Jum'at, 20 Mei 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Penipuan Mengatasnamakan Sekda dan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis
Minggu, 01-05-2022 - 18:51:20 WIB

SiagaOnline.com, Bengkalis - Banyak cara untuk melakukan aksi penipuan. Salah satunya mencatut nama pejabat di Kabupaten Bengkalis, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Bustami dan Kepala Bappeda Bengkalis Rinto, sehingga sebuah yayasan menjadi korban aksi penipuan.

“Sedih hati di tengah kita menjalankan ibadah puasa, ada penipu yang memanfaatkan keadaan. Kami baru saja mendapat kabar sudah ada korban dari sebuah yayasan di kecamatan,” ungkap Kepala Bappeda Bengkalis, Rinto yang disampaikan melalui media sosial, Ahad 1 Mei 2022.

Agar jumlah korban aksi penipuan ini tidak terus bertambah, Rinto minta kepada masyarakat, pengurus yayasan, lembaga pendidikan dan rumah ibadah agar berhati-hati karena hal itu adalah penipuan. Jika mendapat WA sejenis agar mengkonfirmasi langsung kepada dirinya maupun melalui aparatur terdekat.

“Insya Allah, hari ini kami akan membuat laporan ke aparat kepolisian. Ini penting, agar persoalan ini ditangani langsung oleh aparat hukum. Mudah-mudahan, si penipu yang mencatut nama saya dan pak Sekda segera ditangkap,” ungkap Rinto.  

Seperti diketahui, dalam aksi, si penipu menggunakan layanan WhatApps (WA) nomor +62813-3608-3159 atas nama Rinto, SE, M.Si (Bappeda) mencantumkan poto mengenakan muslim (koko) dan peci.

Begitu juga dengan nomor WA yang mencatut nama H. Bustami. HY, SH., (Setda) menggunakan nomor +62819-1602-6421 mencantumkan poto Sekda mengenakan baju jas (PSR) dan berkopiah hitam.

Si penipu mengirimkan sebuah pesan, mengaku Rinto selaku Kepala Bapeda Bengkalis selaku Ketua Pundi Amal Pemkab Bengkalis mendapat perintah bupati untuk mengirim sejumlah uang bantuan sempena Ramadhan kepada yayasan, rumah ibadah dan lembaga pendidikan agama. Modus serupa juga, aksi yang mengatasnamakan nama Sekda H. Bustami HY, SH.

Untuk lebih menyakinkan bahwa aksi tersebut bukan gadungan, si penipu berani mencatut nama orang nomor satu di Negeri Junjungan, Bupati Bengkalis.  Berikut ini WA yang dikirim si penipu :

“Sebelumnya perkenalkan, selaku Kepala Bapeda Bengkalis, yang ditugaskan oleh Ibu Bupati Bengkalis KASMARNI, S.Sos., Untuk menyampaikan sekaligus menyalurkan dana donasi berupa uang tunai, dari kegiatan Amal peduli Masjid dan Yayasan, yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dibulan suci Romadhon ini”.

Selanjutnya sang penipu meminta nomor rekening yayasan untuk ditransfer bantuan dimaksud. Setelah ditransfer penipu tersebut mengatakan terjadi kelebihan transfer dan meminta kelebihannya dikembalikan

Sasaran aksi penipuan yang mengatasnamakan Rinto ditujukan kepada pengurus masjid di Kecamatan Mandau. Sedangkan aksi penipuan atas nama Bustami HY menyasar sebuah yayasan di kecamatan Siak Kecil.

Seakan-akan telah mengirimkan uang bantuan sebesar Rp22 juta. Ternyata saat pengiriman terjadi kesalahan atau lebih transfer sebesar Rp7 juta dari anggaran semesti yakni Rp15 juta.

Si penipu meminta korban untuk mengembalikan uang yang terlebih disalurkan melalui rekening BNI 1374149028 atas nama Habib novel Chaidir Hasan.

“Seharusnya untuk pondok pesantren itu 15jt dan untuk yayasan panti asuhan yatim  sejahtera 7jt. Mohon maaf atas kecerobohan Bpk H, Bustami,” ini pemberitahuan si penipu dalam WA.(Infotorial/M.N)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Penipuan Mengatasnamakan Sekda dan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Sebanyak 347 Guru di Lampung Selatan Terima SK P3K dari Bupati
     
    ADVERTORIAL
    Kapolres Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved