Minggu, 27 November 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Advertorial Pemkab Meranti
Bupati Komitmen akan Kemas Festival Cuan Cui Lebih Baik Lagi
Rabu, 21-02-2018 - 17:26:57 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Meranti ~ Ribuan warga dari berbagai elemen berbaur dengan wisatawan mancanegara padati kota selatpanjang dalam mengikuti puncak festival perang air atau cuan cui. Sebuah festival terunik dari Kepulauan Meranti yang telah masuk dalam agenda wisata nasional.

Festival yang di buka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H.Irwan Nasir. MSi, di dampingi Asisten I Sekdaprov Riau H.Ahmad Syaharofie, pada hari Senin (19/02), di pusat kan di jalan Diponegoro, sekaligus sebagai star di mulainya festival tersebut, dengan rute selanjutnya melewati jalan Kartini, jalan Imam Bonjol, jalan A.Yani dan jalan tebing tinggi, dan kembali ke jalan Diponegoro.

Dalam sambutannya Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan menjelas kan, kegiatan ini merupakan kegiatan kegembiraan seluruh masyarakat Kepulauan Meranti, baik yang berasal dari suku Melayu atau Suku Tiong Hoa dan suku lainnya. Semuanya berbaur menjadi satu bergembira menikmati suasana Perang Air yang hanya dilaksanakan sekali dalam setahun.

"Perang Air ini tidak ada kaitannya dengan agama apapun. Perang Air merupakan kebiasaan warga Selatpanjang yang dimainkan pada setiap hari raya yakni Idul Fitri dan Imlek, namun seiring dengan berjalannya waktu perang air pada perayaan Imlek jauh lebih meriah dan tiap tahun semakin ramai," jelas Bupati.

Pemda juga berharap dengan adanya perang air yang telah masuk dalam event Pariwisata Kabupaten Kepulauan Meranti bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya Tiong Hoa bisa lebih bergembira, selain itu juga sebagai daya tarik bagi masyarakat Tiong Hoa di luar negeri dan daerah lainnya untuk datang ke Meranti.

Di katakan Bupati Meranti lebih lanjut, "Selain menikmati suasana perang air, para wisata juga dapat menikmati berbagai kuliner khas meranti yang dengan bahan dasar sagu, seperti Sempolet, Mie sagu, Sagu rendang dan lainnya.

Kedepannya kita kan lebih berkomitmen mengemas festival ini sebaik mungkin, agar kegiatan ini semakin semarak, baik itu dari segi keamanan dan kenyamanannya, agar festival ini lebih banyak di minati wisata asing". tambah Bupati

Festival perang air di Meranti ini, paling tidaknya bisa mendatangkan lebih dari dua puluh ribuan orang pada setiap tahunnya. Menariknya lagi dalam perang air ini tidak memandang siapa orang nya, apabila mereka berada di rute yang telah di tentukan pasti menjadi sasaran tembakan air, tak ketinggalan semua petugas yang menjaga jalannya festival, baik itu Polisi, Satpol PP maupun pegawai Dinas perhubungan, semua menjadi sasaran tembakan air, hingga seragam mereka juga basah kuyup. Festival ini juga di kata kan juga lebih meriah dari Songkran di Thailand.

Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan peserta Festival yang berlangsung selama enam hari itu juga sudah di tentukan batas waktunya, yaitu mulai dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Mereka juga hanya di benar kan menggunakan sepeda motor, becak motor, motor bak, para peserta tidak di benarkan menggunakan mobil dan sejenisnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti, Ismail Arsyad menegaskan bahwa festival ini milik semua masyarakat meranti, "Festival Perang Air yang di gelar selama 6 hari setiap sore saat Imlek tersebut bukan merupakan bagian dari ritual keagamaan, tetapi berawal dari sebuah kebiasaan anak-anak yang seiring berjalannya waktu menjadi banyak penggemarnya. Sehingga hari ini seluruh warga mengikuti dan sudah menjadi festival Kepulauan Meranti". ujar Arsyad.

Hal senada juga di akui oleh salah seorang warga Tionghoa, Ah Bon (48), bahwa kegiatan ini tidak ada dalam ritual agamanya, "Kita hanya suka-suka saja, orang semua main kita ikut main. Dalam sembayang tak ada suruh ini macam, yang penting kita sama-sama menjaga jangan pakai air kotor, jangan pakai kantong dan jangan pakai air es". ujarnya. **(Advertorial)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Bupati Komitmen akan Kemas Festival Cuan Cui Lebih Baik Lagi
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bimtek SMKK Dibuka, Sekdakab Way Kanan Himbau Peserta
     
    ADVERTORIAL
    Jambore Kader PKK Panggung Perekat Silaturahmi Mendorong Kreativitas Dan Inovasi
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved