Kamis, 17 Juni 2021
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Tantangan Sekarang Bukan Satu Arah, Inilah Ajakan Hamid, Anggota DPR RI
Selasa, 23-03-2021 - 18:02:05 WIB


Siagaonline.com, WONOGIRI - Anggota DPR RI Dapil Jawa Tengah IV, Drs H Hamid Noor Yasin, MM, menyosialisasikan empat pilar yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. 

Sosialisasi dilakukan guna meningkatkan pemahaman masyarakat agar lebih mengetahui bahwa betapa pentingnya pengetahuan terkait empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) melalui Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Drs H. Hamid Noor Yasin, MM, Selasa (23/3/2021), menyebutkan sosialisasi empat pilar tersebut merupakan salah satu kewajibannya anggota DPR dan sekaligus anggota MPR RI. 

Menurutnya, tantangan kebangsaan saat ini mulai lunturnya nilai agama dan nilai budaya akibat minimnya keteladanan publik figur sehingga banyak terjadi krisis akhlak dan moral berakibat terjadinya pelanggaran hukum, hak asasi dan ketidakadilan. Konflik sosial mudah terjadi sehingga friksi antar individu maupun kelompok mudah tersulut meskipun dipicu peristiwa kecil. 

Padahal, ujarnya, saat ini kita menghadapi wabah pandemi covid-19. Kondisi ini diperparah lagi dengan mulai lunturnya kepercayaan masyarakat dibidang ekonomi politik dan hukum.

"Pemahaman dan penghayatan terhadap nilai nilai yg terkandung dalam Pancasila juga mulai memudar sehingga MPR RI segera mengambil peran melalui salah satunya kegiatan sosisalisasi empat pilar ini. Pengalaman Indonesia selama 350 tahun dijajah dengan sistem adu domba tentu diharapkan tidak terulang kembali dan segera disadari warga Indonesia," katanya.

Acara dilaksanakan dengan disiplin protokol covid-19. Lokasi kegiatan sebelumnya di semprot disinfektan,  pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan hand sanitizer dan peserta sebelum masuk lokasi acara cek suhu dengan termogun suhu di bawah 37 derajat. 

Lebih lanjut Hamid, menyampaikan terima kasih kepada segenap peserta yang bersedia mengikuti acara dengan khidmat dan diharapkan dapat berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan kita dengan cara-cara positif dalam hal ini setidaknya bagi yang berkesempatan mengikuti ikut serta dalam sosialisasi empat pilar MPR RI. 

"Sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat esensial sekaligus instrument peningkatan pemahaman makna-makna idiologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa pada jaman melenial ini," ujarnya.

Tantangan yang kita hadapi saat ini, jelasnya, tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah termasuk melalui kebebasan pers, media sosial dan lain lain, karenanya hal itu harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter kepada penerus bangsa dalam memanfaatkan medsos dengan benar, agar tidak termakan hoaks dan menjadi konsumen dan produsen berita berita hoaks, apalagi ujaran kebencian dan perilaku ujaran yang mengarahkan kepada budaya intoleransi.

"Dalam momentum sosialisasi ini semoga bisa mewujudkan sebuah pemahaman untuk bisa di jadikan acuan dalam bernegara sebagai warga negara yang baik dan benar. Juga jaga kesehatan sangatlah penting untuk kita jaga," tuturnya.

"Dan marilah kita ikuti semua ketentuan protokoler kesehatan dan arahan-arahan pemerintah sesuai peraturan perundangan yang berlaku tentunya dengan tetap waspada pada keselamatan diri kita. Kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk mewujudkan kecintaan kita kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," tandasnya. (Trianto Hery Suryono)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Tantangan Sekarang Bukan Satu Arah, Inilah Ajakan Hamid, Anggota DPR RI
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Media Menjadi Sarana Teror Oleh Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata
     
    ADVERTORIAL
    Naik Dari Tahun Lalu, Harga Lembu Kurban Tahun 2021 Ini Capai Rp 17 Juta
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    4 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    9 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
    10 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved