Minggu, 05 Februari 2023
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Kasus Kecelakaan Kerja, Pospera Purwakarta Laporkan PT. Indorama Ke Dewas Disnaker Jabar
Selasa, 17-01-2023 - 11:27:48 WIB
Foto : Ketua Pospera Purwakarta Sutisna Sonjaya Saat Berikan Berkas Laporan ke Dewas Disnaker Jabar 
TERKAIT:
   
 



Siagaonline.com - PURWAKARTA, Tragedi hilangnya nyawa dua orang karena kecelakaan kerja beberapa waktu lalu di PT. Indorama Synthetics divisi Polyester membuat Pospera purwakarta resmi laporkan PT Indorama Syntetic ke dewan pengawas Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Jawa Barat Jl. Soekarno Hatta No.532, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40266 oleh ormas Pospera Purwakarta. 

Laporan itu, dilakukan berdasarkan adanya beberapa temuan terkait meninggalnya dua orang pekerja kontraktor di divisi Polyester PT indorama Synthetis saat melakukan kerja yang diduga karena kelalaian pihak perusahaan terbesar milik orang terkaya nomor empat, Sri Prakash Lohia yang merupakan orang India yang migrasi ke Indonesia.

Atas hal itu, menandakan komitmen ormas Pospera Purwakarta dalam menjalankan peran sosial control terus dilakukan dengan melaporkan kejadian kecelakaan itu ke pihak pengawas dinas tenaga kerja provinsi Jawa Barat. 

Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Kabupaten Purwakarta, Sutisna Sonjaya mengatakan ISO ini perlu dikaji ulang terkait pemberian ISO dan OHSAS kepada PT. Indorama yang berada di Jatiluhur. Pihaknya juga menduga adanya kelalaian yang disengaja oleh pihak perusahaan.

"Selain berdasarkan temuan dilapangan dan adanya dugaan kuat kesengajaan dari pihak perusahaan maka kami laporkan kecelakaan kerja ini ke Dewan Pengawas Dinas Tenaga Kerja provinsi Jawa barat," ungkap Tisna, Selasa (17/01/2023).

Menurutnya, sebagai perusahaan terbesar dalam bidang Polyester yang berstandar internasional harus bisa menerapkan ISO dan OHSAS terkait keselamatan kerja yang didapat, bukan hanya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen saja. Akan tetapi keselamatan kerja para pekerja juga harus menjadi prioritas yang mendukung kualitas produksi.

“ISO yang didapatkan PT Indorama Synthetics harus dikaji ulang karena pihak manajemen gagal dalam menjalankan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan,” ungkapnya.

Ia mengatakan keselamatan kerja merupakan hal yang prioritas dalam menjalankan organisasi perusahaan apalagi berkaitan dengan pekerjaan yang beresiko tinggi.

“Indorama ini merupakan perusahaan besar, adanya kecelakaan kerja maka perlu adanya kajian ulang terhadap pemberian ISO 45001 dan OHSAS 18001. Bila perlu dicabut ISO dan OHSAS nya yang telah di dapat oleh PT. Indorama,” jelasnya.

Tisna juga menegaskan akan terus mengawal kasus kecelakaan kerja di PT. Indorama Synthetics agar mendapatkan keadilan yang setimpa atas kelalaiannya yang diduga disegaja hingga hilangnya nyawa dua orang pekerja.

Selain melaporkan ke Dewan Pengawas Dinas Tenaga Kerja provinsi Jawa barat, Kata Ketua organisasi besutan Adian Napitupulu itu, pihaknya juga akan melanjutkan laporan itu ke lembaga pemberi ISO dan OHSAS agar mengaudit ulang sertifikasi yang di berikan ke PT. Indorama.

Sebelumnya, ramai diberitakan terkait kecelakaan kerja di PT. IndoramaDivisi Polyester yang menelan satu korban jiwa dan dibenarkan oleh Kades Cibinong yang merupakan lokasi terdekat dari perusahaan terbesar itu.

“Pekerja yang meninggal adalah warga Kampung Sampih RT. 05 RW. 002 Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta,” terangnya.(sep)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Kasus Kecelakaan Kerja, Pospera Purwakarta Laporkan PT. Indorama Ke Dewas Disnaker Jabar
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Masrul Gusti Terpilih Jadi Ketua PWI Rohil
     
    ADVERTORIAL
    Guna Mendengar Keluhan Masyarakat, Kapolres Dharmaraya Kembali Gelar Curhat Kamtibmas
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved