Jum'at, 20 Mei 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Martin Tuding Disdik Riau Gagal Paham UU KIP, Di Surati Kegiatan Makan Minum Tak Digubris
Senin, 11-04-2022 - 13:30:15 WIB
Martin, Ketum DPP LSM Pemantau Prasarana Aparatur Negera Republik Indonesia, saat sidang sangketa Informasi Publik antara Sekretaris Daerah Provinsi Riau selaku Atasan PPID Utama Pemerintah Provinsi Riau.(Foto: Istimewa)

SiagaOnline.com, Pekanbaru – Keterbukan informasi dan pelayanan publik di salah satu SKPD Pemerintah  Provinsi Riau  dinilai sangat buruk. Hal itu terbukti ketika Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Prasarana Aparartur Negera Republik Indonesia (Pepara RI) layangkan surat klarifikasi/konfirmasi kepada Dinas Pendidikan Provinsi Riau, hingga saat ini belum mendapatkan jawaban secara resmi. Demikian dikatakan, Martin, Senin (11/04/22).

Martin menjelaskan, melalui bendera lembaga kita LSM Pepara RI bersama Media SiagaOnline.com telah layangkan surat klarifikasi/konfirmasi  yang ditunjuk kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, dengan nomor: 06/KT/PEPARA-RI/PKU/III/2022, tertanggal 21 Maret 2022, terkait 4 paket kegiatan Belanja Makan dan Minum untuk peserta didik, tahun anggaran 2021.

Ditegaskan Martin, Dinas Pendidikan Provinsi Riau dibawah kepemimpinan, Dr. H. Kamsol, lembaga kita sangat menyayangkan diduga tidak adanya transpransi soal kegiatan. Bahkan, diduga gagal paham dengan rumusan Undang - undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukan Informasi Publik (KIP).

"Ironisnya lagi, oknum pejabatnya seperti Kepala Bidang-bidang dan Kepala Seksi (Kasi) di Disdik Riau itu sulit ditemui, dan tak pernah gubris ketika dihubungi," tuding, Martin, Ketum DPP LSM Pepara RI yang kerap kali beberapa tahun silam gugat sangketa Informasi Publik antara Sekretaris Daerah Provinsi Riau selaku Atasan PPID Utama Pemerintah Provinsi Riau.

Lanjutnya, adapun 4 paket kegiatan belanja makan dan minum di ditubuh SKPD Disdik Riau yang telah kita surati itu, menelan dana APBD Riau Tahun 2021 dengan keseluruhan kurang lebih 15.5 Miliar.  Dana kegiatan yang dinilai fatanstik itu diduga beraroma korupsi.
 
"Sesuai informasi dan investigasi dilapangan, kegiatan yang bertujuan untuk kebutuhan pengadaan makan dan minum peserta didik di 4 sekolah yang berlokasi di wilayah Kota Pekanbaru itu, diduga pelaksanaanya dilapangan tidak sesuai dengan KAK (Kerangkan Acuan Kerja) yang berpotensi mengakibatkan kerugian keuangan Negara/daerah," pungkasnya.

Dimana, menurut informasi serta penelusurun tim dilapangan pada tahun 2021 peserta didik ke 4 sekolah tersebut, diduga tidak sepenuhnya belajar tatap muka. Sementara kegiatan pengadaan makan dan minum yang dianggarankan Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau, untuk kebutuhan peserta didik, seperti sarapan pagi, makan siang, dan makan malam, dari bulan Februari - Desember Tahun 2021, tegas Ketum DPP LSM Pepara RI.

"Lembaga kita, juga lagi mempersiapkan laporan resmi untuk disampaikan kepada aparat hukum, terkait dugaan penyimpangan pengadaan makan dan minum peserta didik tersebut. Tetapi kita tidak  gegabah dulu, kita masih menunggu etikad baik dari Disdik Riau untuk memberikan jawaban resmi," tutup Martin.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Dr. H. Kamson, saat dikonfirmasi membenarkan adanya surat klarifikasi/konfirmasi dari DPP LSM Pemantau Prasarana Aparatur Negera Republik Indonesia (Pepara - RI).

"Suratnya sudah di terima dan telah Saya teruskan ke bidang terkait untuk ditindaklanjuti," kata Kasmon dengan singkat belum lama ini. (Rind)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Martin Tuding Disdik Riau Gagal Paham UU KIP, Di Surati Kegiatan Makan Minum Tak Digubris
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Sebanyak 347 Guru di Lampung Selatan Terima SK P3K dari Bupati
     
    ADVERTORIAL
    Kapolres Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved