Kamis, 26 November 2020
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Sejarah Makam Datuk Gigi Putih Mulai Terungkap
Senin, 07-09-2020 - 09:54:05 WIB

SiagaOnline.com, Bengkalis - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY, SH., MM. didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Indra Putra mengunjungi situs sejarah religi Makam Datuk Gigi Putih Desa Temiang, Minggu (6/9/2020).

Kedatangan Plh Bupati disambut langsung Camat Bandar Laksamana Acil Esyono, didampingi oleh Kepala Desa Temiang Masdar Kepala Desa Sepahat M Azlan, Kepala Desa Api-api Edi Ferizal, Kepala Desa Parit 1 Api-Api Suratman, Tim pekerja lapangan pencari fakta yang diketuai oleh Sarwani, S.Pd dan beberapa anggota di antaranya Tri Adi Saputra sesuai dengan dengan Surat Tugas No. 02/SPT/IX/2020. Inisiator Sejarah (Masyarakat raja laut tim sejarah dumai) Freddy Hasiholan dan Berta Sidauruk. 

H Bustami HY di kesempatan itu mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Camat Bandar Laksamana dan Kepala Desa Temiang yang telah menggali lagi potensi sejarah Datuk Gigi Putih ini. "Sejarah-sejarah yang ada di Kabupaten Bengkalis harus kita kembangkan lagi," ujarnya.

"Dari tahun 1200, di Kecamatan Bandar Laksamana sudah banyak peninggalan-peninggalan orang terdahulu, kemungkinan di Kecamatan Bandar Laksamana ini dahulu sudah ada kerajaan, contohnya makam ini," kata Bustami . 

Lebih lanjut Bustami berharap kepada Camat dan Kepala Desa Temiang untuk saat ini situs sejarah makam Datuk Gigi Putih sementara waktu jangan dibuka dulu, nanti kita akan menurunkan tim arkeologi untuk meneliti, nanti dari hasil penelitian tersebut akan diberikan jawaban yang saat ini menjadi misteri. 

"Kepada pihak terkait yang tergabung menggali potensi sejarah makam Datuk Gigi Putih ini untuk bersama-sama dukung penemuan bersejarah makam ini menjadi situs sejarah religi di Desa Temiang, Kecamatan Bandar Laksamna Kabupaten Bengkalis", harap Bustami.

Camat Bandar Laksmana Acil Esyno mengucapkan terimakasih kepada Plh Bupati Bengkalis yang sudah mengapresiasi dan mendukung pengembangan objek wisata religi di Kecamatan Bandar Laksamana.

"Semoga melalui makam Datuk Gigi Putih ini nantinya akan banyak sejarah lainnya yang akan kita jumpai di Kecamatan Bandar Laksamana ini," ucap Acil.

Hadir juga di kesempatan itu Kepala Bidang Kebudayaan Disparbudpora Kabupaten Bengkalis  Khairani, Komunitas Tematu Besantan dan masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan ini, Kades Temiang menyampaikan bahwa wisata religi datuk gigi putih sudah ditemukan. Semoga pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung penuh wisata ini untuk meningkatkan ekonomi di sekitaran Kecamatan Bandar Laksamana kedepannya.

Komentar masyarakat Desa Temiang, Ibu Nurhayati pemilik warung kopi yang berdekatan dengan Makam Datuk gigi putih tersebut mengatakan bahwa dengan adanya wisata ini semoga bisa menambah pendapatan perekonomian masayarakat dan meningkatakan pendapatan asli Desa (PAD) melalui dengan adanya kunjungan dari pengunjung yang datang dari berbagai wilayah.(M. Nasution)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Sejarah Makam Datuk Gigi Putih Mulai Terungkap
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Panglima TNI - Menhan RI Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI
     
    ADVERTORIAL
    Spirit Hari Pahlawan Saat Pandemi, Bupati Purwakarta: UMKM Harus Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    4 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    5 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    6 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved