Kamis, 26 November 2020
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Oknum Staf Kantor ATR/BPN Rohul Terkesan Alergi dengan Wartawan
Jumat, 23-10-2020 - 11:09:00 WIB

SiagaOnline.com, Rokan Hulu - Beredarnya Vidio Perdebatan antara Wartawan dan Staf Kantor Agraria & Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu, Kamis (22/10/2020) pagi, dan terkesan Oknum Staf Kantor ATR/BPN Rokan Hulu Terkesan Alergi Dengan Wartawan dan LSM.

Dari informasi yang di himpun, melalui Korwil FPII Rokan Hulu Hendron Sihombing adapun yang menjadi kronologi perdebatan dengan Staf Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) bermula dari aduan Penahanan 3 eks Surat Sertifikat Tanah hak milik warga Pagaran Tapah yang sedang bersengketa dengan sempadannya namun Surat sertifikat program PTSL '2019 sudah terbit atas kepemilikan Pasal Sihombing.

Hendron Sihombing menyebutkan bahwa sejak tertanggal 25/09/2020 lalu sampai hari ini ditahan oleh Kades Muara dilam yakni Zulfukar,S.Hi dengan alasan yg tidak ada Dasar hukumnya.


Tidak terima hal tersebut Pasal Sihombing melaporkan kejadian tersebut kepada FPII Rokan Hulu melalui Korwil Rokan Hulu Hendron Sihombing.

"Semalam Saya bersama Pasal Sihombing sebagai pemilik Sertifikat mendatangi Kantor Desa Muara Dilam menanyakan terkait alasan menahan surat itu dan guna minta surat tersebut," ujar Hendron.

"Dengan alasan yang tidak jelas, sertifikat itu tidak diberikan oleh Kades dan mengatakan bahwa sertifikat akan dikembalikan ke BPN," tambahnya.

Dengan tidak mengulur waktu FPII Rohul yang di wakili Hendrom Sihombing dan Nurul Arifin langsung mengkonfirmasi perihal tersebut Kantor Agraria & Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rohul.

Namun seperti yang terekam dalam video konfirmasi oleh seorang awak media, tampaknya Staf Kantor Agraria & Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Rokan Hulu alergi dengan kehadiran awak media, dan seolah menuduh awak media menginvertensi Kantor BPN Rohul, sehingga terjadi keributan.

"Karena Oknum Kades tidak memberikan alasan dan jawaban yang memuaskan, makanya Kami datangi BPN tadi Pagi sampai terjadi keributan yang seperti tersebar didalam video tersebut," terang Hendron Sihombing.

Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada salah seorang awak media yang ada didalam rekapan video tersebut, Nurul Arifin menyebutkan kronologi berawal dari perdebatan antara masyarakat dengan salah satu staf kantor desa muara dilam yang terjadi di kantor BPN Rokan Hulu pada Kamis (22/10/2020).

Wartawan yang akrab di sapa dengan nama Ary tersebut, kebetulan hadir dan ikut menyaksikan perdebatan tersebut mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari scurity dan staf kantor ATR/BPN Rokan Hulu.

Berniat mendokumentasikan hal yang terjadi di kantor BPN tersebut untuk dokumentasi pemberitaan wartawan yang sedang bertugas itu malah di bentak bentak dan di larang untuk mengambil foto atau Vidio yang terjadi di kantor BPN tersebut.

Dalam vidio yang beredar di media sosial tersebut seorang wartawan mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari scurity dan staf BPN Rohul meskipun wartawan tersebut sudah menunjukkan kantu pers nya.

Nurul Arifin yang merupakan wartawan dari media online yang mendapatkan perlakuan tidak pantas dari scurity dan staf BPN Rohul tersebut saat di konfirmasi membenarkan bahwa memang benar telah mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari scurity dan staf BPN saat meliput di Kantor BPN.

Ary mengatakan sangat menyesalkan atas tindakan scurity dan staf ATR/BPN yang terkesan menghambat dan  menghalang halangi wartawan saat bertugas.

Bukannya tindakan menghalangi kegiatan jurnalistik jelas diatur di dalam UU Pers No 40 Tahun 1999 pada Pasal 18 Ayat (1) yang menyebutkan, bahwa setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

"Sangat jelas bahwa wartawan dalam melaksanakan tugasnya dilindungi UU Pers No 40 Tahun 1999," terang Ary. (Pr/des)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Oknum Staf Kantor ATR/BPN Rohul Terkesan Alergi dengan Wartawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Panglima TNI - Menhan RI Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI
     
    ADVERTORIAL
    Spirit Hari Pahlawan Saat Pandemi, Bupati Purwakarta: UMKM Harus Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved