Jum'at, 17 09 2021
Follow:  
 
Melalui Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman
Pemda Rohil Bangun Perumahan Resetlement Untuk Pemindahan Warga Pinggir Sungai Pabrik
Kamis, 19-08-2021 - 10:14:35 WIB
Kadis Perkim Rohil,Zulfahmi,ST.MT saat memantau pengerjaan pembangunan perumahan resetlement belum lama ini

SiagaOnline.com,Rohil- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir melalui Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) tahun 2021 ini telah memprogramkan pembangunan perumahan resetlement untuk pemindahan warga yang bermukim dipinggir sungai pabrik tepatnya di ujung Sei Garam Pelabuhan Hulu.

Kadis Perkim Rohil, Zulfahmi,ST.MT mengatakan pihak pemerintah daerah begitu memperhatikan kondisi masyarakat yang tinggal dipinggir Sei Pabrik atau di ujung Sei Garam Bagan Hulu.

“Dengan dibangunnya perumahan resetlement tersebut diharapkan bisa membantu warga untuk mendapatkan hunian yang layak dan juga diharapkan bisa mengatasi pemukiman yang kumuh manjadi pemukiman yang bersih,” kata Zulfahmi, Rabu (18/08/2021). 

Lebih lanjut dijelaskan Kadis Perkim, Perumahan resetlement ini dirancang dengan arsitektur Melayu, juga terdapat nilai-nilai kearifan lokal. 

"Bangunan perumahan resetlement ini dengan Tipe 30, 5X6 meter, model panggung dan mengenakan selembayung. Salah satunya biasa kita tengok di rumah Melayu itu selain panggung tentu ada selembayung.Kemudian rumah ini sudah kita lengakapi dengan septictank individual, kita kolaborasi kan dengan program sanitasi dibidang kawasan pemukiman," sebutnya.

Kemudian tambah Zulfahmi,  Untuk ketersediaan air bersih dilingkungan perumahan resetlement tersebut pihak Perkim sudah menyusun beberapa program.

"Untuk air bersihnya sekarang kita ada dua alternatif, apakah kita membangun sumur sendiri atau kita mengambil air dari sumur bor mushalla Al-Iman yang berdekatan dengan perumahan, dengan alternatif itu kita tinggal memasang jaringan, airnya kita ambil dari musholla atau kita bangun sumur bor yang baru. Nanti di APBD P kita anggarkan," ujarnya.
 
Tidak hanya air bersih, Dinas Perkim juga memprogram pembangun jalan di lingkungan perumahan yang dibangun termasuk penambahan perumahan resetlementnya.

"Nah kalau kita ada anggaran di APBD P tahun ini nanti air bersih nya kita akan tindaklanjuti termasuk jalan lingkungannya.kalau memang di APBD P tak ada anggaran itu kita programkan di APBD tahun 2022. Sedangkan untuk lanjutan pembangunan perumahan resetlement nya sudah kita usulkan juga di APBD 2022 sebanyak 30 unit lagi, berapa bisa kita kerjakan di APBD 2022 itu tergantung berapa pagu kita, karena pagu kita belum tahu jadi nanti kita lihat dulu perkembangan dan kemampuan keuangan kita,"ungkap kadis perkim.

Disamping itu, kepada rekanan pelaksana pembangunan perumahan resetlement kadis Perkim juga menegaskan agar selalu menjaga kualitas pembangunan.

"Harapan kita tentu pertama supaya menjaga kualitas bangunan, karena kemarin diawal-awal kontrak kami sudah melakukan PCM (Pre Contruction Meeting) atau rapat sebelum konstruksi. Rapat VCM ini sudah ditegaskan, pertama saya tidak mau kualitas bangunan kita kalah dengan bangunan rusus, kalau orang mampu kita harus mampu.maka saya minta rekanan berkerja sesuai spesifikasi tidak amburadul. Dari pantauan kami dari mulai pelaksanaan hingga dengan progres hari ini hampir 60 persen itu pekerjaannya rapi dan kualitasnya cukup bagus,mudah mudahan kualitas ini bertahan dapat dijaga sampai selesai pekerjaan," pungkasnya. (Agung)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Pemda Rohil Bangun Perumahan Resetlement Untuk Pemindahan Warga Pinggir Sungai Pabrik
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Dansatgas, Komsos Dengan Tokoh Agama Agar Tercipta Suasana Yang Kondusif
     
    ADVERTORIAL
    Di HUT Partai Demokrat, DPC Agam Salurkan Bantuan Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    9 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved