Sabtu, 21 Mei 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
KAI Mulai Angkut Masyarakat Umum dengan KLB, Syarat Tes PCR atau Rapid Test
Senin, 08-06-2020 - 09:25:44 WIB

SiagaOnline.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero atau KAI mulai mengangkut masyarakat umum dengan Kereta Api Luar Biasa (KLB). Namun, ada syarat yang harus dipenuhi calon penumpang, yakni bebas covid-19 dengan menyertakan hasil tes PCR atau rapid test.

Sebelumnya, KAI hanya membatasi penumpang kereta untuk kategori perjalanan dinas, perjalanan repatriasi, hingga tenaga sektor kesehatan.

Penyesuaian berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Nomor KA.202/B-291/DJKA/20 tanggal 5 Juni 2020 tentang Rekomendasi untuk Perpanjangan Masa Pengoperasian KLB dan habisnya masa berlaku Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2020 pada 7 Juni 2020.

"Mulai 8 hingga 11 Juni 2020, layanan KLB dapat digunakan seluruh masyarakat dengan melengkapi syarat-syarat tertentu," terang VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui laman resmi Facebook KAI, KAI121 dikutip Senin (8/6).

Untuk membeli tiket KLB, lanjutnya, calon penumpang wajib membuktikan dokumen hasil tes PCR atau rapid test negatif dan masih berlaku. Calon penumpang wajib melampirkan dokumen tersebut sebelum membeli tiket.

"Petugas di stasiun akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum diizinkan membeli tiket. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran covid- 19 melalui pengoperasian KLB," imbuh dia.

Ia mengatakan khusus calon penumpang KLB dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta. Hal ini menyesuaikan dengan peraturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut, penjualan tiket hanya dilakukan di stasiun keberangkatan mulai H-2 keberangkatan dan tidak dapat diwakilkan. Pada saat keberangkatan, penumpang tetap harus memakai masker, dalam kondisi sehat atau tidak flu, tidak demam, dan tidak batuk.

Kemudian, suhu tubuh calon penumpang tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. "Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, penumpang dilarang menggunakan KLB," jelas Joni.

KAI sendiri tidak mengubah jadwal layanan KLB. KAI masih tetap mengoperasikan enam perjalanan KLB yang melayani tiga rute, yaitu Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan pulang pergi(pp), Gambir-Surabaya Pasarturi lintas utara pp, dan Bandung-Surabaya Pasar Turi pp.

Perjalanan KLB dari arah Surabaya hanya akan beroperasi setiap tanggal ganjil. Sedang, perjalanan KLB dari arah Jakarta dan Bandung akan beroperasi setiap tanggal genap.

Guna mencegah penyebaran covid-19, KAI membatasi kapasitas angkut dengan menjual hanya 50 persen tempat duduk dari kapasitas kereta. Selain itu, KAI membuat tanda batas antre dan marka pada tempat duduk di stasiun dan kereta untuk menerapkan physical distancing (jaga jarak).

KAI juga melakukan protokol lainnya, seperti menyediakan alat pengukur suhu badan, ruang isolasi, pos kesehatan, hand sanitizer, wastafel portable di stasiun, rutin membersihkan fasilitas penumpang dengan desinfektan, dan berbagai langkah pencegahan lainnya.

Sejak dioperasikan pada 12 Mei hingga 7 Juni, KLB telah melayani 3.835 penumpang. Rute yang paling diminati adalah Surabaya Pasar Turi-Gambir dengan 500 penumpang dan Gambir-Surabaya Pasarturi dengan 419 penumpang.


Sumber : CNNIndonesia.com

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • KAI Mulai Angkut Masyarakat Umum dengan KLB, Syarat Tes PCR atau Rapid Test
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Sebanyak 347 Guru di Lampung Selatan Terima SK P3K dari Bupati
     
    ADVERTORIAL
    Kapolres Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved