Minggu, 11 April 2021
Follow:  
www.siagaonline.com
 
Sekdakab Way Kanan Hadiri Acara Advokasi/Koordinasi Program Nasional
Rabu, 07-04-2021 - 14:20:33 WIB
Sekdakab Way Kanan hadiri acara Advokasi/Koordinasi Program Nasional.

SiagaOnline.com, Way Kanan - Gerakan Keamanan Pangan Desa, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Penggawalan Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah Badan Pengawas Obat dan Makanan Rabu (7/4/2021).

Sambutan Tertulis Bupati H Raden Adipati Surya, SH, MM yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan dengan bahasa daerah "Sai sikam hormati, Kepala Balai Besar POM di Bandar Lampung, Ibu Dra Susan Gracia Arpan, Apt, MSi,
Sai sikam hormati,  Kepala Badan, Kepala Dinas,  Kepala Bagian dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, dan hadirin sai berbahagia".

"Puji dan syukur ram sanjung agungko kehadirat Allah SWT, karena taufik dan hidayahna jualah ram dapok berkumpul menghadiri Advokasi/Koordinasi Program Nasional (Gerakan Keamanan Pangan Desa, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Pengawalan Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah) Badan Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Way Kanan delom keadaan sehat walafiat," ucapnya.

"Pada kesempatan ini saya memakai pengantar pidato menggunakan bahasa Lampung Way Kanan,  sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap hari Rabu sebagai bentuk pelestarian bahasa daerah," sambungnya.

Sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945, serta negara berkewajiban mewujudkan pemenuhan konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi. 

Adanya program prioritas nasional desa pangan aman, pasar pangan aman dari bahan berbahaya dan pangan jajanan anak usia sekolah tahun 2021. Program ini dilaksanakan oleh Badan POM dan juga oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, program pengawasan keamanan pangan ini harus dilakukan agar keamanan pangan tetap terjamin aman untuk dikonsumsi.

Seiring dengan Visi Kabupaten Way Kanan 2021-2024 “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”, dimana upaya Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat menjadi bagian penting yang harus dilakukan. Untuk itu Pemerintah Daerah memandang penting perlunya program keamanan pangan ini karena hal ini sesuai dengan rencana strategis pembangunan kesehatan di wilayah Kabupaten Way Kanan di dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat dan juga gizi anak. 

Kesehatan masyarakat diantaranya adalah dengan melakukan pengawasan keamanan pangan di pasar–pasar di kampung dan juga kegiatan preventif lainya melalui gerakan keamanan pangan desa. Selain itu Anak dalam usia pertumbuhan membutuhkan gizi yang seimbang seperti kalsium, Vitamin D, protein, serat, antioksidan dan zat besi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. 

Gizi yang tidak seimbang bisa menimbulkan anemia dan gangguan kesehatan lainnya. Dan ini dapat mengganggu proses belajar anak-anak. Untuk itu peran Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM sangat penting didalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan gizi anak dan membebaskan jajanan dari bahan yang berbahaya bagi kesehatan di sekolah-sekolah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan POM ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah didalam meningkatkan kewaspadaan kita terhadap keamanan pangan. Program ini perlu didukung dan disukseskan agar masyarakat dan sekolah-sekolah bisa menerapkan pengawasan keamanan pangan dan jajanan anak sekolah yang aman dilingkungannya masing-masing. (DP/RD)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa korupsi dan lain-lainnya/rilis atau ingin pasang Iklan dan berbagi foto?
Silakan SMS/WatsApp ke:
0852-6599-9456
Via E-mail:
red_siagaonlinepku@yahoo.com / redaksisiagaonline@gmail.com
(Mohon Dilampirkan Data Diri Anda)




Loading...


 
Berita Lainnya :
  • Sekdakab Way Kanan Hadiri Acara Advokasi/Koordinasi Program Nasional
  •  
    Komentar Anda :

     
    GALERI FOTO
    17 Februari Bupati dan Wakil Bupati Sergai Akhiri Kepemimpinan Periode 2016-2021
     
    ADVERTORIAL
    Eksportir Sarang Burung Walet Selayaknya Ada Perhatian, Untuk Genjot Nilai Perdagangan Indonesia
     
    TERPOPULER
    1 Jokowi Tunjuk Listyo Sigit Sebagai Kapolri, Siap Uji Kelayakan di DPR
    2 Perusahaan Hilangkan Hak Karyawan, Ratusan Buruh PT RGMS Gelar Mogok Kerja
    3 Diduga Perusahan Hilangkan Hak Karyawan, Buruh PT RGMS Gelar Aksi Mogok Kerja
    4 Kebersihan Lingkungan Adalah Tanggung Jawab Bersama
    5 Terkait Penemuan Air Mineral Merk Crystalline Mengandung Kotoran dalam Kemasan, Konsumen Kecewa
    6 Bupati Bungkam?
    Mendagri Diminta Perintahkan Bupati Nias Barat Copot Oknum Kadis Terduga Mesum
    7 Kuasa Hukum Ust. Maheer At Thuwailibi Siap Ambil Tindakan Hukum
    8 PT. Langgam Harmoni Tolak Serikat, Puluhan Karyawan Lakukan Mogok Kerja
    9 Siswai SMP Diperkosa dan Dibunuh, Ternyata Pelakunya Ayah Tiri Korban
    10 Coreng Nama Baik Instansi,
    Gawat!! Diduga Oknum Kadis Mesum, Diminta Bupati Nisbar Tindak Tegas Jangan Tebang Pilih
     
    Siaga Kepri | Siaga Sumut | Siaga Lampung | Siaga Jawa | Kuansing | DPRD Kuansing | DPRD Tanjung Pinang
    Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016-2020 PT. Mafis Siaga Pers, All Rights Reserved