Senin, 15 08 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Kesbangpol Kuansing Giat Pendidikan Politik Bagi Anggota partai ada di Kuansing
Selasa, 31-05-2022 - 09:40:24 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaOnlune.com, Kuansing - Kesbangpol Kuansing giat pelatihan pendidikan politik yang ber etika, budaya yang santun guna meningkatnya kualitas partai politik sebagai pilar demokrasi. Pelaksanaan pelatihan ini di laksanakan pada aula Restoran sederhana jalan proklamasi no 8 Sei. jering Teluk kuantan, Senin (30/05/2022).

Acara ini, dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Kuansing ,dan di hadiri oleh ketua KPU Kuansing, ketua BAWASLU dan perwakilan Kesbangpol provinsi Riau, yang di wakili  Rahmad Setiyawan Kabid Poldagri Kesbangpol Provinsi Riau.Dan sebagai Nara Sumber pada workshop ini Hurriyah. S.Sos. I.Mas.  wakil direktur puskapol UI Jakarta.

Giat ini dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Mujelan Arwan, SH MH, Dalam arahan nya kaban Kesbangpol menyatakan bahwa pendidikan politik ini sangatlah perlu dan Dengan Ini kami siap membantu menjadi  fasilitator dalam menghadapi  pra pemilu dan pilkada,dengan berpolitik seseorang akan mampu untuk mencapai tujuannya dan serta dengan berpolitik kita bangun pilar -pilar demokrasi yang sehat, transparan  serta menumbuh kembangkan potensi dan SDM yang mapan bagi calon-calon pemimpin di masa akan datang papar  Mujelan SH.MH. lebih lanjut Kaban kesbangpol Kuansing menjelaskan tentang dinamika politik di kabupaten Kuansing jangan sampai karakteristik mengambang sehingga menimbulkan ideologi jadi bagaimana solusinya agar bisa menghasilkan kader - kader yang baik sehingga dapat menunjuk kader kader yang berkualitas di parlemen. Sehingga pada pesta demokrasi kita dapat bersaing dan mengambil bagai mana meraih kekuasaan, (partai yang menang dalam pemilu). Dan seterusnya Kaban Kesbangpol Kuansing menghimbau untuk menciptakan lembaga- lembaga riset dalam politik supaya dapat melahirkan kader-kader yang berkualitas dan kwantitas.

Dalam kata sambutan nya sebagai ketua pelaksana workshop ini, Kabid Politik Kesbangpol Kuansing  Amrizal SE MSi, mengatakan bahwa  merupakan suatu langkah yang sangatlah tepat dan bermanfaat workshop pelatihan ini kita adakan bagi partai politik khususnya daerah Kuansing .

Giat di ikuti 10 partai yang menang pada periode sebelumnya ,dan masing masing mengirimkan utusan 3 orang perpartai nya jadi total peserta pelatihan pendidikan ini kurang lebih 30 audien.

Dalam kesempatan yang bersamaan Nara Sumber Hurryah S.Sos. I.MaS. ( wakil ketua pusat pengembangan dan pengkajian politik UI.Jakarta) mengatakan bahwa prinsip-prinsip berpolitik ada dua.

1) .Kampanye pemilu dan 2) .Kampanye politik

 * Kampanye pemilu yaitu untuk menjual calon - calon  peserta pileg kemasyarakat supaya dapat kan suara dan bisa membuat partainya bisa menang dalam perebutan kursi di parlemen .
 * Kampanye politik yaitu menyampai kan propaganda di tengah masyarakat berupa janji - janji maupun menampung aspirasi masyarakat di dapil nya. Partai tersebut menjadi potret ,menjadi contoh supaya mekanismenya dapat di jalan kan .Dan lebih lanjut Hurriyah memaparkan penting nya partai politik dalam memberikan kesan kepada publik agar kita memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kabid Poldagri Kesbangpol  provinsi Riau Rahmad Setiawan menghimbau peran serta fungsi Kesbangpol untuk selalu berkoordinasi serta bermitra dengan partai politik karna parpol bahagian utama dari demokrasi," ungkapnya.

Pilar-pilar demokrasi harus kita tegakkan bersama dan membentuk sosialisasi baik secara langsung (dilakukan dengan cara bersosialisasi)  maupun tidak langsung (melalui medsos) atau dengan lain cara yaitu  membentuk forum agar informasi dapat tersampaikan ke elemen- elemen masyarakat," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama dan di tempat yang sama ketua KPU Kabupaten  Kuansing Irwan yuhendi ST. Memapar kan dalam rangka menghadapi pemilu tahun 2024,kami pihak KPU dalam hal bekerja ekstra, hal ini dikarenakan ada 75 partai yang terdaftar pada Kementrian Hukum dan Ham dan disampaikan pula oleh ketua KPUD Kuansing partai yang terdaftar di kantornya baru 10 partai .

Irwan menyampaikan kepada para gelegasi giat
pendidikan politik 2 bulan sebelum hari pemunggutan suara, kita harus menyiapkan peserta pemilu (perorangan / partainya). Dan untuk itu ketua KPUD Kuansing  menghimbau  supaya ada kerjasama yang sinergis antara peserta pileg dan partai nya dalam melengkapi persyaratan serta kelengkapan pelaksanaan yang di tentukan undang-undang. Dan dengan ini ketua mengharapkan ada masukan - masukan mungkin berupa saran -saran  pertiga bulan sebelum pelaksanan tersebut berlangsung.

Lebih lanjut ketua KPUD menerangkan bahwasa nya  Demokrasi di bangsa ini tidak terlepas dari Eksekutif, legislatif, yudikatif dan Press  artinya  proses untuk mencapai demokrasi tersebut ada pada para peserta pileg, Demokrasi ini harus kita tegakkan untuk menjaga keutuhan NKRI. tegasnya.

Mardius Adi Syahputra (Ketua BAWASLU ) Kabupaten Kuansing  dalam penyampaian dalam giat pendidikan politik yang di taja oleh kesbangpol Kuansing memaparkan mengenai tahapan-tahapan pemilu pada tahun 2024  akan di lakukan pendaftaran pada bulan Agustus tahun 2022 mengenai perlengkapan serta kelayakan personal mau partai yang akan bertarung dalam pemilu tersebut.

Dan dalam hal ini ketua Bawaslu menyampai kan pula , untuk lembaga pemantau pemilu berkenaan  mengenai sertifikasi lembagaan pemantau untuk kedepan nya Bawaslu yang akan mengeluarkan kan nya pungkas ketua Bawaslu Kuansing.

Dalam pelaksanaan giat pendidikan politik bagi anggota partai ini turut pula di hadiri anggota DPRD Kuansing oleh Syafril dari PKS,Maruli Tamba,ST dari PDIP serta Wirdaningsih dari Demokrat.

Giat ini di tutup oleh Kabid Politik kesbangpol Kuansing  Amrizal. SE MSi, pas jam 14.15 Wib dan  Giat pendidikan politik ini di pandu oleh Sepli Imran (Analisis Kebijakan Muda kelembagaan dan Organisasi Sosial Politik di Kesbangpol Kuansing).
(Sony)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Kesbangpol Kuansing Giat Pendidikan Politik Bagi Anggota partai ada di Kuansing
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Pemdes Mandalasari Sukses Gelar Musdes Pembentukan Panitia Tim RKPdes TA 2023
     
    ADVERTORIAL
    Roby Lantik 28 Guru Dalam Penugasan Kepala Sekolah se Kabupaten Bintan
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved