Kamis, 26 November 2020
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Sekda hadiri sosialisasi PHBS di Desa Sungai Tohor
Selasa, 06-11-2018 - 13:34:22 WIB



SiagaOnline.com, Meranti - Dalam rangka mensosialisasikan hidup bersih dan sehat kepada masyarakat, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Roswita dan Kabag Kesra Drs. Husni Gamal beserta rombongan menghadiri acara Cuci Tangan Sedunia yang dilaksanakan di Kecamatan Tebing Tinggi Timur (5/11/2018).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Sungai Tohor dr. Ahmad Manguli, Sekcam Tebing Tinggi Timur Saripudin, Kepala Desa Sungai Tohor Efendi, Ketua TP PKK Hj. Azizah SPd dan seluruh siswa sekolah dasar sungai tohor.

Dalam sambutannya, Sekda mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu, menurutnya prilaku hidup bersih dan sehat harus di dibudayakan oleh masyarakat dengn begitu akan terjadi peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Seperti yang saat ini sedang disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Untuk itu ia menghibau seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi Barat untuk membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang saat ini terus digaungkan oleh Pemerintah.

Menurutnya lagi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, namun tanpa adanya kesadaran dari masyarakat semua itu tidak akan tercapai. Dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat harus dimulai dari diri sendiri, dengan tidak mengkonsumsi narkoba, minum minuman ber alkohol, selalu makan makanan yang sehat, dan yang tak kalah penting budayakan cuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan, dengan penerapan pola hidup sehat tersebut Sekda berharap kedepan masyarakat Meranti semakin sehat dan daerah semakin maju.

Tak lupa dapam rangka meningkatkan kesehatan Sekda Meranti H. Yulian Norwis meminta kepada seluruh Jajaran Puskemas Desa Sungai Tohor untuk berpartisipasi aktif membudayakan hidup sehat dengan Cuci Tangan kepada masyarakat.

"Saya minta kepada pihak Puskemas dan Jajaran untuk berpartisipasi aktif mensosialisasikan prilaku hidup sehat secara masif hingga kepelosok Desa sehingga kwalitas kesehatan masyarakat Meranti dapat meningkat," ucap Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti dr. Roswita menjelaskan, Hari Cuci Tangan selalu dirayakan setiap tanggal 15 Oktober. Kegiatan ini terus diperingati untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bertapa pentingnya membudayakan hidup bersih dan sehat. Dan menurut penilaian dari Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti untuk wilayah Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, kualitas kesehatan masyarakat sudah cukup baik. Selain itu untuk pelaksanaan program Imunisasi MR mencapai persentase tertingg dibandingkan desa lainnya. Disebutkan Roswita, dengan prestasi itu Desa Sungai Tohor keluar menjadi juara I Lomba Pola Hidup Besih dan Sehat.

Lebih jauh disampaikan Sekda, dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dirinya atas nama Pemkab. Kepulauan Meranti, juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan Imunisasi MR, agar terhindar dari penyakit campak.

Selain itu, dikatakan Sekda, dalam menjamin pelayanan kesehatan masyarakat Pemkab. Meranti akan membangun Puskesmas Perawatan ditiap Kecamatan, sehingga masyarakat yang sakit dapat memperoleh penanganan awal sebelum dirujuk kerumah sakit jika diperlukan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Setempat, Efendi mengajak seluruh warganya untuk membudayakan program Peduli Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini dalam kehidupan sehari-hari, "Sungai Tohor adalah sebagai Desa yang mendapat juara 1 sekabupaten dalam lomba prilaku hidup bersih dan sehat, untuk itu prestasi ini harus dipertahankan dan di tingkatkan, karena Desa kita juga akan diikut sertakan mewakili Kabupaten ke tingkat Provinsi".ujar Efendi.

"Selain mengharumkan nama Desa, pola hidup bersih dan sehat ini juga memberikan keuntungan tambahan kepada masyarakat itu sendiri, karena didalam tubuh yang sehat terdapat akal dan pikiran yang cerdas, atau disisi lain sehat itu sangat mahal harganya, untuk itu saya mengharapkan pola hidup sehat ini terus dibudayakan oleh masyarakat". tambah Kades lagi

Kegiatan Sosialisasi Cuci Tangan ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama sempena perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia yang dilanjutkan dengan melaksanakan senam sehat bersama.
(Adv).

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Sekda hadiri sosialisasi PHBS di Desa Sungai Tohor
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Panglima TNI - Menhan RI Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI
     
    ADVERTORIAL
    Spirit Hari Pahlawan Saat Pandemi, Bupati Purwakarta: UMKM Harus Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved