Jum'at, 24 09 2021
Follow:  
 
Rapat Paripurna RPJMD
Ada 15 Rekomendasi Disampaikan DPRD Ke Pemda Rohil....
Selasa, 17-08-2021 - 00:27:51 WIB
Rapat Paripurna DPRD Rohil,Senin (16/08)

SiagaOnline.com,Rohil- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyampaikan 15 rekomendasi untuk Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Rokan Hilir.

Penyampaian rekomendasi tersebut disampaikan  oleh salah satu perwakilan anggota DPRD Rohil, Imam Suroso dalam rapat paripurna Penyampaian Rekomendasi/Saran DPRD Kabupaten Rokan Hilir sekaligus penandatanganan Nota kesepakatan bersama atas rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021-2026 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat berlangsung di ruang Rapat utama, kantor DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Jalan Pinggir Sei Rokan, Batu 6, senin (16/08/2021), dipimpin oleh ketua DPRD Rohil, Maston, didampingi wakil ketua DPRD, Abdullah,Basiran Nur Efendi, Hamzah, dan Sekwan, Sarman Syahroni serta dihadiri oleh 31 orang anggota DPRD Rohil.

Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong, H.Sulaiman, Sekda, HM.Job Kurniawan ,Asisten, para pimpinan OPD dilingkungan Pemda Rohil.

Dalam penyampaian pidatonya, ketua DPRD Rohil Maston mengatakan, Pembukaan rapat oleh pimpinan rapat. Sebagaimana dimaksud pada ayat (2), paling lambat 10 (Sepuluh) hari sejak diterima oleh ketua DPRD. Pada ayat (5) disebutkan hasil pembahasan dan kesepakatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dirumuskan dalam nota kesepakatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4), dirumuskan dalam Nota kesepakatan yang ditandatangani oleh Kepala Daerah dan ketua DPRD. Pada ayat (6) disebutkan rancangan awal RPJMD disempurnakan berdasarkan nota kesepakatan sesuai dimaksud pada ayat (5).

" Dokumen rancangan awal RPJMD Kabupaten Rokan Hilir Tahun  2021-2026 diserahkan kepada DPRD Kabupaten Rokan Hilir secara resmi dalam rapat paripurna ke- 16 masa persidangan kedua tanggal 04 Agustus 2021 yang lalu, dengan demikian hari ini adalah hari ke-10 (Hari Kerja) sejak diterimanya dokumen Ranwal RPJMD oleh ketua DPRD," kata Maston.

Dijelaskan ketua DPRD Rohil, Setelah RPJMD dipelajari secara seksama oleh masing-masing Komisi DPRD sesuai bidang tugasnya dan diadakan rapat kerja dengan tim penyusunan RPJMD dan perangkat daerah terkait untuk menyempurnakan Ranwal RPJMD kabupaten rokan hilir tahun 2021-2026, dilanjutkan dengan rapat gabungan komisi untuk mengkompelikasi semua rekomendasi/saran dari masing-masing Komisi dewan sesuai dengan misi yang diajukan kepala Daerah, rekomendasi/saran tersebut akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah  pada rapat paripurna hari ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Rohil juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat mempererat persatuan, bahu membahu membangun daerah.

" Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, Mari eratkan persatuan diantara kita, bahu membahu membangun negeri seribu kubah untuk membuat harapan menjadi kenyataan, dan dapat mewujudkan visi yang dibawa oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pilkada serentak tahun 2020, yaitu " Menuju Rokan Hilir Yang Maju, Religius dan Berbudaya Berbasis Infrastruktur dan Perekonomian Yang Handal,"pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong yang diwakili oleh Wabup Sulaiman mengatakan, Pemda Rohil sangat mengapresiasi DPRD Rohil yang mengagendakan paripurna tersebut. Dikatakan wabup hal ini merupakan adanya komunikasi yang baik dan efektif antara Pemkab Rohil dengan DPRD yang mempunyai pandangan yang sama dalam rangka percepatan pembangunan.

Dijelaskan Sulaiman, dokumen RPJMD ini akan menjadi acuan rencana pembangunan Kabupaten Rokan Hilir untuk lima tahun kedepan sesuai visi dan misi kepala daerah mengenai tujuan pembangunan, sasaran pembangunan, arah kebijakan dan indikator kinerja.


"Kita harus optimis atas apa yang dituangkan pada dokumen RPJMD tahun 2021-2026 telah sesuai dengan janji politik yang dijabarkan dengan tujuan yang jelas dan sasaran yang terukur yang akan bermuara masyarakat Rohil yang maju dan sejahtera," jelasnya.


Bupati Rohil Afrizal Sintong juga memberikan apresiasi dan terimakasih kepada DPRD Rohil atas penandatanganan RPJMD itu. Dikatakannya setelah RPJMD ini disahkan, selanjutnya Pemkab Rohil bersama DPRD Rohil akan segera membahas APBD murni tahun 2022,"pungkasnya.


Berikut 15 rekomendasi yang disampaikan DPRD Rokan Hilir kepada Pemda Rohil:

1.terkait dengan upaya pemerintah kabupaten rokan  hilir untuk menjadikan eks pegawai honorer menjadi P3K, agar pemerintah kabupaten rokan hilir dapat memetakan terlebih dahulu kebutuhan diinstansi pemerintah kabupaten rokan hilir terhadap honorer yang akan menjadi P3K.

2.Pemerintah harus merumuskan syarat atau keriteria pengangkatan honorer menjadi P3K dengan asas keadilan terhadap pegawai honorer yang dimaksud tanpa mementingkan kepentingan kelompok tertentu dan rekrut menghapus transparan. 

3.Terkait Didinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk ditingkatkan pelayanan yang prima terhadap masyarakat.

4.Diharapkan kepada pemerintah kabupaten rokan hilir untuk membuat terobosan baru dalam hal pelayanan satu atap (Terkoneksi) antara satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang lainnya sehingga memudahkan masyarakat dan menciptakan pemerintah yang transparan dan akuntabel.

5.Pendapatan Daerah dari sektor pajak yang pada saat ini jauh dibawah target adalah PBB. Dari analisa dan pantauan kami disetiap kecamatan ada beberapa hal yang menjadi persoalan sehingga tidak tercapainya  target pada sektor PBB. Sebagian data SPPT PBB tidak falid dan masih memakai data lama. Tidak adanya pembaru data objek pajak,dari tahun ke tahun. Jumlah nominal pajak terutang tidak sesuai dengan objek pajak kuarangnta kesadaran masyarakat untuk membayar pajak tersebut. Harus ada pembaharuan data SPPT PBB baik subjek maupun objek pajaknya 

6. Kepada dinas terkait agar setiap tahun dalam menyampaikan  lembar SPPT PBB sebelum melakukan pemungutan agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat di kepenghuluan atau kelurahan,serta bimbingan kepada petugas pemungut di lapangan dari kepenghuluan atau dari kelurahan. Harus ada sistem dan kebijakan dari pemerintah untuk menekan kepada wajib pajak sehingga membayar pajak menjadi suatu keharusan yang dilandasi dengan payung hukum dan regulasi sehingga tanpa dipungutpun masyarakat akan  membayar dengan sendirinya.

 8. Kami dari komisi C berharap kiranya pembangunan kedepannya benar'-benar pembangunan berkeadilan untuk seluruh kecamatan yang ada di kabupaten rokan hilir, agar keseimbangan pembangunan yang menjadi prioritas (Infrastruktur) bisa benar'-benar tercapai.

9. Pembangunan yang dilakukan terutama hal-hal yang benar-benar skala prioritas ( Jalan Lintas Desa dan Kecamatan ) harus berkelanjutan setiap tahunnya sampai dengan 5 (lima) tahun kedepan agar visi misi bupati Rokan hilir berkaitan dengan Infrastruktur bisa terwujud sampai habis masa periode.

10. Pembangunan yang akan dilaksanakan kedepannya harus tepat sasaran atau azas manfaat agar tidak terjadi perbedaan pembangunan disetiap kecamatan.

11. Pembangunan Infrastruktur yang akan dilakukan terutama pada jalan penghubung antar kecamatan,supaya mempermudah masyarakat untuk mengakses kebutuhan terutama dibidang pertanian dan dibidang lainnya.

12. Infrastruktur yang dibangun secara massif diseluruh wilayah kabupaten Rokan hilir hingga kawasan perbatasan dan menyentuh masyarakat berpenghasilan rendah dan mendorong pemerataan dan keadilan pembangunan.

13. Kami dari Komisi D mendukung kegiatan di setiap Organisasi Perangkat Daerah sesuai dengan bidang tugas Komisi.

14. Komisi D tetap senentiasa berkerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah yang terkait agar visi dan misi Bupati Rokan Hilir bisa terwujud sampai masa periode berakhir.

15. Meningkatkan peranan dan kooperatif sesuai dengan rencana kerja dan meningkatkan pengawasan untuk 5 (Lima) Tahun kedepan.(Agung)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Ada 15 Rekomendasi Disampaikan DPRD Ke Pemda Rohil....
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Dansatgas, Komsos Dengan Tokoh Agama Agar Tercipta Suasana Yang Kondusif
     
    ADVERTORIAL
    Wabup Husni Merza Salurkan Bantuan Kebakaran
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    9 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved