Selasa, 24 November 2020
Follow:  
 
Terkait Bantuan Bea Siswa
Pemda Rohil Tak Bisa Penuhi Keinginan Mahasiswa, Ini Sebabnya...
Senin, 26-10-2020 - 22:45:32 WIB
Pj. Sekdakab Rohil,H.M Job Kurniawan pimpin dialog bersama perwakilan mahasiswa guna membahas tentang bantuan bea siswa

SiagaOnline.com,Rohil- Hari ini Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menggelar pertemuan dengan perwakilan mahasiswa terkait bantuan bea siswa.

Pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Bagian Kesra, kantor Bupati Rokan Hilir, Senin-(26/10/2020) siang.

Pertemuan bersama dengan perwakilan mahasiswa itu guna berdialog membahas masalah bantuan bea siswa yang di pimpin Pj. Sekdakab Rohil, H.M. Job Kurniawan didampingi Asisten I Drs.Feri H Parya. 

Tampak hadir, Kabag Ops Polres rohil, kasat intel polres rohil, kabag kesra, ketua Baznas Rohil, Panitia penyaluran bea siswa bagian kesra dan perwakilan dari mahasiswa.

Dalam pembahasan bea siswa tersebut belum menemukan titik terang karena keinginan dari mahasiswa tersebut untuk dapat menerima bantuan bea siswa dari bagian kesra dan Baznas setempat. 

"Pemerintah daerah tidak bisa memenuhi keinginan mahasiswa  tersebut karena jika sudah menerima bea siswa dari baznas tidak diberikan lagi dari kesra, dan begitu sebaliknya," kata Kabag Kesra Sekdakab Rohil, Kamelia Zulandari, Senin (26/10/2020).

Disamping itu kata Kabag kesra, setiap penerima beasiswa dari baznas sudah menandatangani pernyataan tidak menerima bea siswa yang sama dari kesra. 

"Mediasi menemukan jalan buntu Karena perwakilan mahasiswa tersebut bersikukuh untuk mendapatkan keduanya sekaligus. Bahkan berencana tetap melaksanakan aksi nya besok, " ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Rohil, H.Baharudin di konfirmasi Minggu (25/10) menyampaikan bahwa pihaknya telah mendistribusikan bantuan program fisabilillah atau bea siswa bagi siswa kurang mampu.

" Kami telah distribusikan bantuan program fisabilillah sejak tahun 2018 hingga tahun 2020 ini kepada siswa yang bersekolah di sekolah agama, dan siswa yang di katagorikan orang tidak mampu atau fakir miskin," kata Baharudin.

Perindustrian bantuan kepada mahasiswa ketua Baznas Rohil menuturkan, pada tahun 2020 ada sebanyak 149 mahasiswa sudah mendapatkan bantuan program fisabilillah yang disalurkan oleh Baznas Rokan Hilir.

‚ÄĚTahun 2020 ini pada awalnya berkas permohonan bantuan dari mahasiswa yang masuk ke Baznas itu hanya sekitar 20 permohonan. Kemudian setelah mau proses pembagian ada lagi berkas permohonan bantuan beasiswa dari mahasiswa jumlahnya hampir 120 orang yang dibawa oleh pak Budi selaku ketua STAI Aridha.Pas pada saat pendistribusian pada bulan Juli kemarin memang ada disarankan pihak Pemda Rokan Hilir agar permohonan bantuan bea siswa untuk mahasiswa yang sekolah di fakultas di masukan saja ke Pemda, jadi ke Baznas tidak usah dulu karena Baznas akan memberikan bantuan kepada siswa/siswi yang berada ditingkat SD,SMP dan SMA. Alhamdulillah ada sebagian sekolah bahkan pondok pesantren sudah kami berikan bantuan untuk biaya disaat ajaran baru," terang Baharudin.

Setelah itu, sambung ketua Baznas Rohil, pihak daripada mahasiswa menegaskan kepada Baznas Rohil agar permohonan bantuan yang diajukan ke Baznas harus dikeluarkan. Oleh Baznas berunding lagi dengan pihak Pemda pada saat itu seluruh komisioner berada di gedung daerah mess Pemda Rohil. Dalam kesepakatan bahwa mahasiswa yang mengantarkan permohonan di Baznas  di bantu melalui Baznas dengan katagori bagi yang sudah mengajukan permohonan ke Pemda mereka tidak boleh lagi mendapat beasiswa dari Baznas itu, kalau sudah di baznas, baznas saja. "Alhamdulillah hampir 149 orang mahasiswa baik yang sekolah di Rokan Hilir maupun di luar Rokan Hilir, Pekanbaru. Jumlah total mahasiswa yang sudah kami bantu dan dananya sudah kami kucurkan itu perorangnya sebesar dua juta rupiah dengan jumlah 149 orang. Bantuan lainnya diberikan juga kepada siswa-siswi  SD,SMP dan SMA," ucapnya. 

Adapun persyaratan permohonan bantuan bea siswa untuk di Baznas yaitu  KK, KTP, Pas foto 3X4, kartu mahasiswa, surat keterangan tidak mampu dari penghulu/lurah  juga menandatangani surat pernyataan yang berbunyi tidak pernah menerima bantuan beasiswa dari Pemda Rokan Hilir maupun pihak lainnya.

 " Surat pernyataan itu salah satunya berbunyi saya tidak menerima beasiswa dari pemerintah kabupaten Rokan Hilir dan dari pihak lain. Jadi masing-masing mahasiswa itu kami buat surat pernyataan," kata Baharudin.  

Dijelaskan Baharudin lagi,  selain 149 orang mahasiswa yang sudah dibantu kemudian ada lagi mahasiswa mengajukan permohonan ke Baznas yaitu sebanyak 69 orang. "Baru-baru ini ada lagi susulan sebanyak 69 orang. Namun kami masih meneliti berkasnya apakah nama-nama mahasiswa tersebut ada masuk namanya di bagian kesra sekdakab Rohil apakah tidak. Bagi yang belum keluar bantuan beasiswa baik dari Baznas maupun dari bagian kesra sekdakab Rohil itu akan kami bantu," tegasnya.

Diakuinya belakangan ini ada perwakilan mahasiswa datang bersilaturahmi ke kantor Baznas dan kami tanggapi  dengan baik.

 "Mereka menyampaikan bahwa mereka mau melaksanakan aksi demo menuntut agar permohonan bantuan beasiswa sebanyak 69 orang itu di keluarkan atau dibayar. Mendapat kabar ini tentunya kami dari pihak Baznas Rohil sangat mengharapkan aksi demo jangan lah sempat terjadi karena sebagian keinginan mahasiswa sudah kami bantu, Tapi itu terserah dari mahasiswa mau mengadakan demo kami tak bisa melarangnya," ujarnya.

Kaplores Rokan Hilir, AKBP. Nurhadi Ismanto,SIK saat di hubungi media ini,Senin (26/10) membenarkan bahwa besok, Selasa ada mahasiswa mau menggelar aksi demo. " Benar, besok pagi. Mahasiswa  demo ingin menyampaikan tuntutan terkait bantuan bea siswa," kata Kapolres Rohil Nurhadi Ismanto.

Nurhadi menegaskan pada saat menggelar aksi demontrasi untuk mentaati protokol kesehatan.

" Pengamanan sudah kita siapkan, pada saat menggelar demo nanti harus mematuhi protokol kesehatan,"tandasnya.

Sementara itu pihak dari mahasiswa yang hendak menggelar aksi damai belum berhasil dihubungi media ini guna konfirmasi. (Agung).

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Pemda Rohil Tak Bisa Penuhi Keinginan Mahasiswa, Ini Sebabnya...
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Panglima TNI - Menhan RI Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI
     
    ADVERTORIAL
    Spirit Hari Pahlawan Saat Pandemi, Bupati Purwakarta: UMKM Harus Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved