Kamis, 26 November 2020
Follow:  
 
Rombongan Pejabat Pemprov Riau Kunjungi Taman Edukasi Pertanian Rohil
Gubri Syamsuar Sebut Rohil Mewah,Banyak Buah Bisa Dijadikan Contoh
Sabtu, 24-10-2020 - 21:19:34 WIB
Foto kunjungan Gubri Syamsuar di Taman Edukasi Pertanian Rokan Hilir,Sabtu (24/10/2020)

SiagaOnline.com,Rohil- Gubernur Riau Drs.H. Syamsuar melakukan kunjungan kerja ke Rokan Hilir (Rohil).  Dalam kunjungan kerja itu, Gubri Syamsuar juga mengunjungi Taman Edukasi Pertanian milik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir di Jalan, Komplek Perkantoran Batu 6 Bagansiapiapi, Sabtu (24/10/2020).

Setibanya di Taman Edukasi Pertanian Rokan Hilir, Gubernur Syamsuar bersama istri, Misnarni Syamsuar  langsung menuju lokasi petik Buah dan langsung melakukan panen buah melon, labu madu, labu air, semangka dan tomat.

Ditemui seusai melakukan petik dan panen buah, Gubri menyampaikan bahwa apa yang dilakukan pemerintah Rokan Hilir melalui Dinas Pertanian dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. 

"Rohil mewah banyak buah, kata Gubri Syamsuar saat memasuki areal Taman Edukasi Pertanian Rokan Hilir, Sabtu (24/10/2020).

Menurut Syamsuar, Keberadaan Taman Edukasi Pertanian di Rokan Hilir ini merupakan bagian dari peningkatan program ketahanan pangan yang telah diarahkan Presiden RI Joko Widodo.


"Adanya kebijakan dari kementerian pertanian agar dapat meningkatkan ketahanan pangan di daerah. Melalui kementerian pertahanan melalui TNI Polri yang sekarang melaksanakan perbagaimacam program,"  ujarnya.

Pemanfaatan lahan kosong milik pemda ini sebut Syamsuar adalah bagian dari peningkatan ketahanan pangan dan upaya untuk menjaga aset-aset pemerintah. Tanah Pemda yang selama ini tidak dimanfaatkan dengan hasil yang produktif pada saat ini di maksimalkan.

 "Ini juga sekaligus untuk memelihara aset karena aset sangat rawan terhadap hilangnya aset atau salah pemanfaatan. Oleh karena itu ada nya upaya untuk melakukan penanaman pada aset-aset pemerintah sebagai langkah guna memelihara aset yang ada," ujarnya.

Dikesempatan itu, Orang nomor satu di Provinsi Riau itu mengapresiasi langkah Pemda Rokan Hilir dalam menjaga aset.

“Kami tentunya mengapresiasi dan terima kasih kepada Bupati yang memberikan perhatian disini. Mudah-mudahan ini terus berlanjut agar pemanfaatan lahan pemda ini dapat di maksimalkan yang bisa mendapatkan hasil juga. Kedepan bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah juga,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Pjs Bupati Rohil, Rudyanto menjelaskan, bahwa Taman buah milik Pemda Rohil ini merupakan salah satu taman edukasi, taman pembelajaran bagi masyarakat. " Ternyata di tempat kita ini bagus untuk tanaman buah, salah satu seperti tanaman kol yang biasanya ditanam di tempat dingin tapi di tempat kita juga bisa dan hasil tanamannya juga bagus," sebut Bupati.

Sementara itu, Kadis Pertanian Rohil, H.M Rusli Syarif menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada gubernur Riau, dan Pjs Bupati serta para forkompinda yang telah mengunjugi taman edukasi pertanian milik pemda Rokan Hilir.

" Kunjungan pak Gubri di Taman edukasi pertanian ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita kabupaten Rokan Hilir. Taman Edukasi Pertanian ini akan terus kita kembangkan," kata Kadis Pertanian Rohil,HMRusli Syarief.

"Buah yang baru kita panen tadi baru berusia dua bulan. Jadi proses penanaman seperti semangka mulai penanaman hingga berbuah itu hanya  memakan waktu 50 hati.

Disebutnya, Taman Edukasi Pertanian baru dibuka sejak bulan Pebruari yang lalu dengan memanfaatkan lahan pemda yang masih kosong.

"Pemanfaatan lahan kosong seluas 6 hektar ini lah kita gunakan untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran, dan nanti terus dikembangkan seperti pembuatan Tapos yang diprogramkan pada zaman pak presiden Suharto. Insyaallah di tahun 2021 mendatang di lahan taman edukasi ini akan dikembangkan bidang peternakan dan ada juga sawah," tuturnya.

"Pembukaan taman edukasi pertanian tersebut dan rencana pembuatan Tapos niat kami dari awalnya adalah untuk tempat pembelajaran bagi masyarakat terutama bagi siswa SD,SMP dan SMA untuk belajar bagaimana cara mengolah tanah, menanam dan memupuk tanah dengan baik," pungkasnya.

Kegiatan panen buah di kebun edukasi yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Rokan Hilir tersebut di ikuti Pjs. Bupati Rohil, Rudyanto, Kajari Rohil, Gaos Wicaksono, Kapolres Rohil,AKBP. Nurhadi Ismanto,SIK, Sekdakab Rohil,H.M Job Kurniawan, Asisten I, Feri Parya, Asisten III, Ali Aspar,kadis DKPP, H.M Job Kurniawan,kadis DKPP, H.M Rusli Syarief.(Agung)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Gubri Syamsuar Sebut Rohil Mewah,Banyak Buah Bisa Dijadikan Contoh
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Panglima TNI - Menhan RI Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI
     
    ADVERTORIAL
    Spirit Hari Pahlawan Saat Pandemi, Bupati Purwakarta: UMKM Harus Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved