Rabu, 27 Oktober 2021
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Debat Khusus PBB, RI Serukan Penghentian Kekerasan Israel ke Palestina
Jumat, 21-05-2021 - 11:43:26 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

SiagaOnline.com - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyerukan penghentian kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina.
Hal itu disampaikan dalam pertemuan debat khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Kamis (20/5) waktu setempat.

"Kita memahami bahwa konflik ini bersifat asimetris, yaitu antara Israel sebagai penjajah dan bangsa Palestina yang diduduki dan terus ditindas. Saya tekankan bahwa penjajahan dalam konflik Israel dan Palestina adalah isu utama," kata Retno dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Jumat (21/5).

Pendudukan dan agresi Israel yang terus berlangsung, kata Retno, tidak hanya patut dikecam tetapi juga merupakan pelanggaran hukum internasional yang memerlukan respons bersama dari semua negara.

"Hal mendasar saya sampaikan semua negara harus menghentikan upaya sistematis Israel yang dilakukan selama ini."

Menurut Retno, jika permukiman ilegal terus dilakukan Israel, pengusiran warga Palestina di Yerusalem terus berlanjut maka isu Yerusalem yang seharusnya dapat dirundingkan menjadi tidak bisa dibicarakan lantaran de facto telah dikuasai Israel.

"Karena semuanya dikuasai oleh Israel. Kita tidak dapat membiarkan bangsa Palestina kehilangan pilihan dan menerima ketidakadilan sepanjang hidup," ucapnya.

Dalam konferensi pers itu, Retno juga menyampaikan tiga langkah yang ia ajukan saat pertemuan PBB berlangsung di New York.

Pertama agar Majelis Umum PBB menghentikan kekerasan dan aksi militer Israel untuk mencegah lebih banyak korban jiwa. Ia juga menuntut agar gencatan senjata harus dihormati semua pihak dan bersifat langgeng.

Retno juga menekankan agar PBB melakukan segala cara untuk meredakan situasi. Selain itu untuk mencegah kejahatan yang sama terulang di masa mendatang.

"Indonesia mengusulkan agar Majelis Umum PBB dapat membentuk tim internasional di al Quds atau di Yerusalem untuk mengawasi dan memastikan keselamatan rakyat di wilayah pendudukan," ujarnya.

Kedua agar Majelis Umum PBB memastikan akses kemanusiaan dan perlindungan rakyat sipil terpenuhi. Baginya, menjadi tanggung jawab yang paling utama bagi mereka untuk menyelamatkan warga.

"Untuk itu saya menyerukan bersama badan PBB terkait untuk meningkatkan upaya bersama dalam memberikan bantuan kemanusiaan yang terdampak."

Seluruh badan tersebut membujuk Israel agar membuka bantuan akses kemanusiaan ke Gaza yang sudah diisolir selama 13 tahun.

Ketiga, lanjut Retno, Majelis Umum PBB harus mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel. Menurutnya, negosiasi itu sangat penting dalam memajukan perdamaian yang adil dan komprehensif, berdasarkan state resolution yang sejalan dengan kesepakatan parameter internasional.

"Majelis Umum PBB memiliki tanggung jawab moral dan politik untuk memastikan agar negosiasi perdamaian dapat dilakukan segara," ujar Retno.

Diketahui pertemuan sidang itu dihadiri oleh 10 menteri luar negeri. Di antaranya, Palestina, Turki, Pakistan, Arab Saudi, Qatar, Yordania, Kuwait , Maladewa, Aljazair dan Tunisia.

Selain itu, kata Retno, setidaknya ada 103 negara dan organisasi internasional yang turut hadir. Sehingga pertemuan yang dijadwalkan hanya berlangsung satu hari, akan diperpanjang di Minggu depan karena banyaknya pembahasan.

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Debat Khusus PBB, RI Serukan Penghentian Kekerasan Israel ke Palestina
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Dansatgas, Komsos Dengan Tokoh Agama Agar Tercipta Suasana Yang Kondusif
     
    ADVERTORIAL
    Gubri dan Wagubri Resmikan Jembatan Sei Siasam
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved