminkan kedewasaaan berpikir dan sikap yang arif dari semua anggota tim," kata Ida.

´┐╝Menaker mengapresiasi Tim Tripartit yang terdiri dari pengusaha, pekerja, dan pemerintah yang telah menyelesaikan pembahasan RUU Ciptaker. (Foto: Kemnaker)

Dari hasil pertemuan, lanjut Ida, tidak semua materi mendapat kesepahaman bersama. Ia menegaskan, semua anggota memiliki komitmen dan niat yang sama untuk menyelesaikan pembahasan. Sementara, pihak pemerintah telah mencatat banyak masukan bersifat konstruktif. Pendapat dan pandangan yang disampaikan oleh tim disebut akan menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam menyampaikan usulan penyempurnaan RUU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan.

"Semua materi muatan tersebut telah selesai dibahas. Namun terdapat beberapa materi yang tercapai kesepahaman bersama, namun ada juga yang tidak. Pemerintah akan mendalami dan mencermati kembali masukan-masukan dari tim dan mencari jalan tengah atas beberapa perbedaan pandangan baik dari unsur pekerja/buruh, unsur pengusaha maupun unsur pemerintah," katanya.

"Untuk selanjutnya saya selaku penerima amanat dari Menko Perekonomian maka kami akan menyampaikan laporan hasil pembahasan RUU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan dari Tim Tripartit ini kepada Menko Perekonomian. Untuk kemudian diserahkan ke DPR untuk proses pembahasan berikutnya," ungkap Ida.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Menaker Nyatakan Apresiasi Tim Tripartit Usai Bahas RUU Cipta Kerja Klaster
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Kades Belung: Kita Manfaatkan DD ADD Sebaik Mungkin drmi Pembangunandan Kemakmuran Rakyat
     
    ADVERTORIAL
    Kapolres Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved