Sabtu, 04 Juli 2020
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Diskominfo Implementasikan Smart City Terarah dan Terencana
Jumat, 06-09-2019 - 13:47:55 WIB

SiagaOnline.com, Pelalawan -  Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo) terus berbenah dan melakukan terobosan di dalam merealisasikan program yang tertuang di dalam 7 Program Strategis untuk mewujudkan Pelalawan Emas di Kabupaten Pelalawan.

Masuk dalam 25 kabupaten dan kota se-Indonesia dalam Gerakan Menuju 100 Smart City, tahun 2019 ini Diskominfo telah membuat tahapan-tahapan implementasi smart city yang lebih terarah, terukur, dan optimal mulai dari perencanaan, implementasi, hingga sosialisasi ke masyarakat.

Hal demikian disampaikan oleh Plt Kadiskominfo Hendri Gunawan saat diwawancarai  di ruang kerjanya didampingi oleh Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government Saud Abdillah, Kamis (5/9/2019).

Hendri membuka pembicaraan dengan mengatakan implementasi smart city yang  dilakukan melalui data dan informasi pemerintah daerah dari berbagai sumber seperti aplikasi ataupun data dari OPD terkait akan terintegrasi dalam satu platform yang disimpan pada satu database sehingga data yang disimpan dan disajikan akan lebih valid dan reliable.

Guna mendukung itu semua, maka diakhir tahun 2019 ini Diskominfo akan membangun Command Center di Kantor Bupati Pelalawan dengan tahapan awal yang akan dilakukan yakni melakukan renovasi ruangan, memaksimalkan apa yang ada sesuai kondisi keuangan Pemda, dan pada tahun 2020 ke depan sudah beroperasi penuh terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Terkait infrastruktur dan koneksi internet Kabid Pengelolaan Infrastruktur dan Layanan E-Government, Saud Abdillah menambahkan untuk infrastruktur di kecamatan Diskominfo akhir tahun ini juga akan melakukan pemasangan internet di seluruh kantor kecamatan se Kabupaten Pelalawan. Dan saat ini sudah ada 2 kecamatan yang telah di support oleh Diskominfo, yaitu kecamatan Bunut dan Langgam. Sedangkan Kecamatan Pelalawan dalam progress pengerjaan. Dimana ditargetkan seluruh kantor kecamatan di awal bulan November 2019 sudah berfungsi maksimal.

Saud Abdillah juga menjelaskan seluruh jaringan internet yang dibangun di kantor kecamatan akan terintegrasi langsung di Diskominfo. "Yang kami harapkan di sini fasilitas internet tersebut dapat memudahkan pelayanan di kantor kecamatan, seperti keuangan, catatan sipil, perijinan,dan pelayanan lainnya. Adapun skema yang dipakai untuk internet di Kantor Kecamatan ini memanfaatkan provider internet lokal berlisensi Nasional untuk distribusi internet-nya," jelasnya.

Lanjutnya, setelah adanya negosisasi dan terciptanya win solution jadi pihak provider hanya menyediakan jalur/link dan Diskominfo menyediakan bandwidth internetnya. Skema ini dikenal dengan istilah layanan metro ethernet. Jadi nya infrastruktur, pemeliharaan, dan jaminan ketersediaan koneksi menjadi tanggung jawab provider tersebut, dengan SLA ( Service Level Agreement) 95 %. Kemudian di depan kantor kecamatan tersebut akan ada juga fasilitas free internet untuk masyarakat (Free Wifi Publik) yang jadwal operasionalnya dari jam 16.00 WIB hingga 22.00 WIB yang semua peralatannya di support oleh provider internet tersebut.

Di akhir perbincangan Saud melanjutkan seluruh skema ini praktis dan pastinya sangat menguntungkan Pemerintah Daerah dalam pengalokasian anggaran. Dalam hal ini Pemda tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur ditambah lagi geografis daerah Kabupaten Pelalawan ini sangat luas dan tentunya akan menguras anggaran yang besar pula.

Plt Kadiskominfo Hendri Gunawan optimis dengan kejutan demi kejutan dan inovasi akan terus dilakukan oleh Diskominfo untuk menjawab tantangan dari pimpinan Bupati Pelalawan. Karena semua itu bermuara pada pelayanan publik prima sesuai dengan Program Pelalawan Emas.(soc/hrc)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Diskominfo Implementasikan Smart City Terarah dan Terencana
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Hari Ini, Desa di Purwakarta Mulai Distribusikan BLT Dampak Covid-19
     
    ADVERTORIAL
    Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 se-Jawa Barat, Purwakarta : Masih Zona Biru
     
    TERPOPULER
    1 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    2 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    3 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    4 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    5 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    6 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    7 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 Heboh..., Oknum Kadis Terduga Mesum, Saudara Bupati Nias Barat
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved