Jum'at, 07 Oktober 2022
Follow:  
www.siagaonline.com
 
KOMPILASI Kabupaten Simeulue Terima Penghargaan dari Kementerian LHK RI
Rabu, 24-11-2021 - 12:59:16 WIB
KOMPILASI penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) Republik Indonesia
TERKAIT:
   
 

SiagaOnline.com, Banda Aceh - Komunitas Peduli Laut Simeulue (KOMPILASI) menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan kepada kompilasi sebagai nominasi penerima penghargaan KALPATARU Tahun 2021 ketagori Penyelamat lingkungan, Rabu (24/11/2021).

Penyerahan penghargaan tersebut di serahkan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Aceh, diterima langsung oleh Suhermiadi selaku Ketua Kompilasi Kabupaten Simeulue di kantor DLHK Provinsi Aceh. Selasa, (23/11/2021).

Pada saat ditemui pewarta media Siagaonline.com disalah satu warung kopi di Banda Aceh, Ketua Kompilasi Kabupaten Simeulue, Sehermiadi mengatakan, Alhamdulillah Kompilasi hari ini menerima penghargaan dari Kementerian LHK RI di Dinas LHK provinsi aceh sebagai nominasi penerima penghargaan Kalpataru Tahun 2021 katagori penyelamat lingkung.

"Semoga ini bisa dapat mengharumkan nama Kabupaten Simeulue khususnya di bidang lingkungan," kata Suhermiadi.

Lebih Lanjut, pria yang akrab di sapa Bitel atau Marcopolo itu menceritakan sedikit pengalaman nya dalam memperjuangkan lingkungan yang bersih dari sampah dan ia juga berusaha menanami bibit mangrove di setiap pesisir pantai di Wilayah Kabupaten Simeulue umumnya dan khususnya di Kecamatan Simeulue Timur.

Dengan bermodalkan peralatan seadanya, dirinya bersama sang istri tercinta dan beberapa orang temannya memulai kegiatan tersebut beberapa tahun yang lalu tepatnya pada Tahun 2016. Mereka bersama-sama membersihkan pinggir laut pusat Kota Sinabang dari gangguan sampah-sampah plastik yang berceceran kedalam laut. Mereka juga berusaha menanami beberapa jenis tanaman pohon mangrove di setiap pesisir pantai di wilayah kepulauan tersebut.

Sejak Tsunami melanda Aceh Tahun 2004 lalu membuat pepohonan mangrove banyak yang mati ditambah lagi saat itu perambahan hutan mangrove kerab terjadi sehingga membuat sedikit demi sedikit pohon bakau atau manggrove mulai berkurang dan mengakibatkan kawasan bibir pantai rawan abrasi serta angin pun dengan lempang bertiup kencang akibat tidak adalagi penahan. Hal itulah yang membuat dirinya dan teman-temannya berusaha untuk melakukan penanaman bibit mangrove yang baru di sepanjang bibir pantai pusat kota Sinabang sekaligus melakukan pembersihan sampah di dalam laut seputaran Kota Sinabang.

Pada saat itu pun katanya, kerab sekali tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab mencabuti bibit bakau yang mereka tanam karena mungkin itu dianggap mengganggu. Namun katanya, semua itu tidak mengurangi semangat nya bersama teman-temannya dalam mencintai lingkungan demi menjaga alam agar tetap bersahabat. Dengan sabar mereka terus mengganti tanaman manggrove yang sengaja di cabut meski terkadang berulang kali dirusak atau dicabut oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Setelah bertahun-tahun aktivitas itu mereka geluti, hingga saat ini jumlah pohon bakau yang mereka tanam lebih kurang sudah mencapai lebih dari 40 ribu batang. Buah dari kesabaran mereka itu, hutan bakau/manggrove yang kemarin mulai kritis, kini kembali menghijau.

Diakhir pembicaraan nya, Suhermiadi mengucapkan terimakasih kepada Kementerian LHK Republik Indonesia dan DLHK provinsi aceh atas pemberian piagam penghargaan nominasi penerima penghargaan Kalpataru Tahun 2021. Semoga ini dapat menambah semangat kami dalam melestarikan lingkungan di kabupaten Simeulue khususnya dan umum provinsi aceh.

"Mari kita jaga alam, agar alam menjaga kita, mari kita bersahabat dengan alam agar alam bersahabat dengan kita," tutup Suhermiadi mengakhiri pembicaraan nya. (Hardani)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • KOMPILASI Kabupaten Simeulue Terima Penghargaan dari Kementerian LHK RI
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    Bupati karimun Dr H Aunur Rafiq Menghadiri Acara Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial E
     
    ADVERTORIAL
    Jalin Silaturahmi Dengan Akademisi, Bupati Nanang ke Kampus STAI YASBA Ajak Mahasiswa Diskusi Terbuk
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    3 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    4 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Para Pejabat Teras Jajaran Pusterad Diserahterimakan
    8 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    9 Manfaat Penyuluhan Kesehatan Langsung Dapat Dirasakan Warga Desa Tujung
    10 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved